Tips Membersihkan Rumah untuk ART ala Room Service Hotel

membersihkan rumah

Membersihkan rumah adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika profesi Anda adalah seorang Asisten Rumah Tangga (ART) yang bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Sebagai seorang ART, membersihkan rumah adalah sebuah kewajiban. Penghuni rumah akan merasa nyaman jika berada di sebuah rumah yang bersih. Selain untuk kenyamanan, rumah yang bersih adalah salah satu kunci hidup yang sehat. Namun sayangnya, membersihkan rumah terkadang melelahkan, sehingga tidak jarang orang malas melakukannya. Membersihkan rumah yang benar agar bersih dan sehat untuk penghuninya tentu berbeda di setiap bagian rumah, mulai dari membersihkan kamar tidur, dapur, kamar mandi, serta bagian-bagian rumah lainnya. Lalu, bagaimana cara membersihkan rumah yang benar? Berikut tips membersihkan rumah ala room service hotel untuk para ART sesuai dengan bagian-bagian rumah.

1.    Membersihkan Kamar Tidur

hero membersihkan rumah agar rapi dan bersih.width 800 - Tips Membersihkan Rumah untuk ART ala Room Service Hotel

Tips pertama dalam membersihkan rumah adalah dengan membersihkan kamar tidur. Sebelum memulai membersihkan kamar tidur, bukalah jendela kamar terlebih dahulu. Dengan membuka jendela kamar, udara segar akan masuk dan menghilangkan bau-bau yang tidak sedap di dalam kamar. Apalagi, jika kamar tidur dibersihkan di pagi hari Anda akan mendapat udara yang lebih segar dan efeknya lebih bagus untuk rumah. Lalu Anda bisa membereskan barang-barang yang berantakan. Taruh pakaian kotor di dalam keranjang, karena ini yang biasanya membuat kamar tidur terlihat sangat berantakan. Setelah itu Anda bisa mulai mengganti sprei tempat tidur. Rajin-rajinlah untuk mengganti sprei tempat tidur agar selalu bersih dan sehat. Bereskan juga benda-benda yang ada di kamar tidur agar terlihat rapi.

2.    Membersihkan Dapur

Ingin Dapur Tetap Bersih dan Higienis Bersihkan 5 Bagian Ini 2 - Tips Membersihkan Rumah untuk ART ala Room Service Hotel

Menjaga kebersihan dapur sangat penting dilakukan mengingat seringnya Anda melakukan aktivitas memasak di dapur. Oleh karena itu dalam membersihkan rumah, dapur merupakan salah satu bagian rumah yang harus selalu dijaga kebersihannya dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan dapur, diantaranya adalah:

  • Membersihkan semua permukaan benda di dapur menggunakan desinfektan.
  • Membuang semua sisa makanan yang terdapat di dalam kulkas agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Membersihkan tempat sampah hingga benar-benar bersih setiap kali Anda membuang isinya.
  • Mengganti sponge dengan yang baru secara rutin karena sponge tak jarang berjamur karena terlalu sering terkena air dan sisa makanan saat digunakan.

Selain itu, untuk menjaga hewan seperti kecoa dan tikus agar tidak berkeliaran di area dapur, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  • Jangan menyimpan makanan di dapur dan selalu bersihkan area dapur dari makanan. Jika sudah malam, simpan makanan yang tersisa dan akan dimakan esok harinya ke dalam kulkas.
  • Buanglah sampah dapur setiap hari. Jika tidak memungkinkan, tutupi sampah dapur supaya binatang seperti kecoa dan tikus tidak bisa mengobrak-abrik.
  • Selalu bersihkan area yang basah serta bocor. Jika kran dapur bocor, segeralah untuk memperbaiki. Selalu pastikan area dapur tidak basah dan kotor.

3.    Membersihkan Lantai Secara Menyeluruh

Tips Membersihkan lantai keramik RumahHokie.com istimewa - Tips Membersihkan Rumah untuk ART ala Room Service Hotel

Sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) mungkin menyapu dan mengepel lantai adalah upaya dalam membersihkan rumah yang Anda lakukan setiap hari. Namun bagaimana dengan area yang tertutup furnitur dan benda-benda lain yang sulit untuk dipindahkan? Area inilah yang harus Anda perhatikan kebersihannya, karena Anda tentu jarang membersihkan area yang tertutup karena kesulitan memindahkan benda atau furnitur yang menghalanginya. Bersihkan area-area yang penuh dengan tumpukan barang, karena umumnya area inilah yang memiliki banyak kuman dan bakteri, serta debu yang menempel. Membersihkan area ini dapat membuat rumah semakin bersih dan sehat. Jika sulit dibersihkan hanya menggunakan sapu dan kain pel, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan area ini agar hasilnya lebih memuaskan.

4.    Membersihkan Kamar Mandi

shutterstock 636989833 - Tips Membersihkan Rumah untuk ART ala Room Service Hotel

Dalam membersihkan rumah, toilet adalah bagian rumah yang sangat wajib untuk dibersihkan secara rutin karena merupakan bagian utama sekaligus sumber dari kuman dan bakteri yang berada di dalam kamar mandi. Untuk mengatasinya, bersihkan pegangan pintu, kran, dan semua permukaan yang ada di dalam kamar mandi menggunakan cairan pembasmi kuman. Selain itu, untuk menjaga agar kamar mandi tetap bersih, sediakan keset untuk membantu mengeringkan kaki yang basah setelah dari kamar mandi. Bukalah pintu dan jendela saat kamar mandi sedang tidak digunakan agar ada pergantian udara di dalam kamar mandi. Jika ada wastafel dan shower di kamar mandi, bersihkan secara rutin kaca dan krannya menggunakan cuka dan bersihkan dengan kain lap bersih hingga jamur, bakteri, dan kuman menghilang. Jangan lupa mengganti semua kain yang berada di dalam kamar mandi seperti handuk, keset, dan tirai kamar mandi. Cucilah setidaknya sebanyak dua kali dalam satu minggu.

Sebagai seorang Asisten Rumah Tangga (ART), semua kebersihan rumah menjadi tanggungjawab Anda. Oleh karena itu jika ingin menjadi seorang ART yang sukses Anda harus secara rutin membersihkan rumah agar selalu bersih dan sehat. Dengan begitu majikan Anda akan puas dengan hasil kerja Anda.

Cara Mengelola Keuangan untuk ART di Malaysia

Karena Anda tidak akan bekerja sebagai ART secara terus di masa depan, maka ada baiknya Anda memiliki perencanaan keuangan. Sebuah perencanaan keuangan yang baik, tidak hanya bergantung pada penyimpanannya saja tapi juga cara penggunaannya. Termasuk ketika Anda ingin melakukan pengiriman uang atau transfer ke Indonesia.

Anda bisa memilih aplikasi keuangan yang membebankan biaya rendah untuk setiap kali transaksinya seperti Qelola. Dengan aplikasi keuangan berbiaya rendah, maka Anda bisa melakukan penghematan dari segi biaya. Di samping itu, Qelola juga menawarkan program rekasa dana yang akan membantu Anda berinvestasi bagi masa depan. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola sekarang juga. Bersama Qelola, nikmati waktu membersihkan rumah tanpa harus repot mengirimkan uang untuk keluarga dalam satu kali transaksi mudah.

 

Tags: , , , , ,