Hindari Biaya Komunikasi Mahal dengan SIM Card Malaysia

sim card malaysia

Jika Anda bekerja di luar negeri, sebagai TKI, maka Anda perlu memperhatikan masalah alat komunikasi. Salah satunya adalah penggunaan SIM card. Untuk penggunaan SIM card, sebaiknya Anda mengganti SIM card ponsel Anda sesuai dengan negara tujuan Anda. Hal ini perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada total biaya komunikasi yang harus Anda keluarkan. Misalnya jika Anda akan pergi ke Malaysia, maka disarankan untuk mengganti SIM card di ponsel Anda dengan SIM card Malaysia setelah sampai di sana.

Keuntungan Menggunakan SIM Card Malaysia

connect - Hindari Biaya Komunikasi Mahal dengan SIM Card Malaysia

Selain untuk menghemat pengeluaran, dengan menggunakan SIM card Malaysia Anda juga akan terhindar dari biaya roaming internasional. Berbeda jika Anda tetap menggunakan SIM card Indonesia, Anda justru akan boros karena akan dikenakan biaya roaming internasional.

Keuntungan menggunakan SIM card Malaysia saat berada di negeri tersebut sangat besar karena dapat menekan biaya pengeluaran Anda selama di sana. Hal Ini juga sangat menguntungkan bagi Anda yang sering mengunggah foto di akun Instagram atau update status di media sosial lainnya. Kelebihan lainnya jika Anda menggunakan SIM card negara tujuan adalah Anda akan mendapat sinyal yang lebih bagus jika dibandingkan dengan menggunakan SIM card dari negara asal.

Cara Mendapatkan SIM Card 

Untuk mendapatkan SIM card Malaysia tidaklah sulit. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya begitu tiba di bandara termasuk Kuala Lumpur karena sudah ada konter khusus yang menjual beberapa SIM card dengan harga yang bervariasi. Perbedaan harga akan tergantung pada penyedia layanan atau provider yang digunakan dan juga pada pulsa serta kuota data yang diberikan.

Cara Mendaftarkan SIM Card 

sim card 73106158 - Hindari Biaya Komunikasi Mahal dengan SIM Card Malaysia

Saat membeli SIM card Malaysia, Anda hanya cukup menunjukkan paspor untuk mendaftarkan data diri Anda. Setelah itu Anda bisa mengatur SIM card tersebut agar bisa digunakan di sana. Anda bisa mendapatkan semua ukuran SIM card sesuai kebutuhan. Begitu SIM card terpasang maka data bisa langsung berfungsi dan Anda gunakan.

Cara pendaftaran menggunakan paspor seperti ini sangat biasa terjadi termasuk ketika Anda pergi ke negara-negara tetangga lainnya seperti Singapura. Pendaftaran menggunakan paspor dianggap sah karena paspor adalah kartu identitas Anda selama berada di luar negeri.

Alasan dan Keuntungan Lain 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu keuntungan membeli SIM card Malaysia adalah mengenai harganya yang jauh lebih murah dibandingkan jika harus mengaktifkan roaming di luar negeri.  Meskipun beberapa provider di Indonesia memang memberikan harga roaming yang lebih murah dibandingkan dengan harga SIM card di sana. Namun perlu diingat bahwa harga roaming tersebut belum termasuk dengan kuota yang diberikan. Itulah sebabnya jika ingin berhemat tanpa harus membeli roaming, beberapa Warga Negara Indonesia (WNI) memilih kartu lokal yang menawarkan harga yang jauh lebih murah dan sudah termasuk dengan kuota internet. Dan jika Anda memilih penyedia layanan seluler yang tepat, maka Anda akan mendapat kecepatan data dan jangkauan sinyal luar biasa hampir di mana pun Anda berada. Untuk soal harga, Anda bisa mendapatkan SIM card di Malaysia dengan membayar antara 3 sampai dengan 50 ringgit Malaysia.

Penyedia Jasa Layanan SIM Card Malaysia

Ada empat jenis penyedia layanan seluler utama di Malaysia, yaitu Maxis, Cellcom, Digi, dan U Mobile. Setiap penyedia layanan seluler atau provider memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, dari keempat penyedia layanan seluler utama tersebut, Maxis memiliki fasilitas dan layanan terbesar, diikuti oleh Cellcom, Digi, dan yang terakhir U Mobile.

Namun sebagaimana layanan yang diberikan, Maxis juga merupakan penyedia layanan seluler yang bisa dibilang paling mahal jika dibandingkan penyedia layanan seluler lainnya. Di desa atau kota besar mana pun di Malaysia, hampir mustahil tidak melihat tanda dari dua provider Maxis dan Cellcom di jalan yang Anda lalui. Untuk Digi dan U Mobile pun juga hadir dan ditandai dengan jelas di area kedatangan sebagian besar bandara internasional.

Bagaimana Cara Mengisi Ulang Pulsa di Malaysia

Untitled design 15 1 - Hindari Biaya Komunikasi Mahal dengan SIM Card Malaysia

Setelah dijelaskan mengenai pembelian SIM card di Malaysia, lalu bagaimana dengan proses topping up atau pengisian ulang pulsa untuk SIM card tersebut? Untuk pengisian ulang pulsa, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan Qelola. Cukup meng-install aplikasi Qelola pada smartphone Anda dan mendaftar, maka dengan segera Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk pembayaran isi ulang pulsa Anda.

Dengan Qelola, Anda tidak harus repot untuk pergi keluar membeli pulsa SIM card Malaysia Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Qelola untuk kebutuhan transfer keluarga di Indonesia dengan biaya murah. Bahkan pembayaran pajak, isi ulang token listrik maupun BPJS di Indonesia bisa Anda lakukan juga. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

 

Tags: , , , , , , ,