5 Cara Cepat Sukses Belajar Bahasa Asing

belajar bahasa asing

Menguasai bahasa asing saat ini dianggap cukup penting. Itu dikarenakan dengan menguasai bahasa asing, akan memudahkan Anda dalam pergaulan dan dapat menjadi bekal di masa depan. Dan bagi Anda yang saat ini sedang belajar bahasa asing dan merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa asing tersebut. Berikut kami bagikan cara cepat belajar bahasa asing yang bisa Anda lakukan.

  1. Berbicara dengan Penutur Asli

aplikasi android belajar bahasa asing 692x376 - 5 Cara Cepat Sukses Belajar Bahasa Asing

Cara terbaik untuk mempelajari bahasa adalah dengan berbicara dengan penutur asli. Ini adalah bentuk latihan terbaik yang bisa Anda lakukan. Ini mungkin tidak nyaman, tapi itulah cara belajar. Berbicara dengan penutur asli bahasa akan memotivasi Anda mempelajari bahasa. Cobalah mencari teman atau kolega yang merupakan penutur asli bahasa yang ingin Anda pelajari dan mau membantu Anda belajar. Anda juga bisa beriklan di forum daring atau koran lokal untuk menemukan guru, atau mengikuti kelas pertukaran bahasa.

  1. Pelajari Bahasa Setiap Hari

Belajar bahasa asing bukanlah hal yang mudah. Jika Anda ingin menjadi cukup mahir dalam berbahasa asing, maka Anda harus berlatih setiap hari. Sambil belajar, Anda juga harus mencatat dan menghafal konsep-konsep baru. Berlatihlah dengan berbicara bahasa asing sebanyak yang Anda bisa. Repetisi sangat penting dalam proses pembelajaran bahasa, jadi ulanglah kosakata dan kalimat hingga Anda mengingatnya. Mengulang kata sangat membantu untuk membenamkan kata asing dalam pikiran Anda. Jika Anda beristirahat terlalu lama, Anda bisa melupakan hal-hal yang baru Anda pelajari, dan waktu belajar Anda pun akan terbuang untuk mengulang apa yang sudah dipelajari. Anda bisa memotong waktu yang terbuang tersebut dengan belajar setiap hari. Tidak ada cara cepat yang ajaib untuk belajar bahasa selain komitmen untuk belajar. Banyak orang yang mengklaim telah mempelajari bahasa tertentu selama bertahun-tahun, namun belum lancar menggunakan bahasa yang mereka pelajari tersebut. Mungkin saja mereka yang mempelajari bahasa selama bertahun-tahun tersebut hanya mempelajarinya selama beberapa jam seminggu. Oleh karena itu, jika Anda ingin mempelajari bahasa asing dengan cepat, Anda harus berkomitmen untuk mempelajari bahasa tersebut setiap hari.

  1. Membawa Kamus Setiap Waktu

idn featured oxford 7446cae42860a0c023f6f4be087f7083 600x400 - 5 Cara Cepat Sukses Belajar Bahasa Asing

Kamus sangat dibutuhkan ketika Anda sedang belajar bahasa asing. Anda bisa menggunakan kamus fisik atau kamus digital pada ponsel Anda. Apapun kamus yang Anda pilih, pastikan Anda dapat mengaksesnya dengan mudah saat Anda perlu mengetahui makna suatu kata. Membawa kamus akan memudahkan Anda menemukan kata yang diperlukan dengan cepat. Kamus akan sangat berguna saat Anda mengobrol dengan penutur asli dan Anda tidak perlu kawatir merusak alur obrolan hanya karena Anda tidak ingat makna suatu kata. Selain itu, melihat kamus dan langsung menggunakan kata dalam kalimat akan memudahkan Anda mengingat kata tersebut.

Baca Juga: Cari Tahu Perbedaan Bahasa Indonesia dan Malaysia Hanya di Sini

  1. Menggunakan Media Pembelajaran

Memperkaya pengetahuan dengan bahasa bisa dilakukan dengan membaca, menulis, mendengar, dan menonton media dari bahasa asing yang sedang Anda pelajari. Hal termudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan menonton acara TV atau film. Cobalah menghindari subtitle agar Anda tidak mengandalkan teks tersebut untuk memahami jalan cerita. Tontonlah cerita yang mudah Anda kenali plotnya. Memahami konteks akan memudahkan Anda memahami arti kata dan frasa. Selain membantu Anda mengembangkan kemampuan mendengar, Anda juga dapat mendengar pengucapan kata dan frasa umum yang benar. Usahakan juga untuk membaca dan menulis dalam bahasa yang Anda pelajari. Bacalah artikel dalam bahasa tersebut. Carilah kata yang tidak Anda pahami dari kamus. Anda juga bisa mengubah pengaturan bahasa pada alat elektronik yang Anda gunakan sehingga Anda bisa mempelajari kata dalam bahasa yang sedang Anda pelajari. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan lagu dalam bahasa yang Anda pelajari. Cobalah mempelajari liriknya, lalu temukan makna dari lirik lagu tersebut untuk memahami isinya.

  1. Komitmen dan Konsisten

Belajar bahasa asing merupakan sebuah proses yang cukup rumit dan berkelanjutan. Penting untuk melakukan sesuatu yang benar di waktu yang tepat, dan pastikan bahwa hal tersebut tepat untuk Anda. Jika Anda tidak memiliki alasan kuat untuk belajar bahasa asing, Anda akan sangat mungkin untuk kehabisan motivasi di tengah jalan. Tidak peduli apapun alasan Anda, begitu Anda sudah menetapkan niat belajar satu bahasa, berkomitmenlah dan konsisten dalam menjalaninya. Adaptasikan cara belajar sesuai dengan level bahasa Anda saat ini. Beberapa hal akan terlihat sangat menarik pada awalnya tetapi berubah membosankan di kemudian hari. Beberapa lainnya terbilang sulit untuk dipahami di awal, dan tidak begitu efektif untuk dilakukan, namun akan semakin mudah seiring dengan waktu. Konsisten dengan tingkat dan minat belajar Anda adalah kunci untuk mengoptimalkan pemahaman belajar bahasa Anda.

Belajar bahasa asing dapat membuka wawasan sekaligus kesempatan karir yang cukup menjanjikan. Gaji yang tinggi serta status sosial yang cukup terpandang, biasanya juga akan Anda dapatkan jika menguasai bahasa asing. Nah, ketika nantinya Anda sudah mendapatkan pekerjaan dengan berbekal ijazah yang didapatkan, jangan lupa untuk mengirimkan uang kepada keluarga di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anda bisa menggunakan layanan Qelola untuk hal ini. Layanan remitansi Qelola memberikan garansi transfer cepat dan biaya ekonomis, sehingga benar-benar jadi partner terbaik untuk TKI yang ada di Malaysia. Unduh aplikasinya di sini sekarang juga.

 

Tags: , , , , , ,