Calon TKI PLRT, Perhatikan Tips Menyetrika Pakaian Berikut

tips menyetrika pakaian

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri memilih profesi yang sangat beragam. Ada yang bekerja di sektor formal seperti, karyawan perusahaan, ilmuwan, dan lain sebagainya. Sebagiannya lagi bekerja di sektor informal seperti buruh perkebunan kelapa sawit, pengasuh anak, dan sebagainya. Tak ketinggalan pula PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga) yang jumlahnya tidak sedikit. Terutama di salah satu negara tetangga Indonesia, yaitu Malaysia.

Profesi PLRT ini tidak bisa dianggap remeh karena pekerjaan mereka justru sangat beragam dan dituntut serba bisa mengurus keperluan rumah tangga. Sehingga keterampilan yang dimiliki calon PLRT juga harus diperhatikan. Jika Anda seorang calon PLRT, apalagi yang akan bekerja di luar negeri, maka ada baiknya Anda membekali diri dengan keterampilan mengurus rumah tangga. Salah satu hal yang tak boleh diremehkan adalah menyetrika pakaian. Sudahkah Anda tau tips dan triknya? Apakah cara yang Anda gunakan di rumah selama ini sudah benar? Perhatikan tips menyetrika pakaian berikut ini:

1. Kemeja

Untuk menyetrika kemeja, Anda harus menyemprotkan cairan pelicin pakaian terlebih dahulu. Kemudian bagian pertama yang Anda setrika adalah ujung lengan hingga seluruh bagian lengan. Untuk selanjutnya, setrika bagian depan dari dalam agar kancing tidak kepanasan. Khusus bagian kerah, Anda harus melipatnya terlebih dahulu baru disetrika bagian lipatannya. Terakhir jangan lupa untuk menggantung kemeja yang sudah disetrika dan mengancingkan kancing paling atas agar posisinya tidak berubah.

2. Baju Lengan Panjang

Baju lengan panjang dalam hal ini adalah baju dengan bahan yang berbeda dengan bahan kemeja. Setrika dahulu bagian depan dan belakang lengan lalu bagian belakang pakaian. Kemudian dilipat dengan melipat bagian lengan ke dalam lebih dulu, baru bagian badan secara horizontal. Anda dapat menentukan besar kecilnya lipatan sesuai keinginan atau sesuai luasnya rak baju.

tshirt 2428521 960 720 - Calon TKI PLRT, Perhatikan Tips Menyetrika Pakaian Berikut

3. Kaus (T-Shirt)

Untuk kaus, Anda harus perhatikan apakah terdapat sablon yang tertera. Jika iya, maka sebaiknya menyetrika kaus dari dalam agar sablonan tidak mudah mengelupas atau luntur terkena panas. Setelah disetrika baru dibalik untuk dilipat. Pelipatan sebaiknya dimulai dari lengan yang dilipat kedalam, baru bagian badannya.

4. Sweater Bertudung (Hoody)

Khusus sweater dengan bahan tebal dan/atau bahan rajutan, Anda tidak perlu menyetrikanya. Anda dapat langsung melipatnya tanpa takut kusut. Sedangkan sweater dengan bahan wol dapat Anda setrika dengan setrika biasa atau uap namun dengan suhu yang rendah. Setelah itu jangan digantung karena dapat merenggangkan tautan antar wolnya. Untuk cara melipatnya hampir sama dengan melipat baju lengan panjang.

5. Celana

Perhatikan bagian jahitan di celana Anda, lalu satukan garis jahitan tersebut. setelah merapikannya, barulah Anda mulai menyetrika. Terakhir, lipat celana dari bagian bawah menjadi 3 lipatan.

6. Kaos Kaki

socks 1906060 960 720 - Calon TKI PLRT, Perhatikan Tips Menyetrika Pakaian Berikut

Kaos kaki tidak perlu disetrika sehingga Anda dapat langsung melipat dan menyimpannya. Sebagian dari Anda pasti sering sekali kehilangan salah satu dari kaos kaki saat menyimpannya dalam rak yang tidak teratur karena Anda malas melipatnya. Padahal Anda dapat menyatukan keduanya lalu melipatnya menjadi setengah untuk ditata dalam rak secara bersamaan. Namun jangan sekali-kali melipat kaos kaki menjadi gulungan atau berbentuk bola karena dapat mengendurkan bahan.

7. Pakaian Dalam

Pakaian dalam seperti bra tidak boleh disetrika dan dilipat sangat kecil karena dapat merusak bentuk cup atau merusak elastisitas bra. Sehingga untuk menyimpannya lebih baik ditata secara berbaris atau menumpuknya. Jika Anda akan menumpuk bra, pastikan bagian cup depan menghadap ke atas semua. Apabila ada 2 bra yang antar cupnya bertemu dan Anda paksa menekannya, ini juga akan merubah bentuknya dan bahkan mengakibatkan busa bra tergeser.

 

Bagaimana? Adakah yang berbeda dengan apa yang selama ini Anda praktekkan? Beberapa tips di atas hanyalah sedikit ilmu yang bisa Anda terapkan dalam menyetrika pakaian majikan dan juga pakaian Anda sendiri. Pada saat ditempatkan pada salah satu rumah majikan, sangat mungkin majikan akan mengajarkan ilmu mereka selama ini kepada Anda terkait mengurus pakaian-pakaian mereka. Jika seperti ini kasusnya, sebaiknya Anda perhatikan betul dan mengikuti semua langkah dari majikan. Karena kepuasan majikan adalah nilai yang tak bisa tergantikan. Ketika Anda bekerja secara profesional, meskipun jenis profesi Anda informal, maka majikan akan mengapresiasi Anda. Bukan tidak mungkin majikan Anda akan menambah gaji karena hasil kerja Anda yang bagus.

Bicara soal gaji TKI, apakah Anda sudah mempersiapkan bagaimana cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia? Jika belum, ada baiknya Anda mencoba aplikasi Qelola. Aplikasi dengan beragam fitur ini memiliki manfaat yang tak boleh dilewatkan, yaitu biaya transfer antar negara yang murah meriah. Ingin mencobanya? Download Qelola di sini.

Tags: , , , , ,