6 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Bagi Pekerja WFH

video conference

Bekerja dengan metode Work from Home (WfH) akhir-akhir ini menjadi hal yang banyak diterapkan di berbagai jenis perusahaan. Meskipun terlihat menyenangkan karena pekerja tidak perlu datang ke kantor seperti hari-hari biasanya, WfH juga memiliki tantangannya tersendiri. Salah satu kekurangan dari WfH adalah susahnya melakukan koordinasi, monitoring, dan evaluasi dengan tim kerja karena tidak dapat bertemu langsung. Tapi saat ini, masalah tersebut bisa diatasi dengan teknologi video conference.

Video conference yaitu jenis teleconference yang fasilitasnya lengkap karena kamu dapat komunikasi melalui video (gambar dan suara), melakukan presentasi, dan sebagainya. Berbagai fitur yang disediakan aplikasi video conference menjadi favorit karena sudah sangat mencukupi kebutuhan berbagai perusahaan. Sebelum marak WfH, sudah banyak perusahaan yang menggunakan video conference untuk mengadakan berbagai jenis pertemuan. Nah, untuk kamu yang baru akan melakukan video conference, berikut ini adalah rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan.

1.   Microsoft Team

jKU64njy8urP89V1O63eJxMtvWjDGETPlHVIhDv9WZAYzsSxRWyWZkUlBJZj HbkHA - 6 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Bagi Pekerja WFH

Sumber : play.google.com

Microsoft Team (gratis dan berbayar) adalah pembaharuan dari aplikasi Skype for Business yang juga sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar. Dengan salah satu fiturnya yang mampu terintegrasi dengan Microsoft office 365, tentu akan sangat menguntungkan bagi kebanyakan pekerja. Pasalnya, tidak hanya melakukan presentasi dan berdiskusi dengan banyak peserta (mencapai 250 orang), aplikasi ini juga memungkinkan semua anggota grup Conversation Channels untuk mengakses Word, Excell, Power Point, dan fitur lain Office secara langsung. Jadi, mengedit file bersama tim sudah bukan hal yang mustahil dilakukan.

2.   Zoom Meeting

JgU6AIREDMsGLmrFSJ8OwLb JJVw jwqdwEZWUHemAj0V5Dl7i7GOpmranv2GsCKobM - 6 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Bagi Pekerja WFH

Sumber : play.google.com

Zoom Meeting (gratis dan berbayar) nampaknya menjadi aplikasi yang saat ini sedang naik daun. Dengan kapasitas peserta 100 orang selama 40 menit, kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. Sedangkan untuk yang berbayar, Zoom dapat menampung peserta hingga 1000 orang. Selain itu, juga memiliki fitur seperti screen sharing sehingga kamu akan mudah melakukan presentasi serta merekam semua aktivitas dalam pertemuan online tersebut dengan unlimited record.

3.   CyberLink U Meeting

gcieYw mqdf YqV7Z yknqtLATSoEPVP0HK5T377CCHHYPLy0cmPv7AyFo3HxX9PrqU - 6 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Bagi Pekerja WFH

Sumber : play.google.com

Aplikasi selanjutnya adalah CyberLink U Meeting (gratis dan berbayar) dengan kapasitas 25 orang selama 30 menit untuk layanan gratisnya. Bagi kamu yang hanya ingin melakukan pertemuan dengan tim kecil, aplikasi ini sangat cocok digunakan. Terutama dengan fiturnya yang mampu membuat tampilan background video kamu tampak blur sehingga peserta video conference akan fokus terhadap penyampaian materinya. Sangat cocok bagi kamu yang bekerja WfH dan tidak ingin isi rumah yang tampak kurang profesional terlihat. Selain itu, setiap peserta meeting juga dapat merekam selama video conference berlangsung.

4.   Cisco Webex Meeting

v7KvbeIbypHKyEv1IMvy1qCN3ZytBb7FlDKBxo3ke DuM1kdGmegvqVG6qhFx8U13Ug - 6 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Bagi Pekerja WFH

Sumber : play.google.com

Berikutnya adalah Cisco Webex Meeting (gratis dan berbayar) yang apabila kamu menggunakannya, kamu dan tim akan sekaligus dapat menggunakan platform komunikasi tukar pesan. Platform ini memungkinkan kamu dan tim kerja saling mengirimkan pesan dan file secara intens sekaligus menggunakan fitur video conference. Selain itu, aplikasi ini juga diklaim memiliki keamanan data tingkat tinggi karena menggunakan fitur end-to-end encryption. Sehingga pesan yang kamu kirimkan pada anggota tim tidak mampu disadap pihak lain.

5.   RingCentral Meetings

S1j rIvW8XvIGMQl9P6I9lmieOeqIAqf8XIEZ0q1RdLuR4XJKlKF0zADyzmmOROMjjo - 6 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Bagi Pekerja WFH

Sumber : play.google.com

Aplikasi yang masih bekerja sama dengan Zoom ini juga tak kalah lengkap dengan aplikasi lain. RingCentral Meetings (gratis dan berbayar) memiliki fitur yang hampir sama dengan Zoom Meeting. Bedanya, RingCentral Meetings memungkinkan kamu menyimpan rekaman meeting tanpa batasan ukuran, tidak seperti Zoom yang maksimal 1 GB. Bahkan kamu juga bisa menggunakan fitur whiteboarding yang memungkinkan kamu menjelaskan sesuatu dengan catatan khusus seperti menulis pada whiteboard.

6.   Google Meet

GBYSf20osBl2CRHbjGOyaOG5kQ3G4xbRau dzScU9ozuXQJtnUZPkR3IqEDOo5OiVgU - 6 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Bagi Pekerja WFH

Sumber : play.google.com

Rekomendasi terakhir adalah Google Meeting (gratis bertahap dan berbayar) yang cara penggunaannya terkenal paling mudah dibanding aplikasi lain. Hal ini karena hampir semua peserta video conference (mencapai 300 orang) dipastikan akan mudah mengaksesnya, yaitu hanya dengan masuk ke akun Google yang dimiliki. Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa merekam jalannya acara, namun juga bisa mendapatkan subtitle video tersebut. Jadi, kamu tidak akan kesulitan memahami ucapan peserta saat memutar kembali video itu.

Silahkan mencoba berbagai aplikasi dan website penyedia teknologi video conference di atas. Kamu dapat menyesuaikan aplikasi mana yang paling kamu butuhkan. Jika memang kamu dan tim kerja merasa cocok dengan salah satu aplikasi tersebut, jangan ragu untuk berlangganan demi produktivitas kerja yang stabil. Sehingga meskipun kamu bekerja dari rumah, koordinasi dengan teman kantor tetap lancar. Manfaat yang kamu dapat akan jauh lebih banyak daripada jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

Masih berkaitan dengan menggunakan suatu aplikasi, masih ada satu aplikasi yang memiliki beragam manfaat dan kamu tidak perlu membayarkan biaya berlangganan untuk merasakan berbagai fiturnya. Aplikasi tersebut adalah Qelola, sebuah aplikasi yang akan sangat bermanfaat bagi kamu yang sering melakukan transaksi antar negara, khususnya dari Malaysia ke Indonesia. Download Qelola sekarang juga untuk merasakan manfaatnya secara langsung.

Tags: , , , , ,