Cara Mudah Kirim Barang dari Malaysia ke Indonesia

kirim barang dari malaysia ke indonesia

Selain perjalanan orang-orang dari satu negara ke negara lainnya, kegiatan perpindahan lain yang paling banyak terjadi adalah perpindahan barang. Baik itu barang perdagangan, barang sehari-hari ataupun berbagai kebutuhan. Terkhusus untuk TKI yang bekerja di Malaysia, proses kirim barang dari Malaysia ke Indonesia pastinya sering terjadi. Dan untuk itu diperlukan proses kirim barang dari Malaysia ke Indonesia yang cukup simpel. Sehingga tidak menjadi beban ketika sering dilakukan. Sebenarnya proses kirim barang dari Malaysia ke Indonesia di zaman serba modern dan canggih seperti sekarang sudah semakin mudah dan cepat. Bahkan hampir sama dengan pengiriman barang antar pulau di Indonesia. Hanya saja ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi ketika barang tersebut melalui batas negeri. Beberapa syarat tersebut yakni perhitungan yang menggunakan kurs dollar, memerlukan dokumen agar lolos pengecekan bea cukai dan lain sebagainya. Namun artikel kali ini baru akan memberikan penjelasan bagaimana cara pengiriman barang luar negeri dan tips agar barang selamat sampai tujuan.

Cara Pengiriman Barang Luar Negeri

EP 19 2 - Cara Mudah Kirim Barang dari Malaysia ke Indonesia

Sumber: https://cargonesia.com/

1. Booking Online

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, Anda bisa membuat pesanan pengiriman barang secara online di manapun Anda berada. Cari laman website pengiriman luar negeri yang Anda suka, cari nama negara yang dituju, dalam hal ini Indonesia.

2. Pilih Paket Pengiriman

Setelah langkah pertama dilakukan, kemudian pilih jenis barang dan berat barang yang akan dikirim.

3. Lengkapi Formulir Pemesanan Layanan

Isilah formulir dengan data diri Anda secara lengkap dan usahakan untuk mengisis setiap kolom yang diberi tanda bintang. Lanjutkan dengan mengisis identitas penerima paket di negara tujuan.

4. Lakukan Pembayaran

Setelah pengisian formulir selesai, biasanya Anda akan diminta membayar biaya pengiriman. Pembayaran sebaiknya dilakukan melalui transfer bank untuk mencegah adanya penipuan.

5. Penjemputan Paket oleh Kurir

Setelah tanda terima pembayaran sudah berada di tangan petugas dan sudah diperiksa, selanjutnya kurir akan datang menjemput barang yang akan Anda kirim. Biasanya pihak kargo akan memberikan surat jalan melalui e-mail untuk menjaga keamanan penjemputan serta kondisi barang Anda.

6. Cek Status

Tahap selanjutnya Anda tinggal menunggu pengiriman barang sambil sesekali melakukan cek status.

Itulah beberapa cara pengiriman barang dari Malaysia ke luar negeri. Sama dengan proses ketika Anda mengirim barang di dalam negeri bukan? Apabila Anda masih kurang percaya bahwa segala sesuatunya dilakukan secara online, maka Anda bisa langsung membawa barang Anda ke kantor kargo atau pengiriman barang yang terpercaya.

Tips Mengirim Barang Luar Negeri

EP 19 1 - Cara Mudah Kirim Barang dari Malaysia ke Indonesia

Sumber: http://bctemas.beacukai.go.id/

Walaupun proses pengiriman barang luar negeri ini terlihat sama dengan proses pengiriman barang secara lokal, namun tetap ada hal yang membedakannya. Terutama bagi Anda yang memilih untuk mengirim melalui jasa pengiriman paket dan bukan kargo. Hal-hal yang harus diperhatikan yakni sebagai berikut.

Cerdas Memilih Harga

Setiap kurir memiliki biaya pengiriman luar negeri yang berbeda-beda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh kurs dollar, pembayaran menggunakan paypal, ada juga yang menggunakan nilai rupiah dan transfer bank. Lakukan pencarian terlebih dahulu dan pilih kurir dan sistem pembayaran yang lebih hemat.

Kemas Barang dengan Baik

Anda tidak mengetahui bagaimana kurir memperlakukan barang Anda. Oleh karena itu kemas barang sebaik mungkin. Bila perlu beri lapisan yang cukup banyak agar tidak mudah hancur walaupun terkena goncangan.

Beri Label pada Kemasan

Barang pecah belah, cairan serta barang-barang sensitif lain sangat rentan mengalami kerusakan pada saat pengiriman. Sebaiknya berikan label apabila Anda tidak ingin ada action tertentu yang dilakukan pada barang Anda. Selain itu, pastikan juga alamat yang Anda tulis tidak ada kesalahan.

Gunakan Jasa Asuransi Pengiriman Paket Luar Negeri

Mengirim paket ke luar negeri akan semakin aman apabila telah menggunakan layanan asuransi pengiriman barang. Karena, asuransi akan membuat perasaan Anda tetap nyaman sampai paket benar-benar sampai tujuan tanpa takut rusak atau hilang. Jika memang terjadi kerusakan atau kehilangan, maka pihak asuransi tersebut akan mengembalikan sejumlah uang atau barang sesuai dengan kesepakatan.

Dokumentasikan Paket Sebelum Dikirim

Untuk memastikan paket yang akan dikirim sampai tujuan tanpa kerusakan adalah melakukan dokumentasi berupa foto, dan duplikat dokumen. Kirim dokumentasi tersebut kepada penerima dan minta mereka memastikan apakah paket sampai dalam keadaan normal atau tidak.

EP 19 3 - Cara Mudah Kirim Barang dari Malaysia ke Indonesia

Sumber: https://id.techinasia.com/

Jika pengiriman barang saja sudah sesimpel ini, maka tentu saja pengiriman uang akan jauh lebih mudah. Apalagi dibantu oleh aplikasi Qelola yang khusus menangani transfer luar negeri. Selain itu, Qelola juga akan membantu proses pembayaran segala jenis tagihan Anda di Indonesia, walaupun Anda sedang berada di luar negeri. Aplikasi Qelola lebih terjangkau lagi karena dapat didownload dan install di smartphone dengan mudah.  

 

Tags: , , , , ,