Ketahui Apa Saja Fungsi Surat Keterangan Masih Bekerja Berikut Ini

surat keterangan masih bekerja

Sebagai pekerja, tentu saja Anda sudah tidak asing dengan surat keterangan masih bekerja, atau yang biasa disebut dengan surat keterangan kerja. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa sebenarnya fungsi dari surat tersebut? Jika Anda belum mengetahuinya, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Penting! Inilah Kegunaan Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Apa Itu Surat Keterangan Masih Bekerja?

surat keterangan masih bekerja 2 - Ketahui Apa Saja Fungsi Surat Keterangan Masih Bekerja Berikut Ini

Surat keterangan masih bekerja merupakan surat yang menginformasikan posisi kerja seseorang, sekaligus memberikan konfirmasi tentang posisi pekerjaan seseorang tersebut di dalam sebuah perusahaan. Biasanya yang menulis surat keterangan kerja ini adalah HRD atau personalia, yang memiliki wewenang dalam perusahaan. Dengan surat ini, maka semua karyawan bisa menggunakannya untuk berbagai macam kepentingan. Seperti sebagai syarat pengajuan peminjaman uang di bank, kredit rumah, kendaraan, ataupun yang lainnya. Biasanya surat ini menjadi salah satu lampiran dari berbagai kepentingan tersebut.

Apa Saja Isi Surat Keterangan Masih Bekerja?

surat keterangan masih bekerja 3 - Ketahui Apa Saja Fungsi Surat Keterangan Masih Bekerja Berikut Ini

Pertama, di dalam surat keterangan kerja harus berisikan kop surat yang berisi nama perusahaan, alamat kantor, dan nomor telepon kantor tempat Anda bekerja. Selanjutnya harus ada perihal surat tersebut dibuat. Sementara kelengkapan pada bagian isi surat harus mencakup informasi seperti nama lengkap karyawan, jabatan karyawan, dan nomor identitas diri (KTP) karyawan.

Selanjutnya, pihak pembuat surat keterangan atau pihak perusahaan akan menjelaskan bahwa karyawan dengan biodata tersebut benar-benar merupakan seorang pekerja di perusahaan. Surat keterangan kerja juga berisikan lama waktu bekerja, dan jabatan atau posisi karyawan tersebut di perusahaan sebagai apa. Posisi yang dijelaskan adalah posisi terakhir karyawan di perusahaan pada saat surat tersebut dikeluarkan. Pihak perusahaan akan memberikan penilaian yang diberikan dari atasan terhadap karyawan tersebut. Kemudian pada bagian terakhir, berisikan penutup surat keterangan kerja. Sebagai pengesahan terhadap surat keterangan tersebut, maka akan diberikan tanda tangan dari pihak personalia atau yang berkepentingan dengan penjelasan tempat, tanggal dibuatnya surat, serta nama jelas yang bertanda tangan. Selain itu, tidak lupa dilampirkan juga cap perusahaan dan legalisir dari pihak perusahaan sebagai bentuk sahnya surat keterangan kerja tersebut.

Pada dasarnya, bentuk atau model surat keterangan masih bekerja akan berbeda-beda setiap perusahaan. Yang penting adalah, Anda harus memastikan bahwa isi surat keterangan bekerja tersebut berisikan keterangan yang lengkap dan jelas. Jangan lupa untuk melihat adanya penjelaskan bahwa Anda adalah benar pekerja di perusahaan tersebut. Selama surat keterangan lengkap dan memiliki legalisir dari pihak perusahaan, maka surat tersebut dapat dikatakan sah dan bisa Anda gunakan untuk beberapa keperluan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Apa Fungsi Surat Keterangan Masih Bekerja?

surat keterangan masih bekerja 1 - Ketahui Apa Saja Fungsi Surat Keterangan Masih Bekerja Berikut Ini

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan surat keterangan kerja, lalu apa saja sih, fungsi dari surat keterangan masih bekerja tersebut? Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan surat keterangan kerja bagi Anda sebagai karyawan perusahaan:

1.  Sebagai syarat pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Kegunaan dari surat keterangan kerja yang pertama adalah sebagai syarat ketika Anda ingin menarik saldo BPJS ketenagakerjaan. Jika tidak ada surat keterangan kerja, maka kemungkinan Anda tidak akan bisa mencairkan dana BPJS. Sebab untuk mencairkan dana BPJS, salah satu surat penting yang wajib Anda lampirkan adalah surat keterangan kerja yang telah mendapatkan legalisir dari perusahaan tempat Anda bekerja, sekaligus fotokopi suratnya. Jika Anda melampirkan surat keterangan kerja, maka Anda bisa menarik dana BPJS hingga 30%.

2.  Sebagai syarat pengajuan pinjaman dana di bank

Fungsi surat keterangan masih bekerja selanjutnya adalah berguna ketika Anda melakukan pinjaman ke suatu bank. Biasanya untuk meminjam sejumlah dana di bank, maka Anda akan dimintai surat keterangan kerja sebagai persyaratan. Hal ini dikarenakan, pihak bank membutuhkan keterangan yang jelas mengenai posisi Anda di perusahaan tempat Anda bekerja. Jadi, nanti bank akan mengetahui mana pinjaman yang mampu untuk Anda bayarkan.

3.  Untuk mengajukan beasiswa profesional

Jika Anda ingin mendaftar kuliah dan telah memiliki pengalaman kerja di suatu perusahaan, maka Anda bisa menggunakan surat keterangan kerja Anda dengan jalur beasiswa profesional. Jika Anda jeli untuk mencarinya, maka Anda bisa menemukan pilihan beasiswa profesional tersebut. Baik beasiswa dari pemerintah maupun dari pihak-pihak swasta. Untuk memperoleh beasiswa jenis ini, Anda akan dimintai lampiran surat keterangan kerja yang sah, sekaligus yang telah dilegalisir oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Setelah mengetahui informasi di atas, tentu saja kini Anda semakin memahami tentang surat keterangan masih bekerja, dan apa saja fungsinya. Jadi, jangan sampai Anda mengabaikan keberadaan surat keterangan kerja, ya. Karena surat tersebut bisa jadi sangat bermanfaat bagi Anda, termasuk untuk penarikan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Sementara itu, pastikan Anda tidak pernah terlambat dalam membayar tagihan BPJS agar status kepesertaan Anda tetap aktif. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Hanya dengan mengunduh aplikasinya di Google Playstore, Anda sudah bisa bayar ini-itu dengan sangat praktis via aplikasi Qelola. Yuk, coba sekarang juga!

Tags: , , , , ,