Apa Itu TKI? Apa Saja Keuntungan Jadi TKI? Temukan Jawabannya di Sini

pengertian tki

Jika mendengar kata TKI, apa yang terlintas dalam benak Anda? Mayoritas orang mengartikan istilah TKI sebagai pekerja kasar atau pekerja rendahan. Beberapa orang lainnya mengaitkan gelar TKI dengan profesi asisten rumah tangga atau sejenisnya. Bahkan ada yang merinding mendengar kata TKI karena banyaknya kasus negatif yang menimpa para TKI di luar negeri. Penafsiran yang sudah disebutkan tadi memang tidak salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Banyak hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang seluk beluk TKI. Oleh karena itu artikel berikut ini akan membahas dengan lebih detail apa itu TKI dan keuntungan apa saja yang bisa didapat jika menjadi TKI.

Ketahui dengan Pasti Apa Itu TKI

Apa itu TKI? TKI merupakan singkatan dari Tenaga Kerja Indonesia. Gelar TKI diberikan kepada mereka yang berstatus Warga Negara Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk bekerja dalam jangka waktu tertentu dan mendapatkan upah sesuai dengan kontrak kerja. Menurut Undang-Undang Nonor 18 Tahun 2017 tentang perlindungan Pekerja Migran Indonesia, pekerjaan sebagai TKI ini sekarang disebut sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Berbicara tentang apa itu TKI, sebenarnya masih banyak istilah lain yang juga berkaitan dengan sebutan TKI. Misalnya saja adalah TKW atau Tenaga Kerja Wanita, yaitu sebutan bagi WNI wanita yang akan bekerja di luar negeri. Selain PMI, TKI juga sering dipanggil dengan sebutan BMI atau Buruh Migran Indonesia. Wah, ternyata banyak juga ya sebutan untuk TKI ini.

Sebelumnya juga sudah disinggung bahwa TKI sering dicap sebagai pekerja kasar atau rendahan karena mayoritas didominasi oleh profesi ART. Namun, ternyata pekerjaan TKI tidak hanya terbatas pada profesi ART saja melainkan juga pekerja pabrik, pekerja perkebunan, perawat, pelayanan restoran, operator, petani, awak kapal dan lainya. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjadi TKI?

Keuntungan Menjadi Tenaga Kerja Indonesia

Meskipun sering diremehkan, nyatanya pekerjaan TKI ini justru menjamin Anda bisa mendapat banyak keuntungan. Walaupun memang banyak tantangan yang harus dihadapi seperti jauh dari keluarga, adaptasi dengan negara baru, dan punya modal uang yang cukup, hasil yang didapat nantinya juga sepadan. Lalu apa saja ya keuntungan menjadi TKI itu? Simak ulasannya berikut ini.

  • Upah Bulanan yang Besar

business woman holding banknote cash separately white brick wall made gestures with sign language 1150 8263 - Apa Itu TKI? Apa Saja Keuntungan Jadi TKI? Temukan Jawabannya di Sini

Bukan rahasia lagi jika upah bekerja di luar negeri itu jumlahnya lebih besar jika dibandingkan di negeri sendiri. Hal inilah yang mendorong masyarakat Indonesia untuk berbondong-bondong mengadu nasib di negeri orang. Harapannya, upah tersebut nantinya dapat memperbaiki ekonomi keluarga dan meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik. Upah minimum TKI di Malaysia sendiri misalnya sudah mencapai 3,1 juta rupiah. Sedangkan di Taiwan upah minimum pekerja migran mencapai 6,91 juta rupiah. Bahkan angka tersebut masih tergolong kecil jika disandingkan dengan upah TKI di Inggris yang mencapai 23 juta rupiah. Namun perlu diketahui juga bahwa di negara Britania Raya ini memiliki biaya hidup yang tinggi.

  • Bonus yang Berlipat Ganda

apa itu tki 2 - Apa Itu TKI? Apa Saja Keuntungan Jadi TKI? Temukan Jawabannya di Sini

Belum habis membahas tentang gaji TKI yang tergolong besar, ternyata mereka masih akan mendapat bonus tambahan yang nominalnya juga tak kalah menarik. Di negara Hongkong misalnya, TKI akan diapresiasi dengan bonus yang melimpah jika sudah bekerja selama 8 tahun. Tak tanggung-tanggung, jumlah bonus yang akan diterima pun sejumlah ⅔ gaji pokok yang dikalikan lama TKI bekerja. Pantas saja, banyak TKI yang mendadak jadi jutawan setelah pulang ke Indonesia. 

  • Dapat Tambahan Penghasilan dari Usaha Sampingan

product package boxes shopping bag cart with laptop online shopping delivery concept 38716 138 - Apa Itu TKI? Apa Saja Keuntungan Jadi TKI? Temukan Jawabannya di Sini

Banyak TKI di luar negeri yang ternyata juga menyibukan diri dengan melakukan usaha sampingan lho. Banyak ide usaha sampingan yang bisa dilakukan TKI selama bekerja di luar negeri untuk menambah penghasilan. Misalnya saja dengan jual beli makanan khas negara asal seperti bakso, tempe, keripik, dan makanan khas Indonesia lainnya. Bisa juga memulai usaha sampingan dengan membuka jastip barang-barang yang ada di Malaysia untuk dikirim ke Indonesia. Apalagi sekarang sudah eranya digital, cukup dengan bermodalkan smartphone dan internet, Anda bisa berjualan secara online.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Produk Jastip yang Populer di Malaysia

  • Mendapat Warisan/Dinikahi Majikan

groom putting ring bride s finger 1157 338 - Apa Itu TKI? Apa Saja Keuntungan Jadi TKI? Temukan Jawabannya di Sini

Nasib seseorang tidak pernah ada yang tahu, begitu pula dengan TKI yang mengabdikan diri mereka di luar negeri. Sebagai pahlawan devisa negara, tak jarang banyak TKI yang juga dapat rejeki nomplok saat bekerja di mancanegara. Sebagai wujud penghargaan dari bos atau majikan, ada TKI yang diberi warisan oleh empunya. Bahkan jika dewi fortuna sedang berpihak, ada majikan yang bahkan jatuh hati dan bersedia menikahi seorang TKI. Jadi, apapun pekerjaan yang Anda jalani, lakukanlah dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin karena siapa tahu Anda memiliki nasib yang sama dengan TKI yang beruntung tersebut.

Demikian informasi yang bisa Anda simak tentang apa itu TKI dan keuntungan apa saja yang bisa diraih jika Anda menjadi seorang TKI. Walaupun banyak iming-iming menggiurkan yang bisa Anda peroleh, tapi Anda harus mempelajari hak dan kewajiban TKI terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Selain itu persiapkan diri Anda dengan perencanaan yang baik dalam mengelola upah bulanan Anda nantinya. Salah satu cara tepat untuk mengelola keuangan bagi TKI adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan seperti aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah cara baru untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia secara online. Bagi Anda WNI dan TKI yang ada di Malaysia yang akan melakukan transfer dana ke tanah air bisa mencoba aplikasi ini. Selain untuk mengirim uang, aplikasi Qelola juga bisa digunakan untuk bayar-bayar tagihan di tanah air. Tagihan ini meliputi listrik, PDAM, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Pembelian pulsa dan kuota internet juga bisa melalui aplikasi ini. Bahkan bagi Anda yang hobi main game online bisa beli voucher game lewat aplikasi Qelola langsung dari HP.  Segera unduh aplikasi Qelola di sini dan nikmati fitur-fitur menariknya!

Tags: , , , , , ,