Info Gaji ART (Asisten Rumah Tangga) di Malaysia Terkini

biaya terjangkau

Profesi sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) mungkin menjadi pekerjaan informal yang kurang dianggap karena gaji yang didapatkan tidak sebesar pekerjaan lainnya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa pekerjaan ART ini akan menjadi pekerjaan yang menjanjikan jika kamu bekerja di luar negeri. Salah satu negara yang cukup tinggi permintaannya terhadap ART adalah Malaysia. Bahkan banyak yang menganggap bahwa Malaysia membutuhkan lebih banyak ART dari perkiraan. Meskipun gaya hidup di Malaysia hampir sama dengan di Indonesia, namun gaji yang didapatkan pekerja cukup tinggi selisihnya dibanding menerima gaji rupiah, termasuk gaji ART. Sudahkah kamu mengetahui berapa gaji ART di Malaysia terkini? Jika belum, simak penjelasan berikut ini.

A.  Gaji ART di Malaysia dan Keuntungan Tambahan

Asisten Rumah Tangga identik dengan pekerjaan yang berhubungan dengan mengurus berbagai pekerjaan rumah, seperti mencuci baju, mengepel lantai, belanja dan memasak untuk majikan, hingga mengerjakan hal-hal lain yang sesuai dengan perjanjian kerja. ART secara umum memiliki tugas tersebut dan berbeda dengan ART yang diberi tugas khusus, seperti mengasuh anak dan/atau lansia. Untuk tugas babysitter ini, gaji yang diberikan majikan tidak jauh berbeda dengan ART untuk pekerjaan rumah lainnya.

Menurut berbagai sumber yang ada, gaji pokok ART terkini dalam 1 bulan kurang lebih mendapat RM 1.500 atau sekitar IDR 5.000.000. Angka ini merupakan gaji pokok saja. Karena untuk beberapa agen TKI atau P3MI akan memberikan gaji tambahan bagi TKI dengan 2 kondisi, yaitu:

1.       Mengambil kerja lebih masa atau jam lembur

Meskipun ART tinggal dengan majikan, mereka akan tetap dibayar lembur jika memang melakukan jam lembur. Untuk ketentuan gaji tiap jamnya tentu berbeda-beda bagi setiap P3MI dan perjanjian kerja yang disepakati. Sebagai salah satu sampel, perusahaan Koa Denko di Malaysia memberikan gaji RM 12 per jam saat lembur pada hari libur. Kamu boleh sekali bertanya tentang hal ini sebelum menandatangani kontrak kerja.

2.       Tidak mengambil cuti sama sekali pada tahun tersebut

Setiap TKI, termasuk para ART, mendapatkan jatah cuti selama 13 hari dalam 1 tahun. Jika jatah cuti tersebut tidak diambil sama sekali, artinya TKI tidak mengambil hak cuti tersebut, maka pemberi kerja akan memberikan intensif atau gaji tambahan. Biasanya gaji ini diberikan 1 tahun sekali. Lagi-lagi, ketentuan jumlahnya bergantung pada aturan P3MI yang bersangkutan.

Meskipun jumlah tersebut tidak sebanyak ketika memiliki profesi lain di Malaysia, namun ART memiliki beberapa keuntungan yang tidak didapatkan tenaga kerja bidang lainnya. Beberapa diantaranya adalah ART tidak perlu mengeluarkan biaya makan, tempat tinggal, kebutuhan listrik dan air, dan sebagainya karena mereka tinggal 1 rumah dengan majikan. Jadi, gaji tersebut tidak akan berkurang untuk kebutuhan pokok. Tentu saja hal ini akan dipengaruhi juga oleh gaya hidup dan kemampuan manajemen keuangan yang baik.

Beberapa agen P3MI juga memberlakukan sistem potong gaji. Potong gaji ini juga harus diatur secara detail dalam kontrak kerja. Terdapat beberapa hal yang secara umum sering muncul sebagai potongan gaji, yaitu:

  1. Biaya Asuransi
  2. Biaya Kesehatan
  3. Jam kerja yang tidak dipenuhi dan tidak melakukan izin sesuai prosedurnya, dan lain sebagainya.

art 1 - Info Gaji ART (Asisten Rumah Tangga) di Malaysia Terkini

B.  Perbandingan Dengan Gaji Pekerjaan Lain di Malaysia

Jika kamu ingin mendapatkan bayangan yang lebih jelas mengenai gaji para TKI di Malaysia, kami akan memberikan sedikit perbandingan dengan gaji pekerjaan lain di sana yang masih termasuk dalam sektor informal. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Buruh Umum : 7.000.000 (kurang lebih RM 2000)
  2. Karyawan Pabrik Tekstil : 6.600.000 (kurang lebih RM 1.900)
  3. Karyawan Industri Jasa : 7.500.000 (kurang lebih RM 2.150), dan sebagainya.

Perlu diingat kembali bahwa pekerjaan di atas mengharuskan TKI yang bersangkutan mengeluarkan biaya hidup secara mandiri. Selain kebutuhan makan, mereka juga perlu mengeluarkan biaya sewa asrama atau sewa rumah secara mandiri. Artinya, pemberi kerja tidak menyediakan biaya tersebut secara khusus. Jadi, jumlah yang didapatkan tidak bisa dibandingkan dengan biaya hidup yang harus dikeluarkan.

Gaji ART di Malaysia memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri, namun tentu saja keuntungan yang diberikan lebih banyak. Apalagi dengan ketentuan kontrak kerja ART yang dapat diperpanjang hingga 2 kali masing-masing 1 tahun. Selain itu, usia calon TKI yang ingin menjadi ART juga panjang, yaitu 45 tahun. Perlu diperhatikan juga untuk selalu mencari agen TKI yang legal dan terdaftar resmi agar hak-hak sebagai TKI di Malaysia dapat diterima. Selain itu, jika terdapat masalah atau ketidaksesuaian gaji, kamu dapat melakukan konsultasi dan meminta bantuan hukum kepada KJRI atau KBRI terdekat.

Untuk urusan transaksi gaji ART ini, kamu harus menggunakan aplikasi Qelola. Dengan fiturnya, kamu dapat mengirim gaji ke Indonesia dengan mudah, cepat, dan aman. Selain itu, kamu juga dapat membayar berbagai jenis tagihan di Indonesia. Download aplikasi Qelola dengan mengikuti tautan ini.

Tags: , , , , ,