Mudah! Mengelola Keuangan saat Bekerja di Luar Negeri

Remittance

Malaysia termasuk negara yang cukup maju di kawasan Asia Tenggara. Kebudayaan dan keadaan geografis yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia dinilai menguntungkan. Hal ini membuat sebagian besar masyarakat Indonesia memilih Malaysia sebagai salah satu alternatif tujuan untuk bekerja di luar negeri. Bagi para TKI, perlu untuk mengelola keuangan dari gaji yang diperoleh selama bekerja di Malaysia. Simak tips mengatur keuangan yang baik agar aman selama di luar negeri berikut ini.

  • Menukar Uang di Negara Tujuan

photo 1532629345422 7515f3d16bb6?ixlib=rb 1.2 - Mudah! Mengelola Keuangan saat Bekerja di Luar Negeri

Lakukan penukaran uang setibanya di negara tujuan supaya lebih gampang dan tidak merepotkan. Perhatikan tempat penukaran uang yang Anda pilih karena akan mempengaruhi rate atau nilai tukar. Opsi yang paling dianjurkan adalah dengan menukar uang di bank lokal setempat terutama bank-bank Eropa yang dikenal memiliki converted rate yang bagus. Anda juga bisa memilih fasilitas money changer lainnya yang memiliki rate penukaran yang bagus dan tidak memiliki potongan komisi.

  • Catatlah Semua Kebutuhan Anda

Hal pertama yang dilakukan saat akan mengelola keuangan adalah mencatat semua kebutuhan Anda sehari-hari. Buatlah skala prioritas dengan menyesuaikan kebutuhan paling penting dan pokok. Anda harus mengetahui kebutuhan yang wajib Anda penuhi dan dahulukan. Misalnya utamakan kebutuhan makan, sewa tempat tinggal, membayar berbagai tagihan, dan kebutuhan pokok lainnya. Usahakan hilangkan perilaku konsumtif dan boros dalam pembelian kebutuhan yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Hal ini akan membantu mengamankan keuangan Anda di kemudian hari apabila ada kebutuhan tidak terduga lainnya.

  • Konsisten Membuat Anggaran Keuangan Bulanan

Buatlah anggaran yang berisi pengeluaran Anda dalam sebulan secara konsisten. Pembuatan anggaran bulanan ini merupakan cara yang tepat dan cermat dalam membuat daftar kebutuhan yang dibutuhkan setiap bulannya. Tak lupa sisihkan uang untuk kebutuhan tidak terduga dan pastikan keuangan Anda cukup untuk sebulan kedepan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kesulitan akibat mengalami defisit keuangan. Selalu diingat Anda harus mematuhi anggaran yang telah Anda buat.

  • Mendaftar Polis Asuransi Kesehatan

Pertimbangkan memiliki asuransi kesehatan untuk melindungi Anda selama hidup di luar negeri. Tentu hal ini akan membantu dan meringankan beban apabila suatu saat Anda mengalami sakit. Anda akan mendapatkan perawatan kesehatan yang memadai meskipun tidak seluruh biaya dapat ditanggung oleh asuransi.

  • Cari Pendapatan Tambahan

Apabila Anda menginginkan pemasukan lebih, coba cari pekerjaan sampingan atau side job yang bisa Anda kerjakan. Anda bisa mencari pendapatan tambahan dengan bekerja paruh waktu dan disarankan bisa dikerjakan di mana saja (remote working). Atur waktu dengan baik dan Anda harus pastikan pekerjaan sampingan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Cara ini tidak perlu dilakukan apabila Anda merasa cukup dengan gaji yang diperoleh atau terdapat peraturan yang melarang dari perusahaan.

  • Manfaatkan Remittance Jika Tinggal Cukup Lama

REMITTANCE 250x167 - Mudah! Mengelola Keuangan saat Bekerja di Luar Negeri

Bekerja di luar negeri tentu memakan waktu yang tidak sebentar. Anda tidak mungkin bisa mengambil uang dalam jumlah besar untuk kebutuhan beberapa bulan secara sekaligus. Jika Anda mengambil uang secara rutin dalam jangka waktu berdekatan, biaya penarikan dan biaya conversion rate-nya bisa cukup besar.

Solusi untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan jasa remittance atau transfer yang ke luar negeri, seperti Western Union atau MoneyGram. Caranya Anda cukup mengirim uang secara online dan menunjukkan buku identitas ketika mengambil lewat kantor pelayanan remittance. Pemanfaatan remittance ini cukup efektif meskipun membutuhkan waktu uang sampai dengan biaya pengiriman yang kecil dan nilai tukar yang bagus.

  • Membuat Tabungan Khusus

Tidak ada salahnya Anda membuat tabungan khusus untuk membeli barang yang mungkin Anda inginkan. Pisahkan antara tabungan khusus untuk memenuhi keinginan dan tabungan untuk investasi jangka panjang. Menabung merupakan suatu hal yang mudah apabila ada kemauan dan konsistensi. Ingat kan pepatah “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”.

  • Jaga Selalu Komitmen dalam Mengelola Keuangan

Poin terpenting dalam hal mengelola keuangan adalah komitmen dengan segala yang sudah direncanakan sejak awal. Hal ini menjadi keharusan terutama bagi Anda yang akan tinggal di luar negeri. Landasi komitmen dan disiplin yang kokoh untuk diri Anda agar bisa bertahan hidup di luar negeri dengan mengamankan keuangan. Prinsip dalam mengelola keuangan adalah “Mendahulukan kebutuhan sebelum keinginan”.

Pastikan Anda dapat secara bijak merencanakan mengelola keuangan dengan baik. Terlebih lagi jika Anda seorang pekerja di Malaysia, tentunya Anda akan membagi penghasilan Anda untuk mencukupi kebutuhan keluarga di Indonesia, bukan? Segera unduh aplikasi Qelola untuk menikmati kemudahan mengirim uang dan membayarkan biaya pendidikan, tagihan listrik dan air, dan sebagainya dari Malaysia! Anda hanya perlu menggunakan smartphone untuk proses transaksi ini. Mudah bukan? Dapatkan informasi lengkap tentang kehidupan di Malaysia pada website Qelola. Tunggu apalagi?

Tags: , , , , , , , ,