Info TKI: Upaya Mendapatkan Perlindungan Melalui Surat Pengaduan

surat pengaduan

Salah satu faktor utama yang mendorong tingginya jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri adalah faktor ekonomi. Yaitu dengan bekerja di luar negeri maka akan mampu memecahkan berbagai permasalahan ekonomi keluarga. Namun disisi lain, ternyata pengiriman TKI ke luar negeri juga memiliki dampak negatif. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya masalah yang menimpa TKI sejak pra, selama, hingga pasca penempatan. Lalu, apa yang bisa dilakukan saat TKI mengalami permasalahan? Bagaimana cara membuat surat pengaduan untuk mendapatkan perlindungan? Temukan jawaban lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Simak Tips Bekerja Aman Menjadi Tenaga Kerja Indonesia

Dampak Pengiriman TKI ke Luar Negeri

surat pengaduan 1 - Info TKI: Upaya Mendapatkan Perlindungan Melalui Surat Pengaduan

Pengiriman TKI ke luar negeri merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran. Selain dapat mengatasi persoalan pengangguran, tingginya jumlah pengiriman TKI ke luar negeri juga akan berdampak pada jumlah remitansi yang diterima oleh pemerintah di daerah asal TKI.

Selain berdampak positif pada penerimaan negara dan daerah asal, remitansi yang dihasilkan oleh para TKI juga dapat memecahkan berbagai permasalahan ekonomi keluarga. Seperti untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari keluarga, kebutuhan pendidikan anak, bahkan juga kebutuhan untuk membangun atau merenovasi rumah, hingga investasi bentuk lainnya. Selain itu, remitansi yang dibawa oleh TKI juga tidak hanya berupa uang atau materi, tetapi juga berupa wawasan pengetahuan dan pengalaman kerja yang nantinya akan bermanfaat bagi TKI itu sendiri.

Namun disisi lain, pengiriman TKI ke luar negeri juga tidak terlepas dari dampak negatif. Dampak negatif yang dirasakan langsung oleh TKI sangat beragam. Mulai dari adanya masalah seperti gaji yang tidak dibayarkan, penganiayaan, hingga terjadinya pelecehan seksual. Untuk itu, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan seperti membekali diri dengan informasi terkait lapangan kerja yang ada di luar negeri. Hingga informasi terkait layanan pengaduan TKI seperti Crisis Center.

Peran Penting Crisis Center Bagi TKI

surat pengaduan 2 - Info TKI: Upaya Mendapatkan Perlindungan Melalui Surat Pengaduan

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar telah meresmikan Crisis Center dan Call Center khusus TKI yang akan menjadi pusat pengaduan seluruh masalah yang sedang dihadapi TKI di luar negeri. Hadirnya Crisis Center yang dilengkapi dengan Call Center khusus TKI tersebut merupakan komitmen pemerintah dalam upaya memberi pelayanan kepada calon TKI, TKI, TKI purna, hingga keluarga TKI maupun masyarakat umum.

Crisis Center akan melayani setiap pengaduan secara lebih cepat, akurat dan optimal. Dengan pusat pengaduan tersebut, maka diharapkan permasalahan TKI akan dapat langsung ditangani sehingga akan mempercepat proses penyelesaian kasusnya. Call Center tersebut akan beroperasi selama 24 jam yang dikenal dengan sebutan Halo TKI. Halo TKI dapat Anda hubungi secara gratis atau bebas pulsa, baik dari telepon rumah atau telepon seluler dari seluruh provider yang ada. Selain melalui Halo TKI, Call Center juga melayani pengaduan TKI melalui layanan pesan singkat (SMS) di nomor 7266 dengan format di bawah ini.

ACA#TKI#NAMA PENGIRIM#KASUS/MASALAH YANG DIADUKAN

Syarat Permohonan Surat Pengaduan dan Fasilitasi

surat pengaduan 3 - Info TKI: Upaya Mendapatkan Perlindungan Melalui Surat Pengaduan

Berikut ini adalah syarat dan panduan menyusun surat pengaduan dan permohonan fasilitasi kepada pemerintah melalui badan pelayanan publik seperti Kementerian Luar Negeri yang perlu Anda perhatikan:

  1. Identitas diri lengkap dari pelapor dan TKI. Meliputi nama dan jenis identitas, pekerjaan pelapor, alamat lengkap, nomor telepon, dan hubungan dengan TKI.
  2. Kronologis lengkap terkait kejadian atau peristiwa yang menimpa TKI atau keluarga.
  3. Jenis permohonan atau kebutuhan fasilitasi yang akan diajukan oleh keluarga atau TKI kepada pemerintah.
  4. Nomor telepon atau kontak person keluarga atau TKI pemohon yang dapat dihubungi.
  5. Bukti-bukti pendukung seperti foto kondisi terkini dari pelapor dan TKI, salinan KTP pelapor dan TKI, salinan Perjanjian Kerja, salinan Kontrak Kerja, Visa, bukti surat keterangan ahli waris, dan bukti-bukti pendukung lainnya yang dapat memperkuat laporan.

Setelah semua persyaratan tersebut siap, selanjutnya pelapor dapat membuat surat pengaduan atau laporan permohonan melalui website di situs pemerintah. Misalnya untuk pengaduan kasus di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia tersedia situs isian surat pengaduan online di bawah ini.

http://perlindungan.kemlu.go.id/portal/home/pengaduan_kasus

Bagi Anda yang masih merasa bingung dalam proses pengajuan surat pengaduan TKI, maka Anda dapat menghubungi pendamping dari lembaga yang memberikan pelayanan publik perlindungan TKI. Seperti Pemerintah Daerah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pos Pelayanan Penempatan dan perlindungan TKI, dan lembaga lainnya. Sebagai TKI di luar negeri, pastikan Anda selalu memberikan kabar dan informasi secara berkala kepada keluarga mengenai kondisi Anda. Dengan begitu, lebih mudah bagi Anda maupun keluarga untuk menentukan langkah sigap jika suatu hari terjadi permasalahan yang menimpa Anda.

Untuk urusan pengelolaan keuangan selama menjadi TKI, Anda tidak perlu pusing. Qelola hadir menjadi solusi yang tepat untuk membantu Anda mengatur gaji dan pengeluaran secara lebih bijak. Melalui fitur-fiturnya yang lengkap, pengeluaran Anda akan selalu tepat sasaran. Kirim uang untuk keluarga di tanah air juga lebih mudah dan murah. Tidak melulu melalui bank transfer, di aplikasi Qelola Anda juga bisa memilih jenis transfer ke sesama user Qelola. Yuk, ajak teman dan keluarga Anda untuk pakai Qelola juga! Caranya, unduh aplikasi Qelola di Google Play Store atau klik di sini.

Tags: , , , , , ,