Ingin Menjadi TKI? Wajib Ketahui Perjanjian Kerja Ini

perjanjian kerja

Tenaga kerja Indonesia di luar negeri terkenal dengan kegigihan dan kualitas pekerjaan yang sangat memuaskan. Namun dengan kerja keras dan kerja berkualitas tersebut, belum tentu para TKI ini mendapatkan hak dengan semestinya. Para TKI rentan sekali dengan penganiayaan, gaji yang tidak dibayarkan serta masalah lainnya. Ini dikarenakan pengetahuan yang kurang akan perjanjian kerja mereka selama berada di negeri orang. Padahal perjanjian ini sangat penting untuk memperjelas apa saja kewajiban yang harus dikerjakan serta hak yang harus diterima. Bagi Anda yang berencana untuk bekerja keluar negeri, beberapa hal mengenai perjanjian kerja ini wajib untuk diketahui.

Baca Juga: Ini Peraturan Tenaga Kerja yang Dapat Melindungi TKI di Luar Negeri

Apa Itu Perjanjian Kerja?

EP 3 1 1 - Ingin Menjadi TKI? Wajib Ketahui Perjanjian Kerja Ini

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 22 Tahun 2014, ada tiga jenis perjanjian yang berhubungan dengan TKI. Pertama adalah perjanjian penempatan yaitu perjanjian tertulis antara Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) dengan calon TKI yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak dalam rangka penempatan TKI di negara penempatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kedua, perjanjian kerja sama penempatan  yang adalah perjanjian tertulis antara PPTKIS dengan mitra usaha atau pengguna yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak dalam rangka penempatan dan perlindungan TKI di negara penempatan. Dan yang terakhir adalah perjanjian kerja. Perjanjian kerja adalah perjanjian tertulis antara TKI dengan pengguna yang memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban masing-masing pihak. Pengguna yang dimaksud dalam perjanjian ini merupakan perusahaan atau majikan yang berbentuk instansi pemerintah, badan hukum pemerintah, badan hukum swasta, dan/atau perseorangan di negara tujuan.

Ketika Anda diterima bekerja oleh sebuah perusahaan atau pengguna tenaga kerja di luar negeri, maka Anda pasti akan diberikan surat perjanjian kerja atau kontrak kerja. Selain mengetahui syarat, hak dan kewajiban, dengan surat tersebut Anda juga akan mengetahui status pekerjaan yang dilakukan. Apakah Anda berstatus pekerja tetap atau kontrak? Karena berisi hal-hal yang penting, maka sangat dianjurkan untuk membaca dengan hati-hati sebelum menandatangani. Hal ini agar Anda tidak menjadi korban penipuan dari pihak manapun.

Poin-Poin dalam Perjanjian Kerja

EP 3 2 - Ingin Menjadi TKI? Wajib Ketahui Perjanjian Kerja Ini

Dalam sebuah perjanjian atau kontrak kerja, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan. Poin-poin tersebut antara lain:

  • Identitas Pengguna

Ada harus mengetahui identitas pengguna jasa Anda. Hal ini agar Anda mengetahui dengan jelas dengan siapa sebenarnya Anda bekerja dan mengetahui jika terdapat kesalahan dalam penempatan. Identitas yang tertera di dalam kontrak biasanya terdiri dari nama, nomor identitas kependudukan, pekerjaan serta alamat lengkap.

  • Identitas TKI

Selain identitas pengguna jasa, di dalamnya juga terdapat identitas Anda sebagai TKI yang memberikan jasa. Identitas yang dituliskan dalam perjanjian terdiri dari nama, nomor paspor, nomor visa, nomor rekening di Indonesia serta alamat Anda di Indonesia.

  • Jabatan dan Jenis Pekerjaan

  • Hak dan Kewajiban Para Pihak

Ada beberapa hak dan kewajiban yang harus Anda perhatikan sebelum menandatangani perjanjian. Hak dan kewajiban ini harus disepakati dengan baik agar tidak ada pihak manapun yang dirugikan.

  • Kondisi dan Syarat Kerja

Kondisi dan syarat kerja tersebut meliputi:

a. Lama Kontrak Kerja

Perhatikan lama kontrak kerja Anda. Jika tidak sesuai maka Anda berhak untuk meminta bantuan hukum.

b. Gaji

Biasanya setiap negara mempunyai patokan tersendiri perihal nominal gaji yang diberikan untuk para TKI baik di sektor formal maupun informal. Cari informasi mengenai kisaran gaji di negara tujuan Anda. Bandingkan dengan dengan gaji yang ada di surat perjanjian.

c. Waktu Kerja

Pastikan terdapat waktu kerja yang jelas di dalam kontrak tersebut. Anda harus mengikuti jam kerja yang telah ditetapkan untuk Anda. Namun, jangan sampai Anda diberikan waktu kerja yang melebihi batas serta tidak manusiawi.

d. Hari Libur

Salah satu hak yang semestinya diterima oleh pekerja manapun adalah hari libur. Seorang pekerja setidaknya mempunyai hari libur sehari dalam seminggu. Apabila Anda memilih untuk tetap bekerja, hari libur ini bisa diganti dengan uang.

e. Fasilitas Akomodasi

Tenaga kerja Indonesia jarang sekali yang mempunyai kerabat dekat di negara tujuan untuk ditumpangi. Oleh sebab itu, sudah semestinya pengguna menyediakan akomodasi tersebut.

f. Rekening Perbankan TKI di Negara Tujuan

Akan sangat sulit menemukan kantor bank milik Indonesia ketika Anda berada di luar negeri. Oleh karenanya gaji dan berbagai transaksi akan dikirim serta dilakukan melalui rekening perbankan di negara tujuan. Pastikan Anda sudah memiliknya.

g. Akses Komunikasi dengan Keluarga

Ada beberapa pengguna yang mengekang pekerjanya hingga berkomunikasi dengan keluarga pun dibatasi. Jika Anda ingin bekerja lebih nyaman, Anda bisa menanyakan dan mengajukan hal ini di perjanjian kerja.

h. Asuransi Sosial

Tidak ada pekerjaan yang tidak mempunyai risiko. Oleh sebab itu, disarankan agar mempunyai asuransi sosial yang akan meng-cover hal tidak terduga yang bisa saja terjadi.

  • Penyelesaian Sengketa

EP 3 3 - Ingin Menjadi TKI? Wajib Ketahui Perjanjian Kerja Ini

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya Perjanjian Kerja tidak dapat diubah kecuali dengan persetujuan pihak-pihak yang ada di dalamnya. Dan apabila ada perubahan, maka perubahan tersebut wajib disetujui oleh Perwakilan Republik Indonesia di negara penempatan atau Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia.

Setelah perjajian tersebut disetujui, Anda pun dapat bekerja di perusahaan atau perseorangan yang menjadi pengguna Anda. Setelah bekerja dan menerima gaji yang sesuai dengan perjanjian, kini saatnya menuntaskan kewajiban untuk berbagi dengan keluarga di Indonesia. Dan untuk hal ini ada cara yang sangat mudah yang bisa ditempuh, yakni menggunakan aplikasi Qelola. Mengapa harus Qelola? Karena Qelola akan memberikan fasilitas kirim uang yang jauh lebih murah mudah dan juga murah dibanding metode lainnya. Selain itu Anda pun bisa langsung melakukan pembayaran berbagai tagihan yang ada di Indonesia. Sangat memudahkan bukan? Jadi tidak perlu ragu untuk menggunakan Qelola. Download aplikasinya di sini sekarang juga!

Tags: , , , , , ,