6 Peluang Kerja Part Time Kekinian untuk Mahasiswa

loker luar negeri

Kuliah di luar negeri tentu saja tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang ada hal-hal yang tidak berjalan mulus seperti urusan finansial misalnya. Besarnya biaya hidup yang harus dikeluarkan saat menempuh pendidikan di luar negeri membuat sebagian mahasiswa harus memutar otak agar bisa tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus mengabaikan urusan kuliah. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan tambahan uang sambil kuliah, beberapa rekomendasi kerja part time berikut bisa kamu coba.

  • Tutor Les Privat

teacher explains subject pupils 700x467 - 6 Peluang Kerja Part Time Kekinian untuk Mahasiswa

Sumber: freepik

Pilihan kerja part time pertama yang bisa kamu coba untuk menambah isi dompet adalah menjadi tutor les privat. Zaman sekarang banyak orang tua yang tidak punya cukup waktu untuk membimbing putra-putrinya dalam belajar. Oleh karena itu mereka pada akhirnya mencari jalan keluar dengan memanggil guru privat untuk membantu proses belajar mengajar si anak. Apalagi di saat kondisi pandemi seperti sekarang yang membuat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online di rumah.

Karena keterbatasan guru yang tidak bisa memberikan pengajaran secara optimal, banyak siswa yang kesulitan untuk mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, guru les privat sangat dibutuhkan sebagai solusi mengejar ketertinggalan tersebut. Beberapa mata pelajaran seperti matematika, bahasa Inggris, dan IPA, umumnya menjadi mata pelajaran yang paling banyak membutuhkan bantuan tutor privat. Dengan jadwal yang fleksibel, kamu bahkan bisa menjadi tenaga pengajar personal bagi banyak siswa.

  • Coffee Shop Barista

barista face mark coffee shop new normal 700x467 - 6 Peluang Kerja Part Time Kekinian untuk Mahasiswa

Sumber: freepik oleh rawpixel.com

Menjamurnya bisnis coffee shop saat ini membuka banyak lapangan kerja bahkan untuk mereka yang masih berstatus mahasiswa. Kerja part time menjadi barista di kedai kopi banyak dilirik karena menghasilkan cuan yang cukup menjanjikan untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari.

Apalagi tak hanya uang saja yang bisa kamu dapatkan saat bekerja disini, pengalaman, relasi, teman, dan networking juga semakin bertambah. Pemilik bisnis kafe kopi-kopian pun juga lebih senang untuk merekrut SDM dengan usia muda karena energik dan cekatan. Selain itu, pembayaran upah juga bisa ditekan karena sistem kerjanya yang part time.

  • Desainer Grafis

fakurian design jBif dovsTQ unsplash - 6 Peluang Kerja Part Time Kekinian untuk Mahasiswa

Sumber: unsplash oleh Fakurian Design

Bagi kamu yang menguasai keterampilan khusus seperti desain grafis, jangan sia-siakan bakat tersebut karena bisa menghasilkan uang yang cukup menggiurkan. Jasa desain menjadi ladang bisnis part time yang cukup gurih karena banyak orang yang membutuhkannya. Kamu bisa membuka layanan pembuatan CV, kartu nama, desain logo, poster, selebaran, undangan, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan dunia kreatifitas. Jika karyamu menarik, kamu bahkan bisa kebanjiran job atau menjadi langganan perusahaan besar dalam urusan konten grafis.

Baca juga: 5 Tips Mudah Membuat CV Kerja Part Time atau Freelance

  • Freelance Content Writer

nick morrison FHnnjk1Yj7Y unsplash - 6 Peluang Kerja Part Time Kekinian untuk Mahasiswa

Sumber: unsplash oleh @nickmorrison

Peluang kerja part time lainnya yang bisa kamu jalani sembari tetap fokus sebagai mahasiswa adalah menjadi freelance content writer. Menjadi penulis artikel lepas tentunya menjadi profesi yang menguntungkan apalagi bagi kamu yang gemar menulis. Selain menyalurkan hobi, kamu juga bisa menambah isi rekening. Hanya bermodalkan koneksi internet saja, kamu bahkan bisa menghasilkan uang dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ngantor. Kamu sebaiknya bergabung dengan agensi penulis agar lebih mudah mendapatkan job menulis.

  • Makeup Artist

raphael lovaski pxax5WuM7eY unsplash - 6 Peluang Kerja Part Time Kekinian untuk Mahasiswa

Sumber: unsplash oleh Raphael Lovaski

Pekerjaan makeup artist adalah profesi yang bisa menghasilkan banyak uang. Apalagi jika kemampuan merias yang kamu miliki sangat memuaskan, pastinya jasa yang kamu tawarkan akan selalu fully booked. Selain merubah penampilan seseorang di momen-momen penting seperti ulang tahun, pre wedding, atau pernikahan, ada banyak event tertentu yang sering membutuhkan jasa seorang makeup artist. Jika ditekuni dengan serius, kamu bahkan bisa membangun kerajaan bisnis rias setelah lulus kuliah nanti.

  • Videografer

Photo Stock 700x467 - 6 Peluang Kerja Part Time Kekinian untuk Mahasiswa

Sumber: pexels

Di era modern dengan kebutuhan konten digital seperti sekarang membuka peluang kerja part time seperti menjadi videografer. Mengabadikan momen sekali seumur hidup seperti pernikahan atau acara wisuda, ulang tahun, dan event-event tertentu kini bisa dikemas dengan tampilan yang lebih instagramable.

Selain video untuk kepentingan acara spesial, videografer dan fotografer saat ini juga sering dimanfaatkan untuk membantu pembuatan materi promosi pada produk atau bisnis tertentu. Membuat konten video kreatif saat ini menjadi strategi marketing yang banyak dipakai untuk mendatangkan banyak follower, pelanggan, dan tentunya keuntungan.

Baca juga: Ingin Sukses Kuliah Sambil Kerja? Pelajari Dulu 6 Tips Berikut

Hidup di negeri orang tentunya membuatmu harus bisa mengatur biaya kuliah dan biaya hidup dengan baik. Selain mencari peluang kerja part time, jangan lupa untuk membuat perencanaan keuangan dengan baik. Buat kamu yang ada di Malaysia, gunakanlah aplikasi keuangan Qelola untuk mengatur berbagai transaksi keuanganmu secara online. Melalui aplikasi ini kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, BPJS, dan TV kabel.

Fitur lainnya yang bisa kamu nikmati di aplikasi Qelola adalah kamu bisa beli pulsa atau kuota internet langsung dari hp. Rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mengunduh aplikasi Qelola disini.

Tags: , ,