Kreatif! Intip 3 Ide Usaha Sampingan untuk Para TKI

usaha sampingan

Situasi keuangan yang serba sulit di Indonesia seringkali menjadi alasan utama untuk menjadi buruh migran di negeri orang. Tidak jarang yang berhasil dan mampu mengangkat perekonomian, namun tidak sedikit pula yang gagal dan tidak mendapatkan apa-apa setelah pulang ke tanah air. Menjadi TKI memang dianggap sangat menjanjikan karena gaji bulanannya yang besar. Namun jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, maka gaji yang besar tersebut akan habis begitu saja. Mengingat menjadi TKI memiliki masa waktu sesuai kontrak, maka Anda harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan. Dengan banyaknya gaji yang didapatkan, yang menjadi salah satu kebiasaan buruk para TKI adalah mereka terlena dan melupakan peluang usaha sampingan yang semestinya bisa dijalankan pada saat bersamaan.

Baca juga: Qelola, Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik di Malaysia

Persiapan Sebelum Menjalankan Usaha Sampingan

 

usaha sampingan 4 - Kreatif! Intip 3 Ide Usaha Sampingan untuk Para TKI

Memulai usaha samping bagi sebagian orang menjadi tantangan yang besar. Hal ini disebabkan karena banyaknya pikiran yang menghantui saat akan memulainya. Seperti takut gagal, takut tidak diterima oleh masyarakat, dan lain sebagainya. Padahal Anda tidak akan mengetahui bagaimana usaha tersebut akan berkembang jika Anda tidak segera memulainya. Cobalah ikuti beberapa langkah berikut ini untuk memulai usaha kecil dengan sukses.

  1. Mencari ide bisnis yang paling cocok dan sesuai dengan keinginan Anda.
  2. Setelah menentukan jenis usaha, selanjutnya Anda perlu membuat rencana usaha (business plan) dengan matang.
  3. Kalkulasi modal dan memperkirakan laba dengan teliti. Semua biaya-biaya yang dikeluarkan pada saat memulai usaha, perlu dicatatkan sebagai modal usaha yang nantinya bisa digunakan untuk memperkirakan laba usaha.
  4. Melakukan survey pemasaran yang bertujuan untuk mengetahui tingkat persaingan, pangsa pasar, dan potensi usaha yang akan Anda rintis.

Ide Peluang Usaha untuk TKI

usaha sampingan 2 - Kreatif! Intip 3 Ide Usaha Sampingan untuk Para TKI

Gaji yang besar tidak dapat menjamin kehidupan Anda sebagai TKI kelak setelah masa kontrak kerja habis. Anda tidak bisa hanya mengandalkan gaji yang dikumpulkan setiap bulan dan dikirimkan ke kampung semata. Namun harus ada bisnis lain yang menghasilkan pundi-pundi rupiah di tanah air, tapi tidak mengganggu pekerjaan utama Anda sebagai TKI. Gaji yang Anda kumpulkan dapat dijadikan sebagai modal usaha sampingan yang dapat dijalankan oleh keluarga di tanah air. Namun Anda perlu mencari bisnis yang tepat yang masih banyak dibutuhkan oleh lingkungan sekitar. Dengan begitu, investasi yang Anda keluarkan tidak akan sia-sia. Berikut ini, ada 4 peluang usaha sampingan yang cocok untuk para TKI yang perlu Anda cermati:

1. Berjualan Pulsa dan Paket Internet

Hampir semua orang pasti setuju bahwa pulsa dan paket internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup. Apalagi dengan semakin meningkatnya penjualan smartphone di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk mulai berjualan pulsa dan paket internet. Bisa dibilang peluang bisnis pulsa dan paket internet ini sangat menguntungkan dan menarik untuk Anda coba. Anda bisa membuka konter kecil-kecilan di rumah, selain itu juga bisa secara online.

2. Usaha Warung Kopi

Salah satu jenis usaha yang ini, bisa Anda jalankan di kampung halaman meskipun Anda masih berada di luar negeri. Jika dibandingkan dengan rumah makan, modal untuk usaha warung kopi tidak terlalu besar. Namun, keuntungan yang didapatkan tidak kalah besarnya. Jika biasanya warung kopi selalu identik dengan kursi panjang yang di dalamnya tersedia aneka telur setengah matang, indomie, dan bubur kacang hijau. Maka Anda bisa membuka warung kopi dengan konsep yang berbeda dan lebih unik. Misalnya Anda bisa membuat warung kopi yang bangkunya dari ban bekas dan mejanya dari drum bekas.

3. Membuka Jasa Pengetikan

Jasa pengetikan ini umumnya paling laku di daerah sekitar sekolah atau kampus. Banyak siswa dan mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas sekolah, tugas kuliah, hingga skripsi. Ide ini cocok dijadikan sebagai usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, Anda bisa menghasilkan uang. Tarif yang digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Dan yang pasti, usaha ini tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar usaha. Karena Anda hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yaitu komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lainnya.

Kisah Inspiratif TKI Sukses

Untitled design 4 - Kreatif! Intip 3 Ide Usaha Sampingan untuk Para TKI

Selama ini banyak pemberitaan tentang TKI, yang sering ditonjolkan adalah sisi kelamnya. Tapi, di balik berita media massa yang didominasi oleh kisah tragis itu, ternyata ada beberapa TKI sukses yang kisah hidupnya menginspirasi. Salah satu di antaranya adalah Eli Astuti Dewi, mantan TKI di Malaysia asal Lampung Timur yang kini sukses menjadi pengusaha keripik jamur.

Kisahnya berawal saat Dewi bekerja di Singlun Garment Sdn Bhd, Johor Bahru, Malaysia pada tahun 2007. Di perusahaaan garmen tersebut Dewi bertugas sebagai operator mesin jahit yang digaji RM14 per hari. Kemudian tahun 2010, Dewi memutuskan untuk kembali ke tanah air. Kemudian di akhir tahun 2014 Dewi mulai membuka diri dan mengikuti organisasi Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI). Pada Oktober 2015, dia berkesempatan untuk mengikuti pelatihan Pemberdayaan TKI Purna dari program BNP2TKI tentang cara berbudidaya jamur tiram.

Mulai 2017, Dewi  berusaha untuk mengembangkan usahanya menjadi budidaya dan pengolahan jamur. Dewi mengawalinya dengan membuat keripik jamur dan ternyata mendapat respon dari Dinas UMKM dan Dinas Perindag Lampung Timur. Usahanya tersebut membuahkan hasil dan berkembang pesat. Kini, Dewi yang memiliki usaha keripik jamur GRES (Gurih Renyah Enak Sehat) adalah seorang wirausahawan yang penuh percaya diri, optimistis, dan menjadi inspirasi bagi PMI Purna atau mantan TKI lainnya.

Baca juga: Begini Cara Melakukan Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Aman

Kisah inspiratif TKI sukses tersebut bisa menjadi motivasi Anda untuk menjalankan usaha sampingan di tanah air. Jika sudah berhasil memulai usaha, pastikan pengelolaan keuangan Anda tepat. Jika tidak, usaha yang sudah susah payah Anda rintis bisa terkena imbasnya. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan transaksi setiap saat dari Malaysia ke Indonesia, Anda bisa mengunduh aplikasi Qelola di Google Play. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk transfer uang dengan biaya administrasi yang sangat murah. Dengan begitu, dana yang Anda kirimkan akan terjaga nilainya. Coba aplikasi Qelola untuk mengetahui berbagai fitur lainnya.

Tags: , , , , , , , ,