Intip Cara Menghilangkan Rasa Jenuh dalam Bekerja

Cara Menghilangkan Rasa Jenuh

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa menjalankan pekerjaan yang sama setiap hari akan membuat pikiran menjadi jenuh. Apalagi jika tugas-tugasnya sudah menumpuk, terikat dengan deadline, hingga menyebabkan tidak ada waktu untuk bersantai. Hal ini tentu saja akan membuat stres kerja. Apabila Anda mengalami hal semacam ini, percayalah bahwa semua orang yang sedang bekerja juga merasakan itu. Jadi, Anda tidak perlu cemas berlebihan. Jenuh dalam bekerja merupakan sesuatu hal yang wajar. Namun meskipun wajar, Anda sebaiknya tidak perlu selalu mengeluh. Apalagi jika Anda sampai memutuskan untuk resign hanya karena jenuh dengan pekerjaan Anda saat ini. Sebenarnya, rasa jenuh itu bisa diatasi dengan mudah. Jika Anda bingung bagaimana cara menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja, coba baca tips-tips di bawah ini.

Baca Juga: Tips Menerapkan Sikap Positif dalam Bekerja yang Perlu Anda Ketahui

1. Meluangkan Waktu untuk Rehat Sejenak

Cara Menghilangkan Rasa Jenuh 1 - Intip Cara Menghilangkan Rasa Jenuh dalam Bekerja

Terlalu fokus bekerja sering kali membuat Anda lupa waktu. Tentunya hal itu tidak baik jika Anda lakukan terus menerus. Sebab, jika Anda memaksakan otak untuk terus bekerja bahkan di saat pikiran Anda sebenarnya sudah jenuh, maka akibatnya produktivitas Anda akan menurun. Cara menghilangkan rasa jenuh yang pertama adalah, ketika Anda mulai lelah, Anda perlu meluangkan waktu untuk rehat sejenak. Tidak perlu lama, minimal 30 menit saja Anda bisa pergi ke luar, duduk di taman, dan menghirup udara segar. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih rileks. Jangan lupa untuk minum air mineral, dan makanlah sesuatu. Dan lihatlah, semangat Anda akan tumbuh kembali.

2. Mencari Tahu Penyebab Kejenuhan

Munculnya kejenuhan saat bekerja pasti ada penyebabnya. Nah, coba Anda identifikasi penyebab dari rasa jenuh tersebut secara spesifik. Apakah dikarenakan pekerjaan yang terlalu banyak, atau karena tugas yang menumpuk? Atau mungkin juga karena deadline yang terlalu singkat? Rekan kerja yang tidak baik, atau justru masalah gaji yang tidak sesuai? Atau ada hal lainnya yang sebenarnya sedang mengganggu pikiran Anda? Dengan mengetahui penyebab dari kejenuhan tersebut, maka Anda akan menemukan cara menghilangkan rasa jenuh tersebut. Misalnya saja, Anda merasa pekerjaan terlalu berat, maka Anda bisa berkonsultasi dengan Manager Anda sehingga dia bisa membantu mengatasi permasalahan Anda.

3. Melakukan Hal Menyenangkan

Cara Menghilangkan Rasa Jenuh 2 - Intip Cara Menghilangkan Rasa Jenuh dalam Bekerja

Cara menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja selanjutnya adalah dengan mencoba melakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya saja, Anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik, atau sambil makan makanan ringan. Jika pekerjaan Anda cukup santai, Anda juga bisa menyelingi dengan bermain game atau nonton film pendek. Namun, jika aktivitas tersebut justru akan semakin mengganggu konsentrasi Anda, maka sebaiknya Anda tidak melakukannya. Hal ini bergantung pada kebiasaan Anda, jika memang Anda menyukai bekerja secara sendirian dan fokus pada tugas saja, maka lakukan saja hal itu. Intinya, buatlah diri Anda merasa nyaman selama bekerja.

4. Menciptakan Suasana Baru

Anda juga bisa menciptakan suasana baru dengan cara mendekorasi tempat kerja Anda. Hal ini juga penting untuk menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja. Karena tahukah Anda bahwa bekerja dengan suasana yang sama dalam kurun waktu lama bisa memicu kejenuhan. Oleh karena itu, akan sangat menyenangkan jika sesekali Anda mendekorasi tempat kerja Anda. Misalnya Anda bekerja sebagai pegawai di suatu perusahaan, maka Anda bisa mendekorasi meja kerja Anda. Bersihkan dan tata barang-barangnya agar lebih rapi, dan tambahkan suatu hiasan untuk mempercantik tampilan, seperti pot bunga, bingkai foto, dan lainnya.

5. Selalu Berpikir Positif

Selanjutnya, cara menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja yaitu dengan selalu berpikiran positif. Coba hadapi pekerjaan Anda secara santai, dan jangan dijadikan sebagai beban. Bagaimanapun juga, Anda harus tetap bersyukur dengan posisi yang Anda miliki saat ini. Sebab di luar sana masih ada banyak orang yang sedang mencari pekerjaan, tetapi tidak kunjung diterima. Cobalah untuk memahami hal itu. Pahami juga bahwa Anda adalah orang yang beruntung. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terlalu terbebani dengan kejenuhan Anda saat ini.

Pentingnya Mengontrol Keuangan Pribadi

Cara Menghilangkan Rasa Jenuh 3 - Intip Cara Menghilangkan Rasa Jenuh dalam Bekerja

Setelah memahami cara menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja seperti yang telah dijelaskan di atas, kini saatnya Anda kembali bersemangat. Anda perlu mengingat tujuan utama Anda bekerja, yaitu visi dan misi Anda dalam bekerja. Untuk apa Anda bekerja, apakah untuk membeli rumah, menabung untuk menikah, atau lainnya? Cobalah untuk mengingat-ingat kembali tujuan Anda tersebut. Dengan begitu, Anda akan termotivasi kembali untuk bekerja dengan giat dan semangat.

Agar tujuan tersebut dapat terwujud, pastikan Anda mengelola keuangan pribadi secara tepat. Bagaimana caranya? Anda bisa memulainya dengan membuat daftar pengeluaran bulanan secara detail. Agar lebih mudah dalam mengontrol pengeluaran, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Qelola. Anda bisa bayar berbagai macam tagihan dengan aplikasi Qelola, dan riwayat transaksi Anda akan tersimpan dengan rapi. Fitur unggulan lainnya adalah transfer uang antar negara. Jadi, Anda bisa transfer dari Malaysia ke Indonesia dengan biaya yang murah dan cepat. Dapatkan aplikasi Qelola dengan cara download di Google Play secara gratis.

Tags: , , , , ,