Anda Harus Tahu! Ulasan Lengkap Tentang VClaim BPJS Kesehatan

vclaim bpjs

BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi seluruh pesertanya. Hingga saat ini, BPJS Kesehatan telah mengeluarkan program untuk mempermudah proses penagihan klaim bagi para peserta yang ingin berobat. Mulai tahun 2018, BPJS telah menerapkan proses verifikasi digital klaim untuk fasilitas kesehatan tingkat lanjutan. Hal tersebut dilakukan agar pihak rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS bisa mendapatkan kepastian waktu pembayaran klaim. Tujuannya adalah agar waktu pembayaran klaim tersebut lebih akurat dan lebih cepat, dibandingkan menggunakan klaim manual. Verifikasi digital tersebut dapat dilakukan menggunakan aplikasi VClaim BPJS Kesehatan.

Aplikasi VClaim BPJS tersebut terhubung online secara nasional, dan berfungsi untuk membantu proses input data para peserta JKN-KIS yang akan mendapatkan pelayanan di rumah sakit. Selain itu, aplikasi VClaim juga akan mengirimkan data tagihan pelayanan dari rumah sakit kepada BPJS Kesehatan secara digital. Ketahui lebih banyak tentang aplikasi VClaim di bawah ini.

Baca Juga: Cek Sekarang Juga! Kemudahan New Edabu BPJS Kesehatan

Sudahkah Anda Menjadi Peserta BPJS?

vclaim bpjs 1 - Anda Harus Tahu! Ulasan Lengkap Tentang VClaim BPJS Kesehatan

Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa memperoleh fasilitas kesehatan seperti rawat jalan dan rawat inap di Faskes Tingkat I dan Tingkat Lanjutan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pelayanan persalinan, pelayanan gawat darurat, hingga pelayanan ambulans jika mendapat rujukan dengan kondisi tertentu. Anda juga akan mendapatkan kompensasi khusus, apabila Anda berdomisili di wilayah dengan fasilitas kesehatan yang belum memadai.

Jika masih belum terdaftar, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk segera menjadi peserta layanan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan berfokus dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI), serta Warga Negara Asing yang sudah tinggal di Indonesia selama minimal 6 bulan. Ada beberapa jenis BPJS Kesehatan yang perlu Anda ketahui:

  • BPJS-PBI (Penerima Bantuan Iuran), yaitu jenis BPJS yang tidak dibebani iuran setiap bulannya. Karena semua iuran ditanggung oleh pemerintah. Program ini hanya berlaku untuk orang miskin dan tidak mampu yang dibuktikan dengan data dinas sosial yang ada, dan hanya berhak mendapatkan BPJS Kelas 3.
  • BPJS-Non PBI (Bukan Penerima Bantuan Iuran), yaitu jenis kepesertaan BPJS Kesehatan yang berkewajiban untuk membayar iuran bulanan sendiri atau dibebankan oleh peserta yang bersangkutan. Hal ini karena peserta dianggap mampu untuk membayar iuran setiap bulan dan tidak masuk dalam kategori warga miskin atau tidak mampu. BPJS-Non PBI ini dibagi menjadi 3, yaitu Pekerja Penerima Upah (PPU) dan Anggota Keluarganya, Pekerja Bukan Penerima Upah dan anggota keluarganya, dan Bukan Pekerja (BP).

Apa itu VClaim BPJS Kesehatan?

vclaim bpjs 2 - Anda Harus Tahu! Ulasan Lengkap Tentang VClaim BPJS Kesehatan

Aplikasi VClaim adalah sebuah aplikasi yang baru diluncurkan oleh BPJS Kesehatan. Tujuannya adalah untuk menggantikan aplikasi yang lama yang selama ini digunakan Rumah Sakit untuk pembuatan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) maupun penagihan Klaim ke BPJS Kesehatan. Aplikasi VClaim berbasis website yang dapat diakses rumah sakit dengan jaringan internet. Pada aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang diharapkan akan mempermudah pihak rumah sakit dalam memvalidasi data peserta yang akan menggunakan pelayanan rumah sakit. Adapun manfaat dari penggunaan aplikasi VClaim antara lain adalah sebagai berikut ini:

  • Terdapat simplifikasi proses penerbitan Surat Eligibilitas Peserta (SEP).
  • Penagihan klaim dan seluruh proses approval, serta legalisasi dapat dilakukan oleh pihak rumah sakit.
  • Aplikasi VClaim berbasis web service, sehingga mendukung mobilitas pengguna. Dan monitoring laporan pelayanan peserta JKN-KIS dapat dilakukan dengan aplikasi VClaim.
  • Pihak rumah sakit juga diharapkan dapat mendukung pelaksanaan aplikasi ini dengan memastikan adanya jaringan internet yang stabil.

BPJS Kesehatan Menerapkan Sistem Antrian Online

vclaim bpjs 3 - Anda Harus Tahu! Ulasan Lengkap Tentang VClaim BPJS Kesehatan

Selain aplikasi VClaim, BPJS Kesehatan juga telah menerapkan sistem antrian online. Mengingat ada begitu banyak peserta yang ingin mendapatkan pelayanan dalam waktu bersamaan. Jika tidak diatasi dengan sistem online, maka antrian panjang bisa menghambat waktu konsultasi dengan dokter.

Anda bisa mengunduh aplikasi Mobile JKN, untuk mendapatkan nomor antrian online. Setelah melakukan pendaftaran akun, maka selanjutnya Anda cukup klik bagian pelayanan. Lalu akan muncul tulisan pendaftaran pelayanan. Jika Faskes tingkat 1 Anda terdaftar untuk melakukan antrian online, berarti Anda tidak perlu menunggu lama saat tiba di klinik maupun rumah sakit. Sebab, Anda sudah mendapatkan nomor antrian terlebih dahulu secara online melalui aplikasi. Anda juga dapat merencanakan waktu kunjungan ke klinik maupun rumah sakit, agar tidak menunggu terlalu lama. Sehingga, proses berobat Anda bisa menjadi lebih praktis dan menghemat waktu.

Pastikan Anda membayar tagihan BPJS Kesehatan Anda dan seluruh anggota keluarga dengan tepat waktu setiap bulan. Dengan begitu, status kepesertaan Anda akan terus aktif dan bisa digunakan kapan saja. Di jaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, Anda tidak perlu pusing saat harus bayar tagihan. Dengan bantuan aplikasi, Anda bisa bayar ini-itu dengan sangat praktis. Seperti halnya aplikasi Qelola, yang memungkinkan Anda kirim uang antar negara dengan biaya yang sangat murah. Tidak hanya itu, hanya dalam satu aplikasi Anda juga bisa bayar tagihan BPJS, PDAM, listrik, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Qelola ini sangat cocok bagi para WNI atau TKI yang ada di Malaysia. Kirim uang dari Malaysia ke Indonesia bisa Anda selesaikan dalam hitungan menit saja. Uang yang Anda kirimkan akan langsung diterima oleh keluarga di tanah air. Bagi pengguna baru, Anda harus download aplikasinya di Google Play terlebih dahulu. Jika sudah berhasil terpasang di smartphone Anda, selanjutnya Anda perlu melakukan pendaftaran akun. Lanjutkan dengan top-up saldo Qelola, dan Anda sudah bisa mulai melakukan transaksi yang aman dan nyaman.

Tags: , , , , , , ,