6 Manfaat Penting Soft Skill Untuk Pengembangan Karir

soft skill

Memiliki kemampuan atau ketrampilan baru akan sangat bermanfaat bagi diri sendiri. Terutama jika kamu menambah kemampuan soft skill. Kemampuan soft skill sendiri adalah keahlian dalam hal berkomunikasi dengan orang lain, memahami karakter dan sifat orang lain, dan sebagainya. Banyak juga yang menyebut kemampuan ini sebagai kecerdasan dalam bersosialisasi. Beberapa contohnya adalah kemampuan berbicara, memimpin pertemuan, mengelola konflik, dan sebagainya. Dalam dunia kerja, kemampuan seperti yang disebutkan tadi sangat dibutuhkan karena hampir semua pekerjaan akan berhubungan dengan rekan kerja yang lain. Bahkan banyak juga yang merasa harus terus mengasahnya untuk kepentingan karir. Apa saja manfaat meningkatkan soft skill bagi pengembangan karir? Simak penjelasannya berikut ini.

1.   Memperluas jaringan pertemanan

Memiliki kemampuan berbicara yang baik berarti akan lebih banyak teman dalam dunia kerja karena kamu akan lebih banyak berkomunikasi dengan orang baru. Baik itu teman dari tim lain yang mulai banyak bekerja denganmu maupun klien yang baru saja kamu tangani. Karena salah satu tanda soft skill yang kamu miliki meningkat adalah kemampuan berkomunikasi yang semakin baik. Sehingga kamu akan lebih banyak memiliki jaringan (networking). Jaringan yang semakin luas inilah yang akan sangat bermanfaat bagi kamu sekaligus perusahaan.

2.   Meningkatkan produktivitas kerja

Tanda lain dari semakin baiknya soft skill adalah kamu akan semakin profesional dalam mengerjakan banyak hal. Secara tidak langsung produktivitas kerja juga akan meningkat. Selain itu, jika kamu memiliki kesulitan dalam suatu hal, jalan keluar tidak akan lama ditemukan. Dengan cara komunikasi yang baik, tentu teman satu tim atau tim lain akan siap membantu kapanpun kamu membutuhkannya.

3.   Mengelola konflik di tempat kerja

mengelola konflik 700x477 - 6 Manfaat Penting Soft Skill Untuk Pengembangan Karir

Sumber : freepik.com/jannoon028

Konflik yang terjadi di lingkungan kerja menjadi hal yang susah untuk dihindari karena kamu pasti berinteraksi dengan teman kerja. Tidak jarang hasil dari interaksi tersebut adalah konflik. Dengan soft skill yang meningkat, konflik tersebut dapat diselesaikan lebih cepat. Kamu akan memiliki kemampuan untuk mengelola konflik yang jauh lebih baik dibanding teman kerja yang lain. Konflik yang tidak segera ditangani dapat menjadi penghambat pekerjaan lainnya.

4.   Meningkatkan komunikasi kerja dengan tim

Hampir sama dengan poin-poin sebelumnya, komunikasi dengan teman satu tim akan jauh lebih lancar jika soft skill meningkat. Tidak hanya cara komunikasi yang meningkat, kemampuan dalam memimpin juga memengaruhi hal ini. Terutama karena komunikasi dalam dunia kerja adalah faktor penting berjalannya operasional perusahaan. Jadi, tidak hanya komunikasi dengan tim saja yang akan meningkat, komunikasi antara kamu dan atasan juga akan lebih lancar.

5.   Mengatasi keluhan klien

Kemampuan soft skill yang satu ini jarang dimiliki oleh semua karyawan lho, yaitu kesabaran tinggi menghadapi klien atau pelanggan. Menghadapi pelanggan mungkin bukan tugas kamu, namun tetap saja ada banyak kemungkinan kamu harus menghadapi mereka secara langsung. Kemampuan soft skill yang lebih baik, misalnya mampu mengelola emosi dengan cara yang tepat, tentu akan membuatmu menghadapi keluhan klien lebih tenang dan profesional. Kamu juga harus paham bahwa tidak semua hal yang diminta pelanggan harus dipenuhi. Jika perusahaan memang tidak memberikan pelayanan yang dimaksud, maka kamu harus mampu memberikan pengertian kepada mereka. Kemampuan inilah yang harus dibarengi dengan soft skill yang tinggi. Jadi, tidak ada lagi cerita pelanggan semakin kesal karena komplain yang mereka sampaikan tidak direspon dengan baik.

6.   Meningkatkan jenjang karir

Semua poin di atas, akan mendukung kamu dalam meningkatkan jenjang karir. Bagaimana bisa? Karena performa kerja yang kamu tunjukkan akan lebih berkualitas. Dengan kata lain, kesempatan untuk memiliki jenjang karir yang lebih baik akan terbuka lebar. Meskipun kamu tidak menjadikan karir sebagai tujuan utama dalam bekerja, namun karyawan dengan soft skill yang tinggi akan secara tidak langsung meningkatkan kesempatan tersebut. Begitu juga dengan karyawan yang memiliki hard skill tidak begitu besar namun kemampuan soft skill yang dimiliki sangat baik, maka orang tersebut akan lebih cepat berkembang karirnya daripada sebaliknya.

karir 700x529 - 6 Manfaat Penting Soft Skill Untuk Pengembangan Karir

Sumber : freepik.com/rawpixel

Setelah melihat berbagai manfaat di atas tentu kamu akan semakin sadar bahwa mengasah kemampuan soft skill adalah hal yang sangat penting. Kemampuan soft skill sendiri bisa Sahabat Qelola dapatkan dari banyak tempat. Sebagai contoh, saat ini banyak dibuka kursus atau pelatihan untuk meningkatkan kemampuan public speaking, kemampuan negosiasi, dan sebagainya. Bisa juga dengan mengusulkan pada perusahaan untuk mengadakan pelatihan kepemimpinan atau workshop yang mampu meningkatkan team work. Jika memungkinkan acara tersebut dapat dihadiri oleh semua karyawan perusahaan sehingga tidak hanya teman satu tim saja yang dilatih namun juga dengan tim kerja yang lain.

Agar pelatihan soft skill tidak terganggu, kamu bisa serahkan urusan membayar tagihan dari Malaysia ke Indonesia kepada Qelola. Dengan berbagai fitur Qelola, kamu bisa membayar berbagai tagihan meskipun kamu tidak sedang ada di Indonesia. Unduh aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , ,