Simak Prosedur dan Tips Kepulangan TKI Secara Mandiri Agar Aman

kepulangan tki

Sebagian Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia tentu saja ada yang ingin cuti kerja dan berniat pulang ke Indonesia. Ada pula yang ingin pulang karena memang sudah habis masa kontrak kerja, atau justru dipulangkan secara mendadak karena ada masalah. Apapun alasannya, berikut ini ada tips dan prosedur kepulangan Tenaga Kerja Indonesia yang perlu dipahami supaya aman dalam perjalanan sampai bertemu dengan keluarga dan sanak saudara di tanah air.

Baca Juga: Ingin Kembali ke Indonesia? Ketahui Proses Pemulangan TKI Ini

Prosedur Kepulangan TKI Secara Mandiri

kepulangan tki 1 - Simak Prosedur dan Tips Kepulangan TKI Secara Mandiri Agar Aman

Para TKI diberikan izin untuk pulang ke tanah air secara mandiri dengan catatan mereka mampu mengurus dirinya sendiri, mampu mengurus dokumen dirinya sendiri. Selain itu, mereka juga harus mampu secara fisik dan mental untuk pulang sendiri tanpa bantuan pihak lain. Serta mampu menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri beserta barang bawaannya sampai ke daerah asal. Apa yang harus dilakukan TKI sebelum dan setelah pulang?

1. Saat Masih Berada di Luar Negeri

Para Tenaga Kerja Indonesia yang akan pulang secara mandiri wajib melaporkan dirinya kepada Perwakilan RI di negara penempatan. Selain itu, Tenaga Kerja Indonesia juga bisa melapor kepada Perwakilan RI di negara penempatan melalui pengguna atau mitra usaha. Selanjutnya pihak Perwakilan RI di negara penempatan akan melakukan pendataan dan memberikan pengarahan kepada Tenaga Kerja Indonesia yang akan pulang ke tanah air. Sementara bagi Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja pada pengguna perseorangan, maka PPTKIS wajib berkoordinasi dengan Perwakilan RI melalui mitra usaha di negara penempatan untuk memfasilitasi kepulangan TKI.

2. Saat Tiba di Indonesia

Tenaga Kerja Indonesia yang turun dari pesawat atau kapal, harus menuju counter pemeriksaan imigrasi untuk pengecekan dokumen keimigrasian oleh pihak imigrasi. Setelah dilakukan pemeriksaan imigrasi, selanjutnya TKI menuju conveyor untuk mengambil barang bawaannya. Langkah selanjutnya adalah menuju ke counter bea cukai untuk dilakukan pemeriksaan kepabeanan. Selanjutnya, mereka yang dianggap mampu pulang secara mandiri dapat menggunakan alat transportasi umum resmi yang telah disediakan oleh pihak bandara menuju terminal bus atau stasiun kereta untuk pulang ke daerah asal. 

Sementara bagi Tenaga Kerja Indonesia yang bermasalah, maka dapat menuju ke bagian HELPDESK BNP2TKI yang berada di Common Use Lounge untuk difasilitasi dan dilayani kepulangannya oleh BNP2TKI.

Tips Aman Saat Berada di Bandara

kepulangan tki 2 - Simak Prosedur dan Tips Kepulangan TKI Secara Mandiri Agar Aman

Agar kepulangan Anda ke tanah air lebih aman dan nyaman, hindari menggunakan pakaian dan perhiasan yang mencolok. Dan jangan terlalu ramah dengan orang yang tidak Anda kenal selama dalam perjalanan. Selain itu, ikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Menolak Titipan Barang di Bandara

Dengan adanya beberapa kasus TKI yang dijebak untuk dijadikan sebagai kurir narkoba, maka Anda wajib berhati-hati. Sebaiknya Anda tidak menerima titipan barang apapun saat di bandara. Jika Anda terpaksa harus menerima saat ada orang yang menitipkan barang, pastikan Anda tidak menyentuhnya. Tujuannya adalah agar tidak ada sidik jari Anda pada barang tersebut.

2. Waspada Pada Situasi Apapun

Jika ingin bertanya soal transportasi, sebaiknya Anda bertanya kepada petugas yang jaga. Penting juga untuk melihat dan mengingat nama petugas yang biasanya tertulis di seragamnya. Pastikan Anda tidak terlihat sedang ketakutan atau kebingungan. 

Jika Anda terpaksa harus pulang sendiri tanpa ada keluarga yang menjemput, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan bandara. Catat nomor kendaraan dan nama sopirnya, lalu informasikan kepada keluarga di rumah. Saat berada di dalam kendaraan umum seperti taksi, berusahalah untuk melakukan panggilan dengan teman atau keluarga. Beritahu mereka jika Anda sedang dalam perjalanan pulang. Sementara jika Anda naik angkutan umum, Anda perlu waspada dengan orang yang duduk di sebelah Anda. Sebaiknya Anda menolak jika diberi minuman, makanan, tissue, minyak angin, dan lain sebagainya. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak menerima tawaran tumpangan yang berniat mengantarkan Anda pulang sampai ke rumah.

3. Kirim Uang Sebelum Pulang

kepulangan tki 3 - Simak Prosedur dan Tips Kepulangan TKI Secara Mandiri Agar Aman

Para Tenaga Kerja Indonesia juga sering sekali menjadi sasaran tindak kejahatan. Karena setiap TKI yang pulang ke Indonesia dianggap membawa barang-barang berharga sebagai oleh-oleh dan uang yang banyak hasil kerja mereka. Agar kepulangan Anda lebih aman, Anda bisa meminta keluarga untuk menjemput di bandara. Usahakan Anda tidak membawa uang yang banyak saat dalam perjalanan pulang. Caranya, Anda dapat mengirimkan uang sebelum Anda pulang dan bawalah uang secukupnya untuk transportasi sampai ke tujuan saja.

Kirim uang dari Malaysia ke Indonesia bisa Anda lakukan dengan sangat mudah, murah, dan cepat menggunakan aplikasi Qelola. Tidak butuh waktu lama, transaksi Anda akan langsung diproses sehingga uang yang Anda kirimkan dapat langsung diterima oleh keluarga di Indonesia. Dengan melakukan kirim uang menggunakan aplikasi Qelola, transaksi Anda lebih aman. Anda bisa mendapatkan aplikasinya dengan cara download Qelola di Google Play. Kemudian lakukan pendaftaran akun secara gratis. Urusan kirim uang dan bayar tagihan, Qelola saja!

Tags: , , , , , ,