Ingin Mendapatkan Pekerjaan di Malaysia? Ikuti Langkah Berikut Ini

pekerjaan di Malaysia

Seperti diketahui, Malaysia merupakan negara dengan jumlah TKI terbanyak di dunia. Tidak hanya itu, banyak pula WNI yang memilih bekerja secara profesional di negeri Jiran ini. Banyaknya lowongan pekerjaan yang tersedia membuat banyak WNI berbondong-bondong mencari pekerjaan di Malaysia. Mulai dari asisten rumah tangga, buruh di pabrik hingga staf ahli di berbagai perusahaan. Namun di balik banyaknya WNI yang mengambil kesempatan ini, ternyata masih banyak juga yang tidak mengetahui bagaimana mendapatkan pekerjaan di Malaysia. Dan di sini Qelola akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk mendapatkan pekerjaan di Malaysia.

Baca Juga: Ingin Menjadi TKI? Wajib Ketahui Perjanjian Kerja Ini

Mencari Sumber Pekerjaan

Ep 17 1 - Ingin Mendapatkan Pekerjaan di Malaysia? Ikuti Langkah Berikut Ini

Sumber: https://economy.okezone.com/

Untuk mendapatkan pekerjaan di manapun itu hal pertama yang dilakukan adalah mencari sumber pekerjaan. Untuk Anda yang berniat bekerja di Malaysia, ada berbagai sumber informasi pekerjaan yang dapat Anda gunakan. Dan berikut diantaranya.

Portal Kerja

Portal kerja tidaklah sulit didapatkan dizaman serba canggih seperti saat ini. Tinggal memanfaatkan jaringan internet, memasukkan kata kunci di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan lain sebagainya, maka berbagai portal kerja akan muncul ke hadapan Anda. Bahkan portal kerja lokal saja banyak yang mencantumkan lowongan kerja di Malaysia. Pilihlah berbagai lowongan yang sesuai dengan kriteria serta kemampuan. Anda pun bisa langsung mendaftar di website tersebut dengan mendaftarkan akun serta melengkapi berbagai persyaratan.

Website Perusahaan

Selain portal kerja, di internet juga banyak sekali website perusahaan yang mencantumkan lowongan pekerjaan untuk bagian apa saja. Anda hanya perlu rajin mengecek daftar perusahaan di Malaysia yang membuka lowongan pekerjaan yang sesuai dengan Anda. Biasanya mereka mempunyai formulir yang bisa langsung diisi atau membubuhkan alamat email untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

Agen Tenaga Kerja

Bagi para TKI yang ada di Malaysia, cara ini yang paling sering ditempuh untuk mendapatkan pekerjaan. Berbagai Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia atau PJTKI juga sudah memuat berbagai informasi dan lowongannya melalui internet. Anda tinggal memilih PJTKI yang terpercaya, lalu mendaftar melalui website atau kontak yang disediakan.

Relasi

Jangan ragu memanfaatkan relasi untuk mendapatkan pekerjaan di Malaysia. Anda bisa bertanya pada teman, tetangga atau kerabat yang telah bekerja atau tinggal di Malaysia mengenai prospek kerja di sana. Anda juga bisa langsung menanyakan apakah tempat mereka bekerja masih membutuhkan pekerja. Anda pun bisa meminta mereka untuk merekomendasikan Anda di tempat kerjanya. Langkah apapun harus dicoba walaupun sekedar menitipkan CV.

Portfolio

Jika Anda mencari pekerjaan yang lebih profesional, buatlah portfolio online dan juga portfolio PDF yang menarik. Posting portofolio tersebut di internet dengan memanfaatkan media sosial atau media lainnya. Seringkali perusahaan yang menawarkan pekerjaan secara langsung karena melihat portofolio seseorang di internet. Sebaiknya berikan watermark nama Anda pada setiap portofolio agar tidak diakui orang lain. Selain itu buat file yang tidak terlalu besar agar lebih mudah saat di-download atau dikirim kembali.

Walk-in Interview

Jika Anda mempunyai modal yang lebih banyak, bisa langsung pergi ke Malaysia, mencari pekerjaan dari berbagai media dan mendatangi perusahaannya. Di Malaysia, khususnya di Kuala Lumpur banyak sekali iklan lowongan pekerjaan yang tertera di surat kabar. Anda bisa membeli beberapa untuk mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai.

Mempersiapkan Wawancara

EP 17 2 - Ingin Mendapatkan Pekerjaan di Malaysia? Ikuti Langkah Berikut Ini

Sumber: https://www.flexjobs.com/

Wawancara adalah proses selanjutnya setelah Anda melamar pekerjaan yang sesuai kualifikasi. Mungkin butuh waktu dari 2 minggu hingga 4 minggu. Dan ketika Anda terpilih, perusahaan yang akan menghubungi Anda untuk melanjutkan ke tahap ini. Walaupun sudah menguasai bidang pekerjaan tersebut, Anda tetap harus mempersiapkan wawancara Anda. Latih cara berbicara agar dapat meyakinkan pewawancara bahwa Anda memang pantas untuk bekerja di perusahaan mereka.

Syarat-Syarat Bekerja di Malaysia

EP 17 3 - Ingin Mendapatkan Pekerjaan di Malaysia? Ikuti Langkah Berikut Ini

Setelah proses wawancara, Anda akan dihubungi kembali apabila terpilih bekerja dengan mereka. Sebelum berangkat, Anda harus melengkapi sejumlah syarat yang telah ditetapkan. Kelengkapan ini sangatlah penting karena mulai dari keberangkatan hingga pekerjaan Anda di sana nantinya diawasi secara ketat. Terkhusus untuk TKI dan BMI atau Buruh Migran Indonesia syarat-syarat yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku.
  2. Berumur 18 – 38 tahun, TKI Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) berumur 21 – 45 tahun.
  3. Datang secara sah ke Malaysia melalui Pemerintah atau Perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS-dulu PJTKI) yang terdaftar di DEPNAKER RI.
  4. Menandatangani Kontrak Kerja dengan majikan atau perusahaan sebagai pengguna.
  5. Lulus pemeriksaan kesehatan (FOMEMA) dengan biaya RM180 (laki-laki) dan RM190 (wanita) yang ditanggung oleh pengguna.
  6. Memiliki work pass (permit kerja) yang diuruskan oleh pengguna dan dikenakan bayaran per tahun (levy).
  7. Memiliki/diuruskan kartu/Kad Pengenalan Pekerja Asing yang dikeluarkan oleh Pemerintah Malaysia
  8. Bekerja pada majikan yang nama dan alamatnya tercantum dalam Permit Kerja.
  9. Diikutkan dalam program asuransi di Malaysia berdasarkan Workmen Compensation Act 1952.

Apabila telah melengkapi syarat di bawah ini maka Anda pun dapat mulai bekerja di Malaysia. Setelah bekerja dan menerima gaji yang sesuai dengan perjanjian, kini saatnya menuntaskan kewajiban untuk berbagi dengan keluarga di Indonesia. Dan untuk hal ini ada cara yang sangat mudah yang bisa ditempuh, yakni menggunakan aplikasi Qelola. Mengapa harus Qelola? Karena Qelola akan memberikan fasilitas kirim uang yang jauh lebih mudah dan juga murah dibanding metode lainnya. Selain itu Anda pun bisa langsung melakukan pembayaran berbagai tagihan yang ada di Indonesia. Sangat memudahkan bukan? Jadi tidak perlu ragu untuk menggunakan Qelola. Download aplikasinya di sini sekarang juga.

Tags: , , , , , , , ,