Cicip 7 Kuliner Malaysia Khas Lebaran yang Tidak Boleh Terlewat

kuliner malaysia

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang paling dinantikan setiap umat muslim. Tentu akan banyak momen yang dirindukan tak terkecuali makanan khasnya. Bagi Anda yang merayakan hari Lebaran di Negeri Jiran Malaysia, wajib mencicipi kuliner Lebaran khas Malaysia berikut ini. Meskipun serumpun dengan Indonesia, terdapat beberapa keunikan kuliner Malaysia yang tidak dimiliki negara lain. Apa saja kira-kira? Let’s Check this out!

Menyantap Bubur Lambuk Sebelum Shalat Ied

678293351 - Cicip 7 Kuliner Malaysia Khas Lebaran yang Tidak Boleh Terlewat

Sumber: Urban Adventures

Kuliner Lebaran khas Malaysia yang pertama akan dibahas adalah Bubur Lambuk. Bubur lambuk menjadi santapan lezat saat berkumpul bersama sanak saudara. Biasanya, bubur lambuk menjadi hidangan untuk mengisi perut sebelum melaksanakan Shalat Ied dengan khusyuk. Makanan khas ini dibuat dengan campuran santan, ubi, rempah-rempah, daging cincang serta bumbu spesial. Biasanya bubur lambuk ini cocok disajikan dan disantap selagi hangat. Yummy!

Cicipi Aroma Wangi Lemang dan Rendang

Untitled design 37 2 - Cicip 7 Kuliner Malaysia Khas Lebaran yang Tidak Boleh Terlewat

Sumber: instagram.com/faidzyusub

Makanan khas Malaysia yang tak kalah menggoda lainnya adalah lemang dan rendang. Menu saat berbuka puasa ini juga sering dihidangkan saat hari raya Idul Fitri di Malaysia. Jika dilihat sekilas mirip lontong, lemang dibuat dari beras ketan lembut yang dibakar hingga tercium aroma wangi. Agar semakin lezat, jangan lupa sediakan rendang daging sapi untuk menemani lemang Anda.

Makan Ketupat Setelah Shalat Ied

Untitled design 36 1 - Cicip 7 Kuliner Malaysia Khas Lebaran yang Tidak Boleh Terlewat

Sumber: shutterstock

Sama seperti masyarakat Indonesia, sepulang Shalat Ied masyarakat muslim Malaysia akan menyantap ketupat bersama keluarga. Nama ketupat ini berasal dari Jawa, Indonesia yang memiliki arti “ngaku lepat” atau mengakui kesalahan. Hidangan pendamping ketupat pun tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Selalu ada rendang ayam atau rendang sapi, sate, dan lemang (ketan masak bambu seperti di Sumatera Barat).

Nasi Lemak, Kuliner Malaysia Paling Mendunia

Nasi Lemak - Cicip 7 Kuliner Malaysia Khas Lebaran yang Tidak Boleh Terlewat

Sumber: blog.traveloka.com

Nasi lemak merupakan salah satu jenis hidangan favorit yang berasal dari Kuala Lumpur yang namanya sudah mendunia. Hidangan ini cocok disajikan dalam momen apapun termasuk saat Lebaran. Kuliner lebaran khas Malaysia satu ini mirip dengan nasi gurih atau nasi uduk yang sangat populer di Indonesia. Nasi lemak terbuat dari campuran nasi dan kelapa serta dicampur rempah-rempah. Penyajian nasi lemak ditambahkan lauk ayam goreng, telur rebus, tumis kangkung, rendang sapi, sambal goreng teri kacang, dan sotong. Dijamin Anda akan kenyang setelah menyantap sepiring nasi lemak ini.

Tepung Pelita, Hidangan Penutup Paling Favorit

Untitled design 40 - Cicip 7 Kuliner Malaysia Khas Lebaran yang Tidak Boleh Terlewat

Hidangan penutup paling favorit di Malaysia salah satunya adalah Tepung Pelita. Makanan ini dibuat dari tepung beras dan santan yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Tepung pelita memiliki cita rasa manis gurih yang bikin ketagihan.

Kuih Bahulu, Salah Satu Kue Lezat Khas Lebaran

1377612845 - Cicip 7 Kuliner Malaysia Khas Lebaran yang Tidak Boleh Terlewat

Sumber: My Keuken

Kuih bahulu atau di Indonesia dikenal kue bolu menjadi ciri khas utama kue Lebaran di Malaysia. Perbedaannya kuih bahulu tidak dibuat dalam satu cetakan loyang besar, tetapi dicetak di loyang ukuran kecil. Kuih lainnya adalah kuih makmur atau kue isi kacang tanah bertabur gula tepung, kue lapis kuih bangkit, pineapple tarts (nastar), dan kuih loyang (kembang goyang). 

Pulut Udang, Camilan Mengenyangkan saat Lebaran

Untitled design 39 1 - Cicip 7 Kuliner Malaysia Khas Lebaran yang Tidak Boleh Terlewat

Sumber: instagram.com/khairol_muizz

Sekilas bentuk Pulut Udang mirip dengan lemper khas Indonesia. Sama-sama dibuat dari beras ketan, perbedaannya makanan ini memiliki isian berupa sambal kelapa dan udang. Sebelum dikukus, pulut udang dibalut dengan daun pisang untuk menghasilkan aroma wangi dan lezat. Biasanya pulut udang dijual dengan harga 0,9 ringgit Malaysia atau senilai dengan Rp3.000 per bijinya.

Tips Makan Sehat dan Aman Selama Lebaran

Di balik kelezatan hidangan hari raya Idul Fitri, ada bahaya yang mengancam bagi kesehatan. Hal ini disebabkan berbagai menu hidangan Lebaran cenderung tinggi karbohidrat dan lemak yang dapat memicu penyakit pasca Lebaran. Tetap kendalikan nafsu makan Anda dan makanlah sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda. Cobalah makan makanan ringan untuk mencegah makan dalam porsi besar. Patuhi pola makan yang teratur agar bisa tetap merayakan Lebaran dengan sehat dan aman. 

Rasanya memang tak jauh beda suasana lebaran di Indonesia dan Malaysia. Santapan kuliner Malaysia khas Lebaran tak kalah nikmat. Saat libur hari raya Idul Fitri tiba dan Anda tidak memutuskan mudik ke tanah air, jangan khawatir. Anda tetap bisa mengirimkan THR kepada keluarga, saudara atau kerabat dekat Anda di Indonesia. Kirim uang dari luar negeri sangat mudah dilakukan menggunakan aplikasi Qelola dengan biaya murah. Selain mengirim THR, Anda bisa membayarkan tagihan listrik, air, pajak motor, pendidikan keluarga di rumah dengan menggunakan aplikasi Qelola. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran secara aman. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,