Simak Solusi Masalah TKI Berangkat Tanpa KTKLN

masalah TKI

Salah satu syarat menjadi TKI resmi saat ini adalah KTKLN. Namun kebijakan KTKLN ini baru dikeluarkan oleh BNP2TKI beberapa tahun terakhir. Sehingga bagi TKI yang sudah tinggal dan bekerja di negara penempatan bertahun-tahun sebelum kebijakan ini berlaku kadang tidak mengetahui ketentuan ini. Hal ini sering dianggap masalah TKI yang membuat mereka terhambat keluar masuk Indonesia. Padahal dari BNP2TKI sendiri secara tegas mengatakan bahwa KTKLN bukanlah syarat wajib berangkat ke negara penempatan TKI apabila TKI yang bersangkutan sudah terdaftar dalam SISKOTKLN.

Sayangnya, ketidaktahuan TKI ini kadang dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. TKI yang berpotensi menjadi korban adalah TKI yang sedang cuti atau pulang ke Indonesia lalu akan kembali berangkat ke negara penempatan. Mereka terkadang dihadang dan tidak diperbolehkan berangkat ke negara tujuan padahal sudah membeli tiket. Berikut ini adalah cara menangani masalah TKI yang berangkat tanpa mempunyai KTKLN:

1.  Pastikan Anda Membawa Dokumen Wajib

Meskipun Anda tidak memiliki KTKLN, Anda harus memiliki beberapa dokumen wajib berikut untuk berangkat ke luar negeri, yaitu:

  • Paspor yang masih masa berlakunya
  • Visa atau permit kerja yang diterbitkan oleh negara penempatan Anda
  • Tiket pesawat cetak atau online

2.  Catat atau Simpan Nomor-Nomor Penting dan Memiliki Alat Komunikasi

Usahakan Anda membawa alat komunikasi yang siap digunakan kapanpun. Termasuk pulsa atau jaringan internet. Kemudian catat dan simpan nomor hotline atau helpdesk yang dapat membantu Anda jika masalah menjadi semakin serius padahal waktu telah mendekati jam keberangkatan pesawat atau kapal Anda. Beberapa nomor yang dapat Anda simpan adalah Serikat Pekerja TKI, Organisasi TKI, Lembaga Bantuan Hukum setempat, atau nomor pribadi yang Anda anggap mampu membantu dalam situasi sulit.

smartphone 1894723 640 e1587314471723 - Simak Solusi Masalah TKI Berangkat Tanpa KTKLN

3.  Cermati Lokasi yang Menjadi Titik Penahanan Anda

Lokasi penahanan TKI tanpa KTKLN tidak terjadi di sepanjang perjalanan keberangkatan Anda. Namun terdapat beberapa titik yang sering menjadi lokasi penahanan ini, yaitu:

  • Loket maskapai, yaitu ketika Anda check in untuk mendapatkan boarding pass.
  • Loket BNP2TKI atau BP3TKI, di sini Anda nantinya akan didata, termasuk kepemilikan KTKLN. Karena Anda tidak memilikinya, biasanya petugas akan menolak keberangkatan dan meminta Anda mengurus KTKLN terlebih dahulu. Padahal Anda tidak perlu melakukannya.
  • Loket imigrasi, yaitu loket pemeriksaan untuk dokumen-dokumen kelayakan milik Anda. Sesuai UU Keimigrasian, hanya ada 2 kondisi yang membuat TKI tidak diberi izin berangkat ke luar negeri. Pertama, jika TKI tidak memiliki paspor. Kedua, jika TKI masuk dalam daftar pencegahan (cekal). Selain itu, petugas imigrasi tidak boleh menahan Anda, apalagi hanya karena tidak memiliki KTKLN.

4.  Sampaikan Beberapa Hal Ini Jika Ditahan

Ketika Anda melewati 3 loket di atas dan salah satu petugas dari loket-loket tersebut menahan Anda, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang. Kemudian saat Anda diperiksa, lakukan beberapa langkah berikut:

  • Katakan bahwa Anda memang tidak mau membuat KTKLN karena Anda sudah terdaftar dalam SISKOTKLN.
  • Apabila petugas tersebut menolak pernyataan Anda, mintalah surat penolakan yang secara resmi menyebut identitas lengkap Anda, dasar hukum penolakan, tanda tangan, dan cap instansi yang menerbitkan surat itu. Jika perlu, foto surat tersebut sebagai barang bukti.
  • Biasanya Anda akan diminta bertemu atau menemui atasan mereka jika mereka tidak memiliki surat penolakan. Jika iya, manfaatkan handphone Anda untuk merekam, mengambil gambar atau video percakapan Anda dengan atasan tersebut. Tanyakan kepada orang tersebut nama dan posisi atau jabatan yang dipegang.
  • Selama percakapan tersebut, Anda dapat menggunakan beberapa pernyataan berikut sebagai dasar hukum Anda menolak untuk ditahan keberangkatannya. Katakan kalimat-kalimat di bawah ini dengan jelas, tenang, dan berani kepada petugas atau atasan tersebut:
    1. “Anda (petugas) bukanlah pejabat yang memiliki kewenangan hukum untuk mencegah atau membatalkan keberangkatan TKI, sebagaimana diatur dalam pasal 91 ayat 2 huruf F UU Keimigrasian Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.”
    2. “Pembatalan keberangkatan TKI tanpa KTKLN yang Anda (petugas) lakukan adalah tindakan melanggar hukum, HAM, dan bertentangan dengan UUD 1945.”
    3. “Permintaan pencegahan TKI tanpa KTKLN secara lisan maupun surat edaran dari Kepala BNP2TKI, sama sekali tidak memiliki kekuatan hukum. Karena Kepala BNP2TKI dan/atau BP3TKI bukanlah pejabat yang memiliki kewenangan hukum untuk meminta pencegahan TKI tanpa KTKLN.”
    4. “Jika Anda (petugas) tetap mencegah keberangkatan Saya (Anda sebagai TKI), maka saya akan menghubungi kuasa hukum dan kami akan menuntut Anda (petugas) secara hukum.”
669242 720 - Simak Solusi Masalah TKI Berangkat Tanpa KTKLN

Sumber: nasional.tempo.co

5.  Menghubungi Nomor Helpdesk yang Dapat Membantu

Ketika kalimat-kalimat di atas tidak juga mempan, dan bahkan mereka mulai membentak Anda, jangan takut! Segera hubungi nomor pihak-pihak yang telah Anda simpan tadi. Pastikan mereka membantu dengan segera mengingat jam keberangkatan Anda yang semakin dekat.

Itu tadi adalah beberapa langkah mengatasi masalah TKI terkait penahanan keberangkatan Anda akibat tidak memiliki KTKLN. Poin penting dari masalah ini adalah Anda tetap berhak atau diperbolehkan tetap berangkat ke negara penempatan meskipun Anda tidak mempunyai KTKLN. Kuncinya, pastikan Anda sudah terdaftar secara resmi melalui SISKOTKLN secara online. Hal itu sudah cukup bagi Anda keluar masuk Indonesia tanpa harus mengurus KTKLN ke BNP2TKI, BP3TKI, atau LP3TKI.

Masih berhubungan dengan masalah TKI, Anda mungkin kesulitan mengatur keuangan selama tinggal di negara penempatan. Padahal kemampuan mengelola keuangan penting sekali bagi TKI. Qelola hadir sebagai aplikasi keuangan dan pembayaran yang efektif dan efisien untuk digunakan. Terlebih lagi untuk mengirim uang dari luar negeri yaitu ke Indonesia dengan biaya transfer yang relatif lebih murah. Yuk unduh dan install aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,