Cari Peluang Pekerjaan di Luar Negeri? Begini Caranya

peluang pekerjaan

Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan peluang pekerjaan di luar negeri, di Malaysia misalnya? Bagi sebagian besar orang, gaji yang lebih besar, pengalaman, serta lingkungan kerja yang lebih baik menjadi beberapa alasan mengapa mereka mencari peluang pekerjaan di luar negeri. Ada beberapa negara yang menjadi tujuan utama bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang mencari pekerjaan di luar negeri, salah satunya adalah negara Malaysia.

Baca juga: Hidup Hemat Meski di Luar Negeri? Mulai dengan 5 Tips Ini

Peluang Kerja di Malaysia

peluang pekerjaan 1 - Cari Peluang Pekerjaan di Luar Negeri? Begini Caranya

Saat pergi merantau ke luar negeri, Malaysia merupakan negara tujuan yang pas jika Anda masih belum berani untuk menghadapi budaya yang jauh berbeda dengan Indonesia. Selain bahasa yang tidak jauh berbeda, Malaysia juga memiliki adat istiadat yang tidak jauh berbeda pula dengan Indonesia. Hal ini karena Malaysia dan Indonesia berada dalam satu rumpun yang sama. Jadi tidak heran jika lingkungan, bahkan makanannya, tidak jauh berbeda dengan yang biasa Anda temukan di Indonesia.

Para WNI yang bekerja di Malaysia hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 129 ribu jiwa. Mereka mendapatkan peluang pekerjaan yang berbeda-beda, ada yang bekerja sebagai profesional, dan ada juga yang bekerja di sektor domestik. Untuk tenaga profesional di Malaysia, kisaran penghasilannya dimulai dari angka RM3.000. Hal ini dilatarbelakangi oleh ketentuan gaji minimal RM3.000 untuk mendapatkan izin masuk Malaysia sebagai pekerja (Employment Pass). Namun perlu diingat, bahwa pekerja asing yaitu WNI yang bekerja di Malaysia wajib membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku. Pajak akan dipotong langsung dari penghasilan yang diperoleh setiap bulan. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada agensi atau kantor tempat Anda bekerja nantinya mengenai ketentuan pajak ini. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan diri, minimal pada enam bulan pertama, atau hingga Anda mapan dengan penghasilan yang Anda dapatkan selama bekerja di sana.

Kiat Mendapatkan Peluang Pekerjaan di Luar Negeri

peluang pekerjaan 2 - Cari Peluang Pekerjaan di Luar Negeri? Begini Caranya

Meskipun ada berbagai macam hal yang harus Anda ketahui tentang bagaimana cara melamar pekerjaan di luar negeri, namun proses ini sekarang tidak sesulit di masa lalu. Teknologi lah yang akan memudahkan Anda untuk menemukan dan melamar pekerjaan di luar negeri. Anda perlu melakukan penelitian dan memastikan bahwa Anda telah memenuhi seluruh persyaratan sebelum melamar pekerjaan tertentu di luar negeri.

  1. Pertama-tama, Anda perlu meneliti negara-negara yang akan Anda tuju. Anda harus mengetahui informasi-informasi praktis, misalnya jenis visa dan imunisasi yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda juga harus memahami budaya dan kondisi hidup di negara tersebut. Cari tahu biaya hidup untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan layak. Pahami juga informasi terkait keamanan, fasilitas kesehatan, hingga peringatan perjalanan.
  2. Selanjutnya, Anda perlu mencari tahu tentang berbagai cara melamar pekerjaan di negara tujuan Anda ingin bekerja. Terdapat berbagai cara untuk melamar pekerjaan di luar negeri yang bisa Anda cermati.
  3. Carilah posisi pekerjaan internasional di situs pencari kerja. Sebaiknya Anda jangan hanya berkonsentrasi pada situs lowongan pekerjaan yang menyediakan posisi luar negeri saja. Tetapi gunakan pula situs lowongan kerja biasa dan perusahaan-perusahaan rekrutmen. Organisasi-organisasi besar yang beroperasi secara internasional bisa saja mengiklankan posisi luar negeri bersama dengan posisi lokal.

Bersiap Bekerja di Luar Negeri

peluang pekerjaan 3 - Cari Peluang Pekerjaan di Luar Negeri? Begini Caranya

Sebagian besar perusahaan di luar negeri tidak akan mempertimbangkan lamaran kerja Anda jika Anda belum memiliki visa atau surat izin kerja. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memahami dan mampu memenuhi persyaratan visa atau izin kerja sebelum melamar kerja di luar negeri. Pada umumnya, Kedutaan Besar negara tujuan Anda akan memberikan informasi tentang tata cara mendapatkan visa secara lengkap. Jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda memiliki paspor yang sesuai sebelum bertanya tentang cara mendapat visa.

Selanjutnya, pertimbangkan persyaratan kecakapan bahasa. Syarat kecakapan bahasa biasanya bervariasi tergantung tipe pekerjaan yang Anda minati. Pastikan Anda memahami dan dapat memenuhi harapan pihak pemberi kerja sebelum Anda melamar pekerjaan. Walaupun Anda tidak dituntut untuk mahir dalam menggunakan bahasa lokal agar dapat diterima bekerja, namun kemampuan menguasai frasa-frasa dasar akan membuat hidup Anda di luar negeri lebih mudah.

Itulah beberapa informasi penting yang mungkin sangat Anda perlukan saat mencari peluang pekerjaan di luar negeri. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa gaji yang akan diperoleh saat bekerja di luar negeri lebih besar daripada di dalam negeri. Itulah mengapa banyak WNI yang lebih memilih pergi ke luar negeri untuk mencari rejeki. Dan memang sudah menjadi catatan tersendiri jika Indonesia merupakan salah satu pemasok aktif tenaga kerja untuk berbagai negara, termasuk Malaysia.

Kerja di Malaysia? Jangan lewatkan untuk menggunakan aplikasi Qelola di smartphone Anda. Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai macam transaksi dengan praktis. Seperti beli pulsa, kirim uang, bayar tagihan PDAM, listrik, dan lain sebagainya. Caranya mudah, Anda harus unduh aplikasinya terlebih dahulu. Lalu daftarkan diri Anda. Kemudian, isikan saldo pada dompet digital Qelola, dan Anda sudah bisa mulai bertransaksi.

Tags: , , , ,