Utamakan Aman dan Nyaman, Cermati Tips Mudik Lebaran Berikut!

tips mudik - Utamakan Aman dan Nyaman, Cermati Tips Mudik Lebaran Berikut!

Hari Lebaran memang sangat dinanti-nantikan oleh para perantau yang tinggal di luar daerah maupun di luar negeri seperti Anda, bukan? Apalagi mudik telah menjadi tradisi di Indonesia. Untuk mudik saat lebaran, Anda tentu saja perlu memikirkan persiapan mudik dan alternatif transportasi apa yang akan Anda pilih. Simak tips mudik lebaran di bawah ini untuk memudahkan Anda.

Menentukan Jenis Tas untuk Mudik

tips mudik 1 - Utamakan Aman dan Nyaman, Cermati Tips Mudik Lebaran Berikut!

Sebelum packing, pastikan Anda telah menyesuaikan jenis tas yang akan Anda bawa dengan transportasi yang akan Anda gunakan. Sebisa mungkin, hindari untuk menggunakan tas yang terlalu besar untuk mudik, terutama jika Anda hanya pergi sendirian. Untuk perjalanan mudik dari Malaysia, tentu saja Anda akan naik pesawat. Sebaiknya jangan gunakan koper besar kecuali hal itu sudah Anda rencanakan. Karena Anda bisa terkena ongkos ekstra untuk menaruh tas di bagasi dalam yang terhitung dari tiap kilogram tas yang Anda bawa. Lebih baik Anda menyimpan ongkos ekstra tersebut untuk perjalanan tambahan hingga sampai di depan rumah nantinya.

Gunakan tas seperti tas ransel atau travel backpack yang bisa menampung banyak pakaian tetapi tetap muat untuk bagasi kabin. Tidak hanya pesawat, tas yang terlalu besar juga akan merepotkan jika Anda bepergian dengan bus atau kereta api. Pilihlah koper atau tas yang berukuran kecil jika Anda mudik hanya sekitar tiga sampai empat hari. Karena di terminal atau stasiun kereta api jarang ada troli yang bisa Anda gunakan untuk membawa barang-barang selama Anda berjalan dari satu titik ke titik lainnya.

Membawa Barang Secukupnya

Sebaiknya Anda tidak melakukan packing di akhir waktu menjelang keberangkatan mudik Anda. Karena packing yang terburu-buru bisa menyebabkan tas Anda overload alias kebanyakan membawa barang. Selain itu, bisa jadi benda-benda penting yang seharusnya wajib Anda bawa justru ketinggalan. Mulailah dari menentukan tas yang akan Anda gunakan, lalu perkirakan berapa banyak barang yang bisa masuk ke dalamnya. Setelah itu, siapkan sebuah checklist barang-barang apa saja yang akan Anda bawa mudik. 

Memastikan Tiket untuk Berangkat Mudik

tips mudik 2 - Utamakan Aman dan Nyaman, Cermati Tips Mudik Lebaran Berikut!

Apapun transportasi pilihan Anda, pastikan Anda sudah membeli tiketnya jauh hari sebelum rencana keberangkatan. Siapkan tiket Anda supaya mudah diakses selama perjalanan mudik ke kampung halaman. Jika menggunakan e-ticket, maka Anda bisa screenshot tiket Anda agar lebih mudah saat menunjukkannya ke petugas, bahkan tanpa data internet. Sementara jika tiket Anda konvensional alias print-out, maka taruhlah tiket tersebut di tempat yang aman dan tertutup namun mudah diakses. Misalnya di dalam tas pinggang atau tas selempang yang memiliki resleting depan. Jangan menyimpan tiket di saku jaket atau di celana, karena jika tidak teliti, tiket Anda bisa terjatuh tanpa Anda sadari.

Usahakan untuk datang di terminal, stasiun, atau bandara lebih awal. Pastikan juga kartu identitas seperti KTP, SIM, atau paspor sudah tersimpan di dalam tas Anda. 

Memilih Rute Alternatif dan Jam Keberangkatan

Jika tiket pesawat ke kampung halaman Anda sangat mahal, ada baiknya Anda memilih rute penerbangan alternatif. Dengan memilih rute alternatif, Anda memang harus menambah ekstra usaha, karena harus dua kali atau lebih berganti transportasi. Tetapi jika harganya jadi lebih murah, kenapa tidak? Biasanya hal ini akan terjadi jika kampung halaman Anda adalah kota tujuan wisata. Jadi harga menuju ke kota tersebut dipatok lebih mahal dari kota-kota lainnya. Jika hal ini terjadi, maka ingatlah untuk memilih rute alternatif. Tapi Anda juga harus cerdik dalam melakukan hal ini, jangan sampai malah dengan cara ini, ongkos mudik Anda malah menjadi semakin mahal.

Tips selanjutnya untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang murah adalah memilih jam keberangkatan malam atau subuh. Pada umumnya, maskapai penerbangan akan memberikan harga yang lebih murah untuk penerbangan pada jam malam atau bahkan subuh. Hal ini dikarenakan tidak banyak orang yang mau pergi pada jam-jam tersebut. Cara ini juga berlaku terutama pada saat musim mudik lebaran nanti. Anda bisa mencobanya.

Membawa Oleh-Oleh Seperlunya

Tips mudik selanjutnya adalah, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk membawa berkardus-kardus oleh-oleh jika Anda hanya pergi sendirian. Terutama jika Anda menggunakan transportasi darat. Anda bisa membawa oleh-oleh yang bisa dinikmati dengan cara berbagi misalnya satu atau dua kotak kue khas Malaysia yang bisa dipotong kecil-kecil agar semua bisa ikut mencicipi. Selain itu, Anda juga bisa membawa berbagai macam jajanan kering seperti keripik, kacang, dan lainnya yang bisa masuk ke dalam sisa ruang dalam tas Anda.

Menukar Uang Pecahan

tips mudik 3 - Utamakan Aman dan Nyaman, Cermati Tips Mudik Lebaran Berikut!

Jangan lupa untuk menukarkan pecahan uang beberapa hari sebelum Anda berangkat jika diperlukan. Pisahkan di dalam amplop tersendiri dan simpan di bagian tas yang aman. Selain untuk THR yang akan Anda bagikan di momen Lebaran, pecahan uang kecil juga penting saat perjalanan. Selama Anda di perjalanan, biasanya akan ada ongkos-ongkos di luar dugaan seperti membeli minum, jajan, dan lain-lain. Jika Anda memiliki uang pas, maka mobilitas Anda akan menjadi lebih ringkas dan cepat.

Anda tidak perlu membawa uang banyak saat mudik, untuk menghindari terjadinya kehilangan uang saat di perjalanan. Solusinya adalah, kirim saja uang Anda kepada keluarga di tanah air melalui aplikasi Qelola. Tranfer uang dari Malaysia ke Indonesia bisa Anda lakukan dengan mudah dan murah melalui aplikasi Qelola. Prosesnya juga cepat, dan yang pasti aman.

Baca juga: 5 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank dan Antar Negara Gratis Terpopuler

Itulah beberapa tips mudik lebaran yang bisa Anda coba. Momen lebaran mungkin menjadi saat-saat yang paling langka bagi sebagian orang, terutama Anda yang merantau jauh dari kampung halaman. Oleh sebab itu, jika ada kesempatan untuk mudik, maka gunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Dengan tips mudik yang telah dijelaskan di atas, tentu Anda akan lebih mudah dalam mempersiapkan segala keperluan mudik Anda. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Qelola di smartphone Anda, ya!

Tags: , , , , , , , , ,