Lengkap! Begini Profil Budaya Penduduk Malaysia

penduduk malaysia

Tidak jauh berbeda dengan Indonesia, penduduk Malaysia juga terdiri atas beragam etnis. Sebanyak 57% dari total penduduk Malaysia adalah etnis Melayu, sementara sisanya terdiri atas etnis Cina, India, serta etnis lainnya. Malaysia terkenal sebagai negara yang memiliki perpaduan ras dan agama yang dinamis. Walaupun demikian, penduduk Malaysia dapat tinggal bersama dengan saling menghormati, damai, dan harmonis.

Jika berbicara tentang budaya secara umum, Malaysia dan Indonesia banyak memiliki kesamaan budaya. Namun, beberapa kesamaan tersebut tidak membuat segala hal di negara Malaysia menjadi sama dengan di Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui profil budaya penduduk Malaysia sebelum berkunjung dan tinggal di negeri Jiran ini. Pengetahuan yang matang akan membantu Anda beradaptasi dengan kehidupan di sana.

Profil Penduduk Malaysia

rsz 30bh11watransformed - Lengkap! Begini Profil Budaya Penduduk Malaysia

Sumber: www.bharian.com.my

Sama halnya dengan Indonesia, mayoritas penduduk Malaysia juga beragama Islam. Oleh karena itu, Malaysia dikenal sebagai negara yang ramah Muslim, baik dari segi budaya maupun kulinernya. Tak hanya Islam, di Malaysia juga terdapat masyarakat yang beragama Buddha, Kristen, Hindu, dan agama lainnya. Terkait bahasa, penduduk Malaysia menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional. Akan tetapi, bahasa Inggris juga digunakan untuk berkomunikasi secara luas.

Etnis penduduk Malaysia di dominasi oleh etnis Melayu, Bumiputera, Cina, dan India. Bumiputera sendiri merupakan gabungan suku Melayu, Orang Asli, Dayak, dan Anak Negeri. Selain etnis-etnis tersebut, terdapat etnis dan suku lain seperti Kadazan Dusun, Bajau, Murut, Iban, Bidayuh, dan Orang Ulu.

Baca Juga: Negeri Jiran Si ‘Saudara Dekat’ Indonesia, Negara Malaysia

Arsitektur Bangunan di Malaysia

rsz c6fe5 rumah melayuataplimaspotong - Lengkap! Begini Profil Budaya Penduduk Malaysia

Sumber: www.gpswisataindonesia.info

Tak hanya penduduk, arsitektur bangunan di Malaysia pun cukup beragam. Ada arsitektur bangunan khas Melayu, Cina, India, Orang Pribumi Sabah dan Sarawak, serta arsitektur khas zaman kolonial. Bangunan khas Melayu umumnya tersokong tiang di atas permukaan tanah, seperti rumah panggung di Indonesia. Kemudian, bangunan khas Cina dan India lebih menonjolkan ukiran yang indah dan cat yang megah. Sedangkan, arsitektur bangunan Orang Pribumi Sabah dan Sarawak khas dengan rumah panjang dan perkampungan di atas air.

Malaysia merupakan negara yang pernah dijajah oleh Portugis, Belanda, dan Inggris. Maka, banyak bangunan tua di Malaysia yang memiliki arsitektur khas zaman kolonial. Contohnya, bangunan Sultan Abdul Samad Building. Hal ini membuktikan, banyak arsitektur bangunan di Malaysia yang masih kental dengan sejarah di masa lalu.

Budaya Musik dan Tarian di Malaysia

rsz 19535057568 a30556f766 b - Lengkap! Begini Profil Budaya Penduduk Malaysia

Sumber: www.steemit.com

Warisan multibudaya dan multiras di Malaysia bisa dilihat secara jelas pada ragam musik dan bentuk tariannya. Ada tarian dari kaum Melayu, Orang Asli, Cina, India, Portugis, hingga tarian dari etnis Sabah dan Sarawak. Terdapat banyak jenis permainan musik di Malaysia, antara lain orkestra, rebana ubi, kompang, gambus, dan sape. Beberapa jenis tarian khas penduduk Malaysia yaitu mak yong melayu, kuda kepang, zapin, joget, tarian lilin, silat, bhangra, datun julud, dan tarian bambu. Tarian khas Malaysia tersebut umumnya dipentaskan saat perayaan acara-acara besar di Malaysia seperti perayaan Imlek atau tahun baru.

Pakaian Tradisional Malaysia

rsz bk - Lengkap! Begini Profil Budaya Penduduk Malaysia

Sumber: www.riauberbagi.blogspot.com

Dahulu, penduduk Malaysia banyak mengenakan pakaian dari kulit asli dan manik-manik. Namun, seiring dengan munculnya kerajaan-kerajaan kuno di Malaysia, mulai muncul pakaian berbahan tekstil yang dibuat dari anyaman tangan dan tenun, atau biasa dikenal dengan nama kain songket. Kemudian, saat perdagangan luar negeri berkembang di Malaysia, banyak penduduk yang mulai mengenakan pakaian dari kain sutra Cina, sarung dari India, dan jubah dari Arab.

Perkembangan bahan-bahan pakaian tersebut memengaruhi pakaian tradisional penduduk Malaysia hingga saat ini. Pakaian tradisional yang masih banyak dipakai masyarakat Malaysia antara lain baju kebaya Melayu, kain sari India, dan baju cheongsam Cina. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Malaysia, Anda bisa membeli pakaian tradisional tersebut untuk oleh-oleh.

Permainan dan Hiburan Penduduk Malaysia

rsz wau 4 - Lengkap! Begini Profil Budaya Penduduk Malaysia

Sumber: www.convergence.malaysiaairports.com.my

Rasa kebersamaan penduduk Malaysia tercermin dalam berbagai permainan dan hiburan tradisional mereka. Aktivitas ini biasanya dimainkan oleh anak-anak pada sore hari. Tak hanya itu, permainan dan hiburan tradisional Malaysia juga menjadi aktivitas umum selama perayaan seperti sebelum atau setelah musim panen padi dan acara pernikahan. Permainan dan hiburan khas Malaysia tersebut antara lain silat, sepak takraw, wau (layang-layang), gasing, wayang kulit, sepak manggis, dan congkak. Sebagian besar permainan tersebut juga terdapat di Indonesia.

Kerajinan Tangan Khas Malaysia

rsz 24993259 1672440509466216 5196369123889724973 n - Lengkap! Begini Profil Budaya Penduduk Malaysia

Sumber: www.mamable.wordpress.com

Negara Malaysia terkenal bangga akan berbagai kerajinan tradisionalnya yang bagus. Mulai dari barang antik asli hingga kerajinan tangan yang indah bisa Anda temukan di Malaysia. Sebagian besar pembuat kerajinan tangan di Malaysia adalah orang Islam, sehingga perkembangan kerajinan tangan di negeri Jiran ini banyak dipengaruhi oleh agama Islam.

Agama Islam melarang penggambaran bentuk manusia dalam seni. Oleh karena itu, sebagian besar kerajinan di Malaysia dibuat berdasarkan pada unsur-unsur alam seperti jalinan daun atau tanaman rambat, bunga, dan hewan. Kerajinan tangan khas Malaysia yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh antara lain tembikar, labu sayong (kendi dari tanah liat berbentuk labu), kerajinan kayu, kerajinan logam, batik khas Melayu, songket, dan cucuk sanggul (penjepit rambut).

Begitulah profil budaya penduduk Malaysia yang penting untuk Anda ketahui sebelum berkunjung ke Malaysia. Pada dasarnya, Indonesia dan Malaysia merupakan satu rumpun. Oleh karena itu, tak hanya lokasi dan jarak waktu yang tak jauh berbeda, budaya penduduknya pun memiliki banyak kesamaan. Dengan mengetahui informasi di atas, Anda tidak akan mengalami culture shock selama berada di Malaysia.

Berbicara mengenai berkunjung di Malaysia, baik untuk berwisata, bekerja, atau melanjutkan pendidikan, Anda pasti memiliki kepentingan yang berkaitan dengan keuangan. Misalnya transfer uang, membayar listrik, BPJS, dan sebagainya. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mempermudah pengelolaan keuangan tersebut. Qelola menawarkan berbagai fitur menarik yang efektif dan efisien untuk perencanaan keuangan Anda. Yuk, coba layanan Qelola sekarang juga dan segera unduh aplikasinya di sini.

 

 

Tags: , , , , , ,