Intip Cara Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan dengan KTP

cara cek bpjs kesehatan dengan ktp

Nomor BPJS Kesehatan merupakan salah satu bagian paling penting yang terdapat pada kartu BPJS Kesehatan. Dengan nomor BPJS tersebut, Anda bisa mengetahui status kepesertaan Anda, apakah masih aktif atau tidak. Meskipun sangat penting, namun terkadang banyak orang lupa atau tidak mengetahui nomor BPJS Kesehatan milik mereka sendiri. Oleh karena itu, mengetahui cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan dengan KTP sangat penting untuk diketahui dan dipahami.

Baca juga: Begini Cara Cek Nomor KPJ BPJS, Simak Baik-Baik!

Fungsi dan Peran Penting Nomor BPJS

cara mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan dengan ktp 1 - Intip Cara Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan dengan KTP

Salah satu fungsi utama nomor BPJS adalah digunakan untuk mencetak status kepesertaan. Status kepesertaan BPJS Anda bisa saja berubah dari yang awalnya aktif menjadi non aktif. Status kepesertaan yang dinonaktifkan tersebut biasanya terjadi jika Anda menunggak biaya iuran. Padahal iuran BPJS Kesehatan wajib disetorkan setiap bulan.

Selain itu, nomor BPJS Kesehatan juga penting karena dapat digunakan untuk mencetak kartu kepesertaan BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. 

Cara Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan

Mengingat betapa pentingnya nomor BPJS, lalu apa yang bisa Anda lakukan jika Anda lupa nomor BPJS Kesehatan milik Anda? Bagaimana cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan dengan KTP?

Cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan dengan KTP adalah dengan bertanya melalui akun sosial resmi BPJS Kesehatan. Selain akun Facebook, Anda juga bisa mengetahui berbagai informasi melalui sosial media lainnya yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah Twitter. Di akun Twitter BPJS Kesehatan itulah Anda bisa menanyakan nomor BPJS Kesehatan Anda yang ingin Anda ketahui. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengirimkan beberapa informasi seperti nama lengkap, tanggal lahir, serta nomor KTP atau NIK.

Anda hanya perlu mengirimkan informasi yang diminta seperti yang telah disebutkan di atas melalui fitur Direct Message di Twitter ke akun @BPJSKesehatanRI. Dari informasi yang telah Anda kirimkan tersebut, admin BPJS Kesehatan RI akan bisa mengetahui nomor BPJS Kesehatan Anda dan kemudian akan diinformasikan kepada Anda.

Menghubungi Call Center BPJS Kesehatan

cara mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan dengan ktp 2 - Intip Cara Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan dengan KTP

Selain cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan dengan KTP yang bisa Anda lakukan, ada cara lain yang lebih cepat. Anda hanya perlu menghubungi Call Center BPJS Kesehatan. Melalui sambungan telepon tersebut, Anda bisa menanyakan dan mendapatkan jawaban secara langsung dari pihak BPJS Kesehatan. Namun perlu diingat bahwa cara yang satu ini membutuhkan biaya. Karena Anda harus menyediakan pulsa yang cukup untuk menghubungi Call Center BPJS Kesehatan. Call Center BPJS Kesehatan dapat Anda jangkau dengan cara menghubunginya di nomor 1500 400.

Selain menanyakan informasi mengenai nomor BPJS Kesehatan Anda, melalui Call Center tersebut Anda juga bisa menggunakan layanan konsultasi kesehatan atau mengubah data kepesertaan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pendaftaran kepesertaan untuk Peserta Bukan Penerima Upah atau peserta mandiri.

Memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN

cara mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan dengan ktp 3 - Intip Cara Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan dengan KTP

Dengan mengunduh dan install aplikasi Mobile JKN di smartphone pribadi Anda, Anda bisa dengan mudah mengetahui segala informasi mengenai kepesertaan Anda di BPJS Kesehatan. Ada banyak fitur yang akan mempermudah Anda dalam memperoleh informasi tersebut, di antaranya adalah:

  1. Fitur Peserta, bisa Anda gunakan jika ingin mengetahui informasi nomor BPJS Kesehatan seluruh anggota keluarga Anda. Selain itu, di fitur Peserta Anda juga bisa mengubah data kepesertaan Anda. Salah satu contohnya adalah pindah kelas perawatan atau pindah Faskes. Di fitur ini pula, kartu BPJS Kesehatan Anda bisa Anda lihat secara langsung di layar.
  2. Fitur Pelayanan, berguna bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mendaftarkan kepesertaan pada Faskes Tingkat Pertama.
  3. Fitur Umum, yang berisi informasi lengkap mengenai JKN KIS. Informasi tersebut di antaranya adalah lokasi Faskes Tingkat Pertama hingga Faskes Tingkat Lanjutan, serta lokasi Kantor BPJS Kesehatan.
  4. Fitur Pengaduan Keluhan, yang sangat berguna bagi Anda jika ingin menyampaikan keluhan mengenai layanan BPJS Kesehatan.

Melalui fitur-fitur yang telah disediakan seperti yang disebutkan di atas, maka Anda tidak perlu khawatir lagi jika mengalami kesulitan.

Menggunakan Fasilitas BPJS-Checking

Selain menggunakan KTP, cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan dengan cara mengakses website resmi BPJS Kesehatan. Di website resmi BPJS Kesehatan tersebut, telah tersedia fasilitas BPJS-Checking sebagai cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa fasilitas ini bisa Anda gunakan dengan syarat memasukkan nomor BPJS Kesehatan. Sebagai ganti nomor BPJS milik Anda yang belum Anda ketahui, maka Anda bisa menggunakan nomor BPJS milik salah satu anggota keluarga yang masih terdaftar di Kartu Keluarga Anda. Dengan begitu, proses pengecekan tetap dapat dilakukan.

Terkadang memang masih banyak orang yang lupa dengan nomor BPJS Kesehatan yang dengan jelas sudah tercantum pada kartu peserta. Padahal, mengetahui nomor BPJS itu sangat penting untuk mencari tahu aktif atau nonaktifnya status kepesertaan. Namun, kini Anda tentu lebih lega karena sudah mengetahui informasi mengenai cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan dengan KTP seperti yang sudah disampaikan di atas.

Hanya menggunakan smartphone dalam genggaman, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai nomor BPJS Kesehatan. Sangat mudah dan tidak perlu menyita banyak waktu, bukan? Cara yang mudah, cepat, dan praktis juga bisa Anda rasakan jika Anda mulai menggunakan aplikasi Qelola. Qelola hadir sebagai layanan pembayaran digital yang sangat mudah digunakan. Anda bisa transfer dana dari Malaysia ke Indonesia dengan biaya yang sangat murah. Selain transfer domestik dan internasional, Qelola juga telah dilengkapi banyak fitur lainnya. Unduh aplikasinya di Google Play sekarang!

Tags: , , , , , , ,