5 Langkah Mudah Mendaftarkan Diri dalam BPJSTK Khusus TKI

BPJS TK

BPJSTK adalah bentuk perlindungan yang diberikan pemerintah khusus untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berupa jaminan sosial. Setiap TKI wajib mendaftarkan diri ke BPJSTK untuk mendapatkan program-program perlindungan kerja yang diberikan pemerintah. Program tersebut terdiri atas Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Hari Tua (JHT). Biaya iuran untuk ikut dalam jaminan ini sebesar Rp370.000 per bulan.

Sejak resmi diberlakukan sebagai peralihan dari Asuransi TKI, lebih dari 10.000 orang telah mendaftarkan diri untuk ikut program BPJSTK khusus TKI. Cara mendaftarkan diri dalam BPJSTK khusus TKI dapat dilakukan melalui 2 (dua) cara, yaitu secara offline dengan mendatangi kantor yang ditunjuk BPJS Ketenagakerjaan dan online melalui www.tki.bpjsketenagakerjaan.go.id. Lalu bagaimana mekanisme cara pendaftaran BPJSTK? Simak ulasannya berikut ini.

Daftar BPJSTK Khusus TKI secara Offline

man is holding queue card while waiting modern reception area 1150 6294 - 5 Langkah Mudah Mendaftarkan Diri dalam BPJSTK Khusus TKI

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendaftarkan diri dalam BPJS Ketenagakerjaan khusus TKI adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, temukan dan kunjungi kantor Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS), Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI), atau Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) yang dekat dengan tempat tinggal.
  2. Kedua, lakukan pendaftaran dan isi formulir untuk perekaman data di Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN).
  3. Ketiga, calon TKI/TKI akan diberikan ID billing/kode bayar yang nantinya digunakan untuk proses pembayaran di bank (melalui teller, internet banking, atau ATM).
  4. Keempat, bukti bayar yang didapat dari bank digunakan untuk pencetakan kartu peserta di kantor BPJSTK.
  5. Kelima, kartu peserta yang sudah dicetak akan diserahkan di tempat Anda melakukan pendaftaran dan bisa diambil di tempat tersebut.

Setelah mendapatkan kartu peserta, Anda telah terdaftar dalam BPJSTK dan berkewajiban membayar iuran jaminan sosial yang telah ditetapkan dalam program tersebut.

Daftar BPJS Ketenagakerjaan Khusus TKI secara Online

woman hand searching job browsing internet 34670 554 - 5 Langkah Mudah Mendaftarkan Diri dalam BPJSTK Khusus TKI

Saat ini pendaftaran BPJSTK bisa dilakukan secara online sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pendaftaran secara praktis dan hemat waktu. Berikut ini 5 langkah mudah melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan khusus untuk TKI secara online.

  1. Buka website BPJS Ketenagakerjaan khusus TKI di www.tki.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Pilih opsi “Daftar Baru” di laman tersebut.
  3. Isi kolom-kolom seperti “NIK”, “Nama Lengkap”, dan “Tanggal Lahir”. Kemudian pilih opsi “Masuk”. 
  4. Lengkapi data-data yang harus diisi di “Form Pendaftaran”. Pada halaman ini, Anda harus melengkapi KTP, paspor, surat kontrak, foto profil, dan visa. Semuanya dilampirkan dalam bentuk JPEG dan PDF untuk surat kontrak.
  5. Setelah data terisi semua, klik opsi “Lanjut” yang kemudian akan menampilkan halaman “Informasi Akun”. Jika dirasa sudah lengkap, pilih opsi “Selesai”.

Sebelum melakukan pendaftaran secara online, pastikan KTP Anda sudah terdaftar e-KTP. Sebab, dalam proses pendaftaran, Anda harus memasukkan nomor NIK yang sudah terkoneksi dengan data pemerintah.

BPJSTK sebagai Perlindungan TKI Saat di Luar Negeri

data protection network security 34011 484 - 5 Langkah Mudah Mendaftarkan Diri dalam BPJSTK Khusus TKI

Sejumlah kasus yang sering dialami TKI di luar negeri harus jadi perhatian bagi siapa pun yang ingin bekerja di luar negeri. Tanpa adanya jaminan perlindungan, risiko terjadinya kasus yang dialami TKI akan semakin besar. Dengan mendaftarkan diri dalam BPJS Ketenagakerjaan khusus TKI, Anda telah memastikan adanya jaminan proteksi dari asuransi yang Anda miliki selama bekerja di luar negeri.

BPJSTK menjadi jaminan sosial yang penuh manfaat dan keuntungan. Iuran cukup terjangkau dan mudah diakses secara offline dan online menjadikan BPJSTK sebagai pilihan terbaik untuk TKI. Tak hanya itu, adanya payung hukum dalam program ini, yakni UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) membuat keamanan program semakin terjamin.

Membayar Iuran BPJSTK Melalui Qelola

Setelah mengetahui cara mendaftarkan diri dalam BPJS Ketenagakerjaan khusus TKI, penting bagi Anda untuk memastikan pembayaran iuran BPJS tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Hambatan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dalam BPJS Ketenagakerjaan ini umumnya pada pembayaran iuran yang memakan waktu dan proses yang lama. Pekerja harus sering datang ke kantor BPJS atau bank yang melayani pengiriman uang hanya untuk membayar iuran ini. Bagi TKI yang ada di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya. Melalui Qelola, Anda bisa membayar BPJS secara praktis, cepat, dan mudah.

Qelola merupakan aplikasi pembayaran online serta transfer uang domestik dan internasional yang dapat dimanfaatkan oleh TKI di Malaysia. Selain BPJS, Anda juga bisa membayar tagihan listrik, air, pulsa, hingga voucher game melalui aplikasi ini. Qelola juga memiliki pos pengeluaran sehingga kiriman uang dapat difungsikan maksimal sesuai keperluan Anda. Menarik bukan? Yuk, langsung saja klik di sini untuk download aplikasi Qelola sekarang juga dan nikmati kemudahannya.

Tags: , , , , , ,