Pahami Kode Telepon Malaysia agar Komunikasi Tetap Terjaga!

Kode Telepon Malaysia

Melakukan panggilan telepon ke TKI yang berada di Malaysia tentu menjadi hal wajar untuk keluarga yang ada di Indonesia. Terlebih, kini teknologi komunikasi sudah semakin canggih sehingga panggilan telepon bisa dilakukan jauh lebih mudah. Hal wajib yang perlu diketahui oleh keluarga di Indonesia adalah kode telepon Malaysia, agar sambungan telepon yang ditujukan pada para TKI bisa benar-benar tersambung.

Mengapa kode telepon Malaysia diperlukan? Sebab tanpa memasukkan kode ini ke nomor yang akan dihubungi, maka panggilan telepon tidak akan tersambung. Hal ini disebabkan karena perbedaan negara, yang mana mengharuskan keluarga di Indonesia memasukkan kode tertentu agar sambungan telepon yang dilakukan bisa diterima dengan baik oleh TKI yang berada di sana.

Jika di Indonesia acap dengan sebutan ‘negara +62’ maka negara Malaysia sendiri memiliki kode yang tidak jauh berbeda. Di Malaysia, kode utama yang digunakan adalah +60. Hal ini dikarenakan letak geografis yang berdekatan, sehingga pemberian kode internasional juga tidak akan terlalu jauh. Tapi apakah kode ini saja cukup untuk melakukan panggilan? Apa yang harus dilakukan agar panggilan dapat tersambung ke nomor kerabat yang ada di Malaysia?

Kode-Kode yang Perlu Dimasukkan 

Untitled design60 - Pahami Kode Telepon Malaysia agar Komunikasi Tetap Terjaga!

Pada bagian sebelumnya telah diketahui kode negara Malaysia, yakni +60, namun untuk melakukan panggilan ada kode lain yang juga perlu untuk dimasukkan. Ketika melakukan panggilan yang menggunakan pulsa, kerabat yang berada di Indonesia harus memasukkan kode SLI atau Sambungan Langsung Internasional berdasarkan operator yang digunakan.

  • Tri (3)        : 01088
  • Telkomsel : 01017
  • Indosat      : 01016
  • XL               : 01000
  • AXIS           : 01012
  • Smartfren  : 01033

Selain kode SLI yang harus dimasukkan sebelum nomor telepon dan kode negara, kerabat yang berada di Indonesia harus memasukkan satu kode lagi, yakni kode area lokasi tempat TKI berada. Contoh paling mudah ditemukan adalah kode area Kuala Lumpur, yakni 03. Namun demikian, kode ini hanya digunakan jika Anda yang berada di Indonesia menggunakan sambungan telepon rumah.

Baca Juga : Cara Mudah Memperpanjang Paspor di KBRI Kuala Lumpur

Format yang Harus Digunakan dengan Kode Telepon Malaysia

Untitled design61 - Pahami Kode Telepon Malaysia agar Komunikasi Tetap Terjaga!

Hal ini perlu sangat diperhatikan mengingat tanpa format yang tepat Anda tidak akan bisa melakukan panggilan ke nomor kerabat yang bekerja sebagai TKI di Malaysia. Formatnya adalah sebagai berikut:

Untuk Telepon melalui HP ke Nomor Telepon Rumah Malaysia:

  • Kode SLI + Kode Negara + Kode Area + Nomor Telepon Malaysia

Untuk Telepon melalui HP ke Nomor HP di Malaysia:

  • Kode SLI + Kode Negara + Nomor HP Malaysia

Untuk Telepon melalui Telepon Rumah ke Nomor Telepon Rumah Malaysia:

  • Kode SLI + Kode Negara + Kode Area + Nomor Telepon Malaysia

Untuk Telepon melalui Telepon Rumah ke Nomor HP Malaysia:

  • Kode SLI + Kode Negara + Nomor HP Malaysia

Berapa Tarifnya?

Untitled design62 - Pahami Kode Telepon Malaysia agar Komunikasi Tetap Terjaga!

Untuk tarif yang dikenakan guna melakukan panggilan ke Malaysia tentu akan sangat beragam tergantung dengan operator apa yang Anda gunakan. Selain itu, tarif juga akan sangat dipengaruhi oleh durasi panggilan yang dilakukan. Idealnya, semakin lama durasi panggilan maka akan semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, sebelum menelepon pastikan Anda menyiapkan apa yang hendak disampaikan agar biaya tidak membengkak.

Tips Melakukan Panggilan dengan Biaya Terjangkau

Untitled design63 - Pahami Kode Telepon Malaysia agar Komunikasi Tetap Terjaga!

Sebenarnya ada beberapa tips dasar yang bisa digunakan agar biaya panggilan tidak membengkak.

Pertama, pastikan Anda mengetahui apa yang ingin disampaikan, dan sampaikan dengan runtut.

Kedua, pastikan pembicaraan berjalan efektif.

Ketiga, pastikan sinyal dan kualitas jaringan stabil agar tidak banyak waktu terbuang.

Keempat, jika memungkinkan gunakan alternatif panggilan menggunakan koneksi internet melalui media sosial sehingga biaya yang digunakan tidak membengkak. Anda bisa menggunakan layanan seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan berbagai media sosial lainnya. Pastikan kondisi jaringan stabil dan Anda memiliki cukup paket data untuk melakukan panggilan tersebut.

Menjaga agar komunikasi tetap berjalan lancar adalah salah satu upaya sederhana agar kualitas hubungan tetap terjaga, baik itu dengan pasangan, anak, orang tua, atau kerabat terdekat lain. Sehubungan dengan status TKI yang mengharuskan kerabat untuk bekerja di Malaysia, pemahaman mendalam mengenai kode telepon Malaysia sudah tentu menjadi hal yang diharuskan, agar komunikasi dapat berjalan dengan baik.

Kode telepon Malaysia yang disampaikan di atas tadi diharapkan mampu memberikan informasi yang diperlukan, khususnya untuk TKI di Malaysia dan keluarganya yang berada di tanah air. Sama dengan menjaga pentingnya alur komunikasi, TKI juga perlu untuk menjaga agar pengiriman pendapatan yang diperoleh dapat dilakukan dengan lancar dan potongan sekecil mungkin. Nah, untuk itu, TKI di Malaysia bisa menggunakan layanan Qelola dengan transfer real-time. Qelola juga memberikan layanan biaya administrasi yang sangat ekonomis, sehingga jumlah pendapatan yang dikirimkan bisa sepenuhnya diterima oleh keluarga di Indonesia. Jaga komunikasi tetap lancar dan percayakan pengiriman uang Anda pada Qelola! Klik di sini untuk mengunduh aplikasinya.

Tags: , , , , , , , ,