Ikuti 5 Cara Menjadi Kaya dengan Bekerja sebagai TKI

cara menjadi kaya

Menjadi seorang TKI kecil kemungkinannya dapat selamanya bekerja di luar negeri. Bekerja di luar negeri menjadi sasaran sementara karena kesempatan kerja dalam negeri yang terbatas. Kesuksesan dan kekayaan hasil bekerja di luar negeri dapat begitu meningkatkan kesejahteraan bagi TKI bersangkutan dan keluarganya di tanah air. Meraih kesuksesan dan menjadi kaya dengan bekerja sebagai TKI menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana cara menjadi kaya dengan bekerja sebagai TKI di luar negeri? Simak penjelasan berikut ini dengan baik.

Cara Menjadi Kaya sebagai TKI di Luar Negeri

1. Cermat Melihat Peluang Baru dan Eksekusi

Untitled design 23 1 - Ikuti 5 Cara Menjadi Kaya dengan Bekerja sebagai TKI

Masalah keberuntungan bukan menjadi faktor utama yang bisa membuat Anda menjadi lebih kaya dan mapan. Akan tetapi lebih kepada faktor kemampuan atau skill Anda untuk melihat peluang dan tidak melewatkannya begitu saja. Kesuksesan adalah orang yang mau bekerja keras dan orang yang senantiasa memanfaatkan segala peluang yang datang. Besar kemungkinan Anda bisa sukses dan kaya raya jika mampu memanfaatkan peluang di depan mata.

2. Simpan Uang Anda dengan Baik

Untitled design 20 1 - Ikuti 5 Cara Menjadi Kaya dengan Bekerja sebagai TKI

Pergunakan penghasilan yang Anda terima dengan baik dan jangan habiskan untuk membeli barang atau kebutuhan yang tidak mendesak. Seberapa banyak penghasilan yang Anda peroleh, tidak akan berarti jika Anda tidak pandai menyimpannya. Lakukanlah penghematan dan selalu cermat mengatur pengeluaran setiap bulan. Dua hal tersebut bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan disiplin diri dan konsisten jika Anda bertekad ingin menjadi orang yang kaya. Ingat, Anda bekerja keras di luar negeri untuk mendapatkan hasil dan menyimpannya sebagai aset berharga yang mendatangkan kekayaan nantinya.

3. Mencatat Segala Pengeluaran Anda

photo 1554224155 8d04cb21cd6c?ixlib=rb 1.2 - Ikuti 5 Cara Menjadi Kaya dengan Bekerja sebagai TKI

Anda harus tahu kemana saja pengeluaran Anda. Catat dengan baik pemasukan dan pengeluaran Anda dalam periode tertentu, misalnya setiap bulan. Apabila Anda ingin berwirausaha, pastikan modal usaha, uang pengeluaran, dan uang yang diterima dari keuntungan, harus Anda pisahkan. Anda pun akan lebih mudah untuk mengelola keuangan Anda selama bekerja di luar negeri.

4. Menjaga Kesehatan Sangatlah Penting

Untitled design 21 1 - Ikuti 5 Cara Menjadi Kaya dengan Bekerja sebagai TKI

Untuk meraih kesuksesan dan kekayaan memang bukanlah perkara yang mudah. Selain harus memiliki obsesi kaya yang kuat, kondisi fisik dan kesehatan Anda juga harus dalam keadaan prima. Jagalah pola hidup mulai dari pola makan, jam tidur, dan rajin berolahraga sebagai modal Anda bekerja dan meraih kesuksesan. Jangan biarkan tubuh Anda kelelahan atau sakit karena terlalu keras bekerja. Justru Anda akan mengeluarkan biaya perawatan yang tidak sedikit jika mengalami sakit karena kelelahan.

5. Mengenal Produk untuk Berinvestasi

Sebagian orang berpikiran investasi adalah jalan pintas untuk menjadi kaya. Ketahuilah, investasi bukanlah jalan pintas untuk menjadi kaya. Investasi adalah kendaraan yang dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan keuangan. Dengan berinvestasi, akan mengamankan masa depan Anda dari hasil bekerja di luar negeri. Berikut ini adalah produk-produk investasi yang harus Anda ketahui.

  • Deposito

Untitled design 19 1 - Ikuti 5 Cara Menjadi Kaya dengan Bekerja sebagai TKI

Sebenarnya deposito kurang tepat dikategorikan sebagai produk investasi karena bunga deposito kurang lebih mirip dengan inflasi. Deposito cocok untuk kebutuhan dana talangan atau dana darurat untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak atau darurat.

  • Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang merupakan produk reksadana yang paling aman. Produk ini berisi deposito dan surat utang yang memiliki jatuh tempo kurang dari 1 tahun lagi. Karena bersifat aman dan mudah dicairkan, reksadana pasar uang cocok untuk kebutuhan dana darurat sama seperti deposito. Perbedaanya dengan deposito, reksadana pasar uang bukan obyek pajak.

  • Logam Mulia Emas

Untitled design 22 1 - Ikuti 5 Cara Menjadi Kaya dengan Bekerja sebagai TKI

Investasi yang aman untuk TKI adalah emas atau menabung emas. Emas sebenarnya kurang cocok disebut investasi karena lebih cocok untuk mengimbangi inflasi (kenaikan harga-harga barang). Anda dapat menabung emas di Bank Syariah dan Pegadaian.

  • P2P Lending

Investasi P2P Lending adalah sebuah website yang mempertemukan orang yang memiliki uang (investor) dengan orang yang mau meminjam uang.

  • Surat Utang Negara Indonesia

Produk investasi yang aman untuk TKI adalah surat utang negara Indonesia. Produk ini berupa Obligasi Ritel Indonesia (ORI), Saving Bond Retail (SBR), Sukuk Ritel (SR), dan Sukuk Tabungan (ST). Anda dapat membeli surat utang negara di bank umum seperti BRI, Mandiri, BNI, BCA, dan lain sebagainya. Kabar baiknya, Anda bisa membayar surat utang negara Indonesia melalui mitra pengiriman uang luar negeri seperti MoneyGram dan lainnya.

Tentu Anda memerlukan aplikasi pengelola keuangan yang praktis sebagai salah satu cara menjadi kaya. Qelola merupakan dompet digital yang menyediakan layanan pembayaran tagihan rutin, seperti tagihan listrik, air, pajak motor, pendidikan keluarga di rumah secara mudah. Anda bisa melakukan transaksi kirim uang ke luar negeri dengan biaya murah. Dengan perencana keuangan, Anda dapat dengan mudah mengelola uang, baik untuk pengeluaran atau bahkan untuk tabungan dan investasi. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran secara aman. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , ,