Cara Mudah Memanfaatkan Layanan Paspor Online 2020

layanan paspor online - Cara Mudah Memanfaatkan Layanan Paspor Online 2020

Bagi Anda yang baru pertama kali mengurus paspor, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang layanan paspor online dapat Anda manfaatkan untuk membuat paspor baru ataupun mengurus perpanjangan paspor lama tanpa ribet. Apabila dulu Anda wajib datang pagi pagi buta untuk antri di Kantor Imigrasi terdekat, kini cara tersebut sudah lebih praktis melalui sistem daftar antrian online. Hadirnya sistem daftar antrian online tersebut sangat membantu dan menghemat waktu. Namun, perlu dicatat juga bahwa Anda tetap harus hadir langsung ke Kantor Imigrasi untuk proses lengkap pembuatan paspor. Yaitu melakukan verifikasi berkas, wawancara, pengambilan sidik jari, dan foto hingga proses selesai. Simak panduan mudahnya di bawah ini.

Baca juga: Paspor Habis Masa Berlakunya? Ini Biaya Perpanjangan Terbaru!

Syarat Membuat Paspor Online

layanan paspor online 1 - Cara Mudah Memanfaatkan Layanan Paspor Online 2020

Ada beberapa dokumen yang menjadi persyaratan jika Anda ingin menggunakan layanan paspor online. Dulunya, persyaratan dokumen ini perlu di-scan dan di-upload ke website Imigrasi. Namun kini Anda hanya perlu memasukan data tersebut ke website Imigrasi dan kemudian membawanya ke Kantor Imigrasi pada tahap verifikasi berkas. Berikut ini adalah dokumen yang perlu Anda persiapkan:

  • Untuk warga negara Indonesia (WNI), yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran atau Surat Baptis, Akta Perkawinan atau Buku Nikah, Ijazah, dan paspor lama jika ingin perpanjang paspor.
  • Sedangkan untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia, maka persyaratan pembuatan paspor adalah KTP kedua orang tua yang masih berlaku, KK, Akta Kelahiran atau Surat Baptis. Selain itu perlu menyertakan pula Buku Nikah orang tua atau Akta Perkawinan. Serta paspor lama bagi yang telah memilikinya. Persiapkan semua dokumen tersebut sebelum Anda mengurus paspor secara online, karena Anda akan membutuhkan data dari masing-masing dokumen untuk aplikasi paspor online.

Cara Menggunakan Layanan Paspor Online

layanan paspor online 2 - Cara Mudah Memanfaatkan Layanan Paspor Online 2020

Langkah pertama untuk membuat paspor adalah daftar antrian secara online. Penting untuk Anda ketahui bahwa saat ini, semua Kantor Imigrasi sudah menerapkan layanan daftar antrian paspor online. Dengan mendaftar secara online, Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai kepastian hari dan jam untuk membuat paspor. Terlebih lagi, dalam satu akun bisa digunakan untuk mendapatkan sebanyak 5 antrian paspor online. Berikut ini panduan lengkapnya:

  1. Buka website https://antrian.imigrasi.go.id/ , lalu buatlah akun baru atau login dengan akun Google Anda. Opsi lainnya, Anda bisa download aplikasi Layanan Paspor Online di Google Play atau App Store.
  2. Setelah berhasil login, baik melalui website ataupun aplikasi, selanjutnya Anda perlu mengisi data yang diperlukan dengan lengkap. Seperti  Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama Lengkap, Tanggal Lahir, nomor HP, hingga Alamat Lengkap Sesuai KTP.
  3. Setelah Anda berhasil mengisi data lengkap, selanjutnya pilih Kantor Imigrasi terdekat untuk pengurusan paspor Anda. Lalu, isikan juga jumlah pemohon, tanggal dan waktu kedatangan Anda. Ada dua pilihan yaitu pagi pukul 08:00 sampai dengan 12:00. Dan siang pukul 13:00 sampai dengan 16:30. Anda akan melihat opsi pilihan kuota yang tersedia apakah jam pagi atau siang. Apabila kuota penuh, maka Anda tinggal mengganti hari dan pilih yang masih kosong yaitu yang bertanda hijau.  
  4. Setelah semua proses sudah selesai, maka otomatis Anda akan mendapatkan Kode Booking (dalam bentuk serangkaian kode dan QR Code) serta informasi nomor antrian digital. Yang isinya informasi NIK, Nama Lengkap,  Tempat, Tanggal dan Waktu Anda datang ke Kantor Imigrasi.   

Daftar Antrian Paspor Online via Whatsapp

layanan paspor online 3 - Cara Mudah Memanfaatkan Layanan Paspor Online 2020

Cara ini bisa Anda lakukan, namun tidak semua Kantor Imigrasi menyediakan layanan daftar via WhatsApp. Berikut ini caranya yang perlu Anda perhatikan:

  1. Kirim pesan sesuai dengan format yang telah disediakan ke nomor WhatsApp Imigrasi (wilayah sesuai domisili).
  2. Ketik data diri Anda dengan format #Nama#Tanggal Lahir#Tanggal Kedatangan.
  3. Tunggu balasan selanjutnya, yaitu berupa barcode yang berisi kode booking Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan nomor antrian dan jadwal ke Kantor Imigrasi sesuai dengan kode booking Anda.
  4. Tunjukkan kode booking tersebut saat Anda datang ke Kantor Imigrasi. Anda sebagai pemohon wajib datang kurang lebih 30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan. Apabila Anda datang terlambat, maka kode booking akan hangus dan harus daftar ulang lagi.
  5. Pastikan juga persyaratan dokumen Anda sudah lengkap. Jika tidak lengkap atau kurang, maka pengajuan paspor Anda akan dikembalikan atau ditolak. Anda wajib membawa dokumen yang asli dan memastikan semua data diri pada dokumen identik dan sama.
  6. Pendaftaran antrian paspor online via Whatsapp ini tidak berlaku untuk pengurusan paspor rusak atau hilang.

Membuat Paspor Lebih Praktis

Setelah Anda memahami cara menggunakan layanan paspor online di atas beserta keterangan penting lainnya. Maka Anda dapat membuat paspor secara lebih cepat dan praktis. Dengan tersedianya proses pembuatan paspor online ini, maka Anda tidak perlu lagi pergi pagi-pagi untuk antri di Kantor Imigrasi. Anda pun tidak perlu khawatir jika Anda tidak termasuk ke dalam batasan jumlah pemohon paspor setiap harinya di kantor tersebut. Cukup melakukan registrasi secara online, kemudian menentukan pilihan Kantor Imigrasi dan harinya, lalu datang di hari tersebut lengkap dengan persyaratan. Tunggu 3 sampai 4 hari kerja, Anda dapat mengambil paspor baru Anda. Lalu Adsa bisa siap-siap pergi ke luar negeri!

Jika Malaysia adalah negara tujuan Anda, ada informasi penting untuk Anda. Anda bisa menggunakan dompet digital Qelola untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi selama di sana. Bayangkan jika Anda tidak memiliki cara yang tepat, Anda akan kerepotan jika harus bayar tagihan ini-itu, transfer uang ke luar negeri, dan lain sebagainya. Aplikasi Qelola ini menjadi favorit para masyarakat Indonesia yang ada di Malaysia, lho. Unduh dan daftarkan diri Anda sekarang juga.

Tags: , , , , , , ,