Cara Cek Tagihan PDAM dan Bayar Sekaligus Via Online

cek tagihan PDAM

Tagihan air adalah salah satu tagihan rutin yang banyak diikuti oleh mayoritas keluarga di Indonesia. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) juga telah mengelola kebutuhan pokok manusia ini hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Sayangnya masih banyak keluarga atau rumah yang kurang memperhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran setiap bulannya. Hal ini tentu akan menghambat kinerja PDAM jika terjadi oleh banyak rumah yang terlambat membayar. Selain itu, pasokan air Anda juga bisa terancam diputus jika ada keterlambatan dalam waktu yang lama. Salah satu penyebab terlambatnya pembayaran tarif PDAM adalah kurangnya kesadaran akibat tidak mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan bulan itu. Jadi penting juga bagi Anda dan keluarga lainnya untuk mengetahui cara cek tagihan PDAM yang mudah dan cepat agar pembayaran air terkontrol. Berikut ini adalah cara cek tagihan PDAM offline dan online yang harus Anda ketahui:

A.  Cara Cek Tagihan PDAM Offline

cara transfer uang lewat atm 1 1 - Cara Cek Tagihan PDAM dan Bayar Sekaligus Via Online

Cara offline ini dapat Anda lakukan melalui mesin ATM terdekat dengan Anda. Hampir semua bank yang ada di Indonesia melayani kemudahan ini. Sebagian besar memiliki cara yang sama, sehingga cara di bawah ini sama langkahnya namun bisa saja berbeda penyebutannya pada bank yang Anda gunakan:

  1. Masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM kemudian ketikkan nomor PIN.
  2. Lalu pilih menu “bayar/beli” pada menu utama.
  3. Anda akan menjumpai beberapa pilihan jenis pembayaran. Pilihlah menu PDAM/PAM/AIR MINUM (sesuaikan dengan bank Anda).
  4. Kemudian Anda akan diberikan pilihan kode perusahaan atau PDAM yang ada di daerah Anda. Anda dapat melihat daftarnya dengan memilih Daftar Kode/PDAM Lainnya. Setelah itu, kembali ke menu utama untuk memasukkan kode PDAM tersebut.
  5. Beberapa bank akan mengarahkan Anda untuk menuju menu berikutnya guna mengisikan ID Pelanggan atau Nomer Meter. Namun ada juga bank yang meminta Anda memasukkan kode PDAM + ID Pelanggan/Nomor Meter sekaligus.
  6. Setelah pengisian di atas selesai, akan muncul tagihan PDAM Anda beserta dendanya, jika ada. Jangan lupa untuk mengecek rincian informasi transaksi, seperti memastikan nama Anda dan jumlah tagihannya benar.
  7. Ketika Anda sudah yakin benar, Anda dapat kembali ke menu utama jika belum ada saldo yang bisa digunakan dan dapat langsung membayarkannya pada menu berikutnya jika memang ada saldo pada rekening Anda.

B.  Cara Cek Tagihan PDAM Online

cek rekening qelola - Cara Cek Tagihan PDAM dan Bayar Sekaligus Via Online

Apabila Anda belum memiliki waktu untuk datang ke mesin ATM atau belum memiliki Mobile Banking, Anda dapat mengecek tagihan PDAM melalui beberapa cara online yang disediakan oleh berbagai jenis platform dan aplikasi. Jika Anda bekerja di luar negeri (TKI) atau menerima biaya hidup dari keluarga yang bekerja sebagai TKI, maka kami sangat menyarankan menggunakan aplikasi Qelola. Karena pengecekan tagihan PDAM sekaligus pembayarannya dapat dilakukan dari 1 aplikasi ini. Alasan terpentingnya adalah transaksi ini dapat dilakukan langsung oleh pengguna Qelola meskipun pembayaran dilakukan dari luar negeri. Berikut ini adalah cara mudah mengecek tagihan PDAM menggunakan Qelola :

  1. Hal pertama setelah Anda mengunduh Qelola adalah registrasi atau membuat akun. Baru setelah itu, Anda buka kembali aplikasi ini.
  2. Kemudian akan muncul beberapa pilihan menu. Pilih dan klik menu PDAM.
  3. Isikan ID Pelanggan atau Nomor Meter Anda dan pilih region PDAM yang diikuti oleh keluarga Anda di tanah air. Selanjutnya adalah klik tombol “konfirmasi”.
  4. Setelah itu, akan muncul data singkat Anda dan tagihan PDAM yang Anda miliki secara otomatis. Pastikan data yang meliputi nama, nomor meter, pemakaian air dalam kubik, tagihan, dan denda yang Anda miliki benar dan sesuai.
  5. Sampai disini, Anda telah berhasil mengecek tagihan PDAM rumah Anda. Jika ingin langsung membayar dari saldo Qelola, Anda tinggal mengisikan password Qelola Anda kemudian klik “bayar”. Namun jika belum saatnya membayar, Anda dapat langsung keluar dari aplikasi atau kembali ke menu utama.

Langkah di atas bisa juga Anda gunakan pada platform lain seperti Bebasbayar.com, Ralali.com, dan sebagainya. Untuk beberapa daerah di Indonesia bahkan telah mempunyai website yang melayani pengecekan tagihan ini, yaitu PDAM Jakarta (pamjaya.co.id), PDAM Bogor (pdamkotabogor.go.id), PDAM Tangerang (pdamtkr.co.id), PDAM Bekasi (tirtabhagasasi.co.id), dan lainnya bisa Anda coba cari diperamban.

Baca Juga: Inilah Cara Mudah Cek Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Itu tadi adalah berbagai cara cek tagihan PDAM yang bisa Anda akses dari berbagai media, baik offline maupun online. Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat setiap harinya, sangat disarankan untuk menggunakan salah satu aplikasi di atas. Karena Anda akan jauh dipermudah dalam mengecek tagihan PDAM. Khusus bagi Anda para TKI yang bekerja di luar negeri, sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Qelola. Aplikasi ini tidak hanya mampu mengecek tagihan PDAM Anda, namun juga membayarkannya langsung dari saldo yang Anda isikan. Bahkan Anda juga bisa membayarkan tagihan BPJS, tagihan listrik atau pulsa listrik, dan berbagai fitur lain yang bisa digunakan meskipun Anda sedang bekerja di luar negeri. Ketahui lebih lanjut tentang Qelola di sini. Kemudian unduh untuk merasakan manfaat Qelola secara langsung di sini.

Tags: , , , ,