Beginilah Definisi BPJS TK dan Keuntungannya untuk TKI

BPJS TK

BPJS TK merupakan salah satu bentuk perlindungan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat melalui pemberian jaminan sosial. Oleh karena itu, siapa pun yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) wajib terdaftar dalam Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). Tak terkecuali Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang wajib memiliki BPJS TK. Setiap TKI wajib mendaftarkan diri ke BPJS TK untuk mendapat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Lalu, apa sebenarnya BPJS TK dan keuntungan yang diperoleh TKI dari hal tersebut? Berikut ulasan terkait BPJS TK yang wajib Anda tahu.

BPJS TK: Bentuk Peralihan Dari Asuransi TKI

Sebelum BPJS Ketenagakerjaan menyediakan program perlindungan, sudah ada program Asuransi TKI yang memberikan jaminan perlindungan untuk TKI. Namun, banyaknya kasus yang merugikan TKI menjadi alasan pemerintah untuk membuat peralihan dari Asuransi TKI menjadi BPJS TK bagi TKI. Kasus yang merugikan tersebut seperti telat klaim dan kurangnya informasi seputar asuransi yang didapat TKI. Hal ini diketahui dan disampaikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga pemerintah akhirnya membuat keputusan tersebut.

Peralihan ini semakin diperkuat oleh UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Asuransi TKI awalnya dikelola Konsorsium Asuransi TKI seperti Jasindo, Astindo, dan Mitra TKI. Sejak peralihan dan pergantian nama menjadi BPJS TK, jaminan perlindungan untuk TKI resmi dikelola oleh BPJS.

Keuntungan Terdaftar dalam BPJS TK

life health insurance policy concept idea finance insurance 1421 87 - Beginilah Definisi BPJS TK dan Keuntungannya untuk TKI

Keuntungan utama BPJS TK adalah memberikan proteksi finansial kepada TKI. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan keuntungan yang tidak didapat dari Asuransi TKI, di antaranya:

  1. Iuran dengan biaya terjangkau dan manfaat perlindungan yang komprehensif.
  2. Akses yang mudah dengan tersedianya 122 kantor cabang dan 203 kantor perintis di Indonesia.
  3. Akses didukung dengan sistem yang memadai.
  4. Diperkuat jaringan perbankan yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, baik dalam negeri maupun luar negeri.
  5. Pelayanan diberikan di 6.055 unit rumah sakit/fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.
  6. Sistem yang dipakai BPJS Ketenagakerjaan memudahkan pembayaran iuran dan klaim.
  7. Adanya jaminan dari pemerintah yang tertuang dalam UU No. 40 Tahun 2004 tentang SJSN dan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS.

Biaya BPJS TK Cukup Terjangkau

coins stacked pile calculator open book 125873 51 - Beginilah Definisi BPJS TK dan Keuntungannya untuk TKI

Dengan mendaftarkan diri dalam BPJS TK, TKI akan terproteksi dalam program perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan. Dibandingkan dengan Asuransi TKI, iuran BPJS ini terbilang lebih murah. Jika iuran Asuransi TKI sebesar Rp400.000, iuran untuk BPJS TK hanya sebesar Rp370.000.

Iuran BPJS Ketenagakerjaan khusus TKI sebesar Rp370.000 tersebut secara rinci biaya tersebut meliputi:

  1. JKK+JKM sebelum penempatan ke negara tujuan: Rp370.000.
  2. JKK+JKM selama dan setelah penempatan: Rp333.000.
  3. Jika TKI ingin ikut program JHT, ada iuran tambahan sekitar Rp105.000 hingga Rp600.000 yang nantinya dimasukkan ke iuran.

Program BPJS Ketenagakerjaan untuk TKI 

Dengan iuran sebesar Rp370.000 tersebut, TKI berhak mendapatkan program BPJS TK, di antaranya:

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

medical stethoscope patient medical history list doctor uniform 93956 321 - Beginilah Definisi BPJS TK dan Keuntungannya untuk TKI

Memberikan proteksi finansial atas risiko-risiko yang bisa terjadi selama bekerja. Program JKK sifatnya wajib diikuti TKI. Beberapa manfaat yang didapat TKI dari JKK adalah sebagai berikut:

  1. Pelayanan kesehatan (perawatan dan pengobatan) sampai sembuh tanpa ada batasan biaya.
  2. Penggantian biaya pengangkutan, seperti angkutan darat (sungai atau danau) sebesar Rp1.000.000, angkutan laut sebesar Rp1.500.000, angkutan udara sebesar Rp2.500.000 (memakai lebih dari satu angkutan maka diganti sebesar penjumlahan biaya dari angkutan masing-masing).
  3. Santunan cacat, seperti cacat total sebesar Rp100 juta, santunan berkala cacat total sebesar Rp4,8 juta (dibayar sekaligus), cacat sebagian anatomis dengan perhitungan sesuai yang telah ditetapkan.
  4. Pemberian alat bantu (orthese) dan alat ganti (prothese).
  5. Penggantian biaya gigi tiruan senilai Rp3.000.000.
  6. Santunan meninggal dunia karena kecelakaan kerja sebesar Rp85 juta.
  7. Beasiswa untuk 1 (satu) anak peserta (yang meninggal dunia) hingga lulus perguruan tinggi.
  8. Meninggal dunia akibat kekerasan, termasuk seksual, akan ditanggung JKK.

2. Jaminan Kematian (JKM) 

Program ini memberikan proteksi finansial kepada ahli waris atau keluarga atas risiko-risiko yang menyebabkan peserta meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja. Manfaat yang diberikan JKM, antara lain:

  1. Santunan kematian sebesar Rp85 juta.
  2. Santunan berkala sebesar Rp4,8 juta dibayar sekaligus.
  3. Biaya pemakaman senilai Rp3 juta.
  4. Santunan sekaligus senilai Rp16,2 juta.
  5. Beasiswa untuk 1 (satu) anak peserta (yang meninggal dunia) hingga lulus perguruan tinggi.

3. Jaminan Hari Tua (JHT)

JHT memiliki peran sebagai dana pensiun yang memberikan proteksi finansial ketika peserta pensiun nanti. Berbeda dengan JKK dan JKM, program JHT bagi TKI sifatnya tidak wajib. Manfaat yang didapat TKI dengan ikut program JHT, antara lain:

  1. Bebas risiko dan return yang diberikan lebih dari bunga deposito bank BUMN.
  2. Dapat layanan tambahan berupa diskon di merchant tertentu, Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan Pinjaman Renovasi Rumah (PRR).

Membayar BPJS TK Melalui Qelola

Hambatan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam BPJS Ketenagakerjaan ini umumnya pada pembayaran iuran yang memakan waktu dan proses yang lama. Pekerja harus sering datang ke kantor BPJS atau bank yang melayani pengiriman uang hanya untuk membayar iuran ini. Bagi TKI yang ada di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya. Melalui Qelola, Anda bisa membayar BPJS secara praktis, cepat, dan mudah.

Qelola merupakan aplikasi pembayaran online serta transfer uang domestik dan internasional yang dapat dimanfaatkan oleh TKI di Malaysia. Selain BPJS, Anda juga bisa membayar tagihan listrik, air, pulsa, hingga voucher game melalui aplikasi ini. Menarik bukan? Yuk, langsung saja klik disini untuk download aplikasi Qelola sekarang juga dan nikmati kemudahannya.

 

Tags: , , , , ,