Bagaimana Cara Telepon ke Luar Negeri yang Benar?

Untitled design605 - Bagaimana Cara Telepon ke Luar Negeri yang Benar?

Cara telepon ke luar negeri bisa dilakukan dengan cukup sederhana, hanya diperlukan pemahaman terhadap format dial yang digunakan. Mungkin jika Anda melakukan panggilan ke nomor lain yang masih sama-sama di Indonesia, Anda hanya tinggal menekan nomor yang dimiliki saja. Namun panggilan ke luar negeri harus dilakukan dengan format yang runtut serta tepat.

Beberapa dari Anda yang sudah tinggal dan bekerja di luar negeri, seperti di Malaysia misalnya, tentu sudah memahami hal ini. Panggilan telepon yang dilakukan dengan cara ini bisa berjalan lancar jika kode yang dimasukkan tepat, dan tentu saja pulsa mencukupi untuk melakukan panggilan. Setidaknya ada 3 kode yang harus dimasukkan dengan tepat.

Pertama adalah kode panggilan internasional, lalu kode negara, dan terakhir adalah kode area. Setelah 3 kode ini dimasukkan dengan tepat, baru Anda bisa memasukkan nomor telepon yang dituju. Berikut pembahasannya.

Kode Panggilan Internasional

Untitled design601 - Bagaimana Cara Telepon ke Luar Negeri yang Benar?

Disebut juga sebagai Kode Akses Internasional atau kode SLI, digunakan untuk melakukan panggilan ke luar negeri. Kode ini diletakkan pada urutan pertama rangkaian nomor yang dimasukkan ketika akan melakukan panggilan ke luar negeri. Perlu diingat bahwa setiap negara memiliki kode panggilan internasional yang berbeda, yang berperan sebagai ‘identitas’ dan kode bahwa nomor Anda akan melakukan panggilan ke luar negeri.

Beberapa negara seperti Tiongkok, Mesir, Kuwait, Malaysia, Arab Saudi, dan Turki, kode panggilan internasional yang digunakan adalah 00. Jadi pada bagian awal nomor yang dimasukkan, Anda bisa menginput angka 00 sebagai petunjuk bahwa Anda akan melakukan panggilan internasional.

Kode Negara

Untitled design602 - Bagaimana Cara Telepon ke Luar Negeri yang Benar?

Setelah mengetahui kode internasional yang Anda gunakan sebagai penanda panggilan luar negeri, selanjutnya Anda akan memasukkan kode negara tujuan panggilan telepon internasional tersebut. Kode ini biasanya digunakan oleh beberapa negara secara bersamaan. Namun demikian, sistem dapat mengidentifikasi mana negara yang akan Anda tuju.

Jika Anda pernah mendengar +62 sebagai kode Indonesia, hal ini benar. +62 merupakan kode negara Indonesia ketika akan dituju oleh panggilan internasional. Kode negara lain yang bisa Anda ingat dalam cara telepon ke luar negeri adalah Jepang (+11), Taiwan (+886), Singapura (+65), Malaysia (+60), Tiongkok (+86), dan Thailand (+66).

Kode Area, Tidak Semua Negara Menggunakan

Untitled design603 - Bagaimana Cara Telepon ke Luar Negeri yang Benar?

Cara telepon ke luar negeri yang terakhir, dan sifatnya sebagai pelengkap, adalah kode area. Dikatakan sebagai pelengkap karena tidak semua negara menggunakan kode area ini. Biasanya, hanya negara-negara dengan cakupan wilayah luas saja yang menggunakan kode ini. Misalnya seperti kawasan Amerika Serikat, atau Rusia.

Malaysia, dalam hal ini, juga menggunakan kode area. Jadi untuk menerapkan cara telepon ke luar negeri ke Malaysia, Anda harus memahami kode area yang digunakan. Untuk Kuala Lumpur, kode area yang digunakan adalah +03. Tentu kode ini harus dipadukan dengan kode negara Malaysia, sebagai tujuan panggilan.

Cara Telepon ke Luar Negeri

Untitled design604 - Bagaimana Cara Telepon ke Luar Negeri yang Benar?

Setelah mengetahui format yang digunakan, idealnya Anda sudah memahami cara telepon ke luar negeri dengan benar. Jadi masukkan kode panggilan internasional negara lokasi Anda berada, lalu masukkan kode negara yang Anda tuju, masukkan kode area jika ada, dan lanjutkan dengan memasukkan nomor telepon secara langsung. Ingat, input kode ini tidak disertai tanda ‘+’. Tanda tersebut hanya sebagai ilustrasi saja.

Telepon ke luar negeri dengan memasukkan kode yang sesuai adalah cara paling mudah dan bisa digunakan oleh semua orang. Beberapa penyedia layanan seluler di Indonesia juga memiliki cara telepon ke luar negeri yang berbeda, hanya saja secara garis besar tetap sama. Mungkin terdapat beberapa perbedaan kecil pada kode-kode pelengkap yang digunakan.

Cara ini sering digunakan oleh orang-orang yang bekerja di luar negeri, guna menghubungi relasi bisnis atau keluarganya yang ada di negara asal. Misalnya saja di Indonesia, cara ini banyak digunakan pada TKI untuk menghubungi keluarganya yang berada di tanah air. Sekedar melepas rindu, atau memberikan kabar bahwa transfer bulanan sudah dilakukan.

Baca Juga: TKI Wajib Tahu! Tips Aman Melakukan Pengiriman Uang Antar Negara

Menjaga hubungan komunikasi dengan memahami cara melakukan panggilan ke luar negeri seperti yang dijelaskan di atas, bisa jadi cara yang ampuh dan efisien. Meski tentu, Anda harus memastikan keberadaan sinyal dan pulsa. Jangan sampai Anda tidak memiliki pulsa, karena panggilan tidak akan bisa dilakukan dalam kondisi tersebut.

Setelah memahami cara telepon ke luar negeri yang benar, ada satu hal yang yang boleh Anda lewatkan ketika bekerja di luar negeri. Hal tersebut adalah memilih layanan remitansi yang berkualitas dan handal. Qelola, untuk urusan ini, bisa jadi partner yang terbaik. Dengan layanan transfer real-time, serta biaya administrasi yang sangat murah (kurang dari 5 ringgit), Qelola siap menjadi partner Anda. Segera unduh aplikasinya di sini, dan jaga komunikasi dengan telepon dan transfer yang lancar!

 

Tags: , , , , , , , , , ,