Lebih Simpel! Ini Cara Terbaik Kirim Uang Tanpa Rekening

EP 5 - Lebih Simpel! Ini Cara Terbaik Kirim Uang Tanpa Rekening

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah di zaman di mana transaksi uang berjalan sangat cepat seperti sekarang masih ada orang yang tidak memiliki rekening bank? Jawabannya adalah “Ya”, memang masih ada orang-orang yang tidak memiliki rekening baik karena tidak terjangkau oleh bank, tidak mengerti pembuatannya atau memang tipe orang yang tidak suka menggunakan rekening bank. Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika ingin mengirim uang? Di zaman sekarang ini hampir seluruh masalah mempunyai solusinya termasuk kirim uang tanpa rekening. Ada banyak metode yang bisa dilakukan agar dapat melakukan kirim uang tanpa rekening. Dan berikut beberapa cara terbaik yang bisa dicoba.

Baca Juga: Kirim Uang ke Luar Negeri Anti Ribet, Begini Caranya

Setor Tunai di Bank

EP 5 1 - Lebih Simpel! Ini Cara Terbaik Kirim Uang Tanpa Rekening

Walaupun tidak memiliki rekening, Anda tetap bisa mengirim uang melalui bank. Yakni mengirimnya melalui teller bank dengan setor tunai. Namun perlu diperhatikan bahwa si penerima uang haruslah mempunyai rekening. Caranya cukup mudah, pertama Anda tinggal datang ke bank sesuai dengan jenis rekening tujuan. Misalnya orang yang akan Anda kirimi uang menggunakan rekening BRI, maka Anda harus mengirim uang melalui teller bank BRI. Ketika sampai di bank, Anda akan diberikan nomor antrian. Kemudian isi formulir setor tunai yang biasanya tersedia dekat dengan pintu masuk bank tersebut. Dalam formulir Anda akan diminta untuk mengisi data seperti jenis rekening tujuan, nomor rekening, nama bank, cabang bank, nama pengirim, alamat dan kontak pengirim serta nominal yang akan dikirimkan. Setelah seluruh data terisi, Anda tinggal menunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil. Apabila sudah tiba gilirannya, Anda tinggal mendatangi teller yang dimaksud, memberikan formulir serta uang yang akan dikirimkan. Dan proses pengiriman uang pun selesai.

Wesel di Kantor Pos

EP 5 2 - Lebih Simpel! Ini Cara Terbaik Kirim Uang Tanpa Rekening

Jika penerima uang juga tidak memiliki rekening bank, maka pengiriman melalui wesel bisa menjadi solusinya. Cara mengirim uang melalui wesel hampir sama dengan mengirim uang melalui teller bank. Anda tinggal datang ke kantor Pos, menemui petugas dan mengisi formulir wesel. Data-data yang diisi antara lain jumlah uang yang akan dikirim, tanggal kirim, nama dan alamat pengirim, nama dan alamat penerima serta tanda tangan pengirim. Ada beberapa jenis wesel yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, di antaranya weselpos instan, weselpos kemitraan, weselpos tunai, dan weselpos prima.

Minimarket

EP 5 3 - Lebih Simpel! Ini Cara Terbaik Kirim Uang Tanpa Rekening

Selain menjadi tempat belanja, minimarket yang sering Anda kunjungi juga melayani pengiriman uang. Dan tentu saja, penerima harus mengambil uang di minimarket dengan jenis yang sama dengan minimarket tempat mengirim uang. Cara mengirimnya bisa langsung mendatangi minimarket terdekat dan memberi tahu kasir bahwa Anda akan mengirim uang. Selanjutnya kasir minimarket akan meminta kartu identitas, nomor telpon pengirim serta nomor penerima. Setelah transaksi selesai, pihak minimarket akan mengirimkan kode ke nomor telpon penerima uang. Kode ini nantinya yang digunakan ketika penerima akan mengambil uang. Perlu diketahui bahwa pengambilan uang hanya dapat dilakukan dengan mendatangi minimarket secara langsung.

E-Commerce

EP 5 4 - Lebih Simpel! Ini Cara Terbaik Kirim Uang Tanpa Rekening

Cara ini lebih mudah dibandingkan cara-cara mengirim uang pada poin-poin sebelumnya. Dengan mengirim uang melalui e-commerce Anda tidak perlu repot-repot mendatangi kantornya secara langsung. Hanya bermodalkan internet dan aplikasi e-commerce Anda sudah bisa mengirim uang kepada kerabat, keluarga ataupun pihak lainnya.

Qelola

EP 2 4 - Lebih Simpel! Ini Cara Terbaik Kirim Uang Tanpa Rekening

Cara terakhir mengirim uang tanpa rekening yang bisa dimanfaatkan adalah aplikasi Qelola. Mengirim uang menggunakan Qelola sama mudahnya dengan mengirim menggunakan metode lainnya. Namun ada yang membuat aplikasi ini lebih unggul dibandingkan yang lainnya. Selain melayani pengiriman uang dalam negeri, Qelola juga melayani pengiriman uang luar negeri. Qelola sendiri merupakan aplikasi yang berfokus pada pelayanan pengiriman uang untuk memudahkan TKI yang berada di Malaysia ketika mengirimkan dan mengurus berbagai kebutuhan keluarga yang ada di Indonesia. Itulah mengapa dengan Qelola, Anda juga bisa membayar berbagai tagihan seperti listrik, PDAM, BPJS dan lain sebagainya. Selain layanannya yang cukup banyak, Qelola juga melayani pengiriman dengan biaya yang murah serta proses yang cepat. Cukup dengan RM1, Anda sudah bisa mengirim uang dari luar negeri khususnya Malaysia.

Pengiriman uang melalui Qelola dilakukan dengan aplikasi, sehingga tidak perlu repot ke kantor agen terdekat untuk transaksi.  Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Qelola.
  2. Lakukan pendaftaran akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel, alamat e-mailpassword, dan konfirmasi password dengan benar.
  3. Pihak Qelola akan mengirimkan kode ke nomor ponsel Anda untuk melakukan verifikasi.
  4. Untuk mengirim uang, pilih menu ‘transfer’, kemudian isi data penerima serta nominal yang akan dikirimkan, lalu konfirmasi dan transaksi selesai.

Sudah menemukan metode yang terbaik untuk Anda? Ketika memilih pastikan metode tersebut tidak sulit dimengerti dan prosesnya memang sangat memudahkan Anda. Selain itu pertimbangkan juga metode yang memiliki layanan lengkap sehingga bisa digunakan untuk transaksi lainnya. Jangan salah memilih ya.

Tags: , , , , , , , ,