Awas! Hindari Agen Penipuan TKI, Kenali Ciri-Cirinya

penipuan tki

Jika ada janji manis, bisa mempekerjakan ke luar negeri dengan cepat, kerja enak, gaji besar, sebaiknya Anda teliti dulu. Demikian pula Jika ada informasi lowongan kerja di media sosial, maupun dari sponsor atau Perekrut Lapangan (PL) yang datang dan menawarkan Job kerja ke Luar Negeri, jangan buru-buru menyetujuinya. Karena bisa jadi ini adalah modus penipuan TKI yang akan membuat Anda menyesal di kemudian hari.

Agar terhindar dari modus penipuan TKI, ada baiknya Anda jeli dan aktif mengumpulkan informasi. Teman atau keluarga bisa menjadi sumber terpercaya untuk dijadikan rujukan informasi. Internet juga bisa menjadi sumber informasi paling terjangkau untuk mengetahuinya. Seperti halnya yang akan kita bahas di bawah ini untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan agar terhindar dari penipuan.

Perhatikan Tempat Agen TKI Anda

antarafoto penampungan tki nunukan 220417 mrus 1 - Awas! Hindari Agen Penipuan TKI, Kenali Ciri-Cirinya

Cara Anda mendapatkan agen TKI dapat melalui berbagai cara. Cara paling aman tentu dengan meminta rekomendasi dari Disnakertrans terdekat di daerah Anda. Namun bisa juga Anda mendapatkannya dari internet atau perorangan yang menawarkan langsung kepada Anda. Jika seperti itu cara Anda, kemudian mereka ingin mengajak Anda untuk bertemu, tujulah alamat rumah mereka. Jangan tunjukkan alamat rumah Anda secara cuma-cuma. Jika mereka menolak, maka Anda harus lebih berhati-hati dengan orang ini. Agen TKI penipu tentu tidak ingin alamat rumahnya diketahui oleh korban. Lebih baik mencari agen TKI lain daripada resiko ditipu besar.

Sebaliknya, jika mereka setuju untuk didatangi rumahnya, perhatikan atau jika perlu tanyakan apakah rumah tersebut menyewa atau tidak. Meskipun rumahnya bagus dan megah tapi masih menyewa, Anda patut untuk curiga. Mereka tidak akan segan menyewa rumah bagus untuk meyakinkan para calon TKI. Apabila bentuknya ruko, Anda dapat menanyakan izin usaha mereka lalu cek apakah benar terdaftar di dinas imigrasi dan ketenagakerjaan.

Namun tidak menutup kemungkinan mereka memiliki rumah tetap. Jika begitu keadaannya, tidak ada salahnya Anda menanyakan tetangga sekitar berapa lama agen tersebut menjadi agen TKI. Pengalaman bertahun-tahun dapat menandakan bahwa dia dipercaya oleh TKI-TKI sebelumnya dan tidak melakukan penipuan.

Baca Juga: Tips Memilih Agen TKI

Lihat Kelengkapan Surat Izinnya

paklaring adalah 2 - Awas! Hindari Agen Penipuan TKI, Kenali Ciri-Cirinya

Berdasarkan Pasal 13 Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 22 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan TKI, sebaiknya jangan takut-takut untuk menanyakan dulu apakah penawar Job agen TKI itu memiliki dokumen sebagai berikut;

  • Surat Keputusan (SK) dia diangkat sebagai perekrut oleh PPTKIS
  • Surat Tugas dia dari PPTKIS.
  • Surat Keterangan Terdaftar sebagai PL yang diterbitkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kabupaten setempat.
  • Photo copy Job Order yang di syahkan oleh KBRI/KJRI/KDEI.
  • Photo copy Surat Izin Pengerahan
  • (SIP) yang di syahkan oleh BNP2TKI.

Jika tidak bisa menunjukkan dokumen-dokumen tersebut di atas, lebih baik tawaran Job langsung ditolak saja. Jika bisa menunjukkan dokumen tersebut, jangan takut di photo atau minta copy semua dokumennya lalu kroscek:

  • Apakah PT tersebut terdaftar atau tidak, cek di sini: http://pptkln.kemnaker.go.id/apptkln atau tanyakan ke BNP2TKI dengan menelpon ke 0800100 (gratis tidak atau kena pulsa) apakah job tersebut masih berlaku atau tidak.
  • Klik Link Resmi BNP2TKI untuk mengetahui nama “PPTKIS yang resmi dan info Job yang bisa di pertanggung jawabkan: http://www.bnp2tki.go.id/lembaga-detail/data-p3mi-per-juni-2019, http://jobsinfo.bnp2tki.go.id/
  • Setiap transaksi harus minta tanda terima (kwitansi bermaterai) untuk menghindarkan dari penipuan TKI.

Perhatikan Tawaran Kerja yang Diberikan

EP 4 3 - Awas! Hindari Agen Penipuan TKI, Kenali Ciri-Cirinya

Tawaran kerja bergaji mahal seringkali menarik minat para TKI. Hal ini pulalah yang di gunakan oleh para agen nakal untuk memberi bujuk rayu agar para TKI tersebut tertipu. Sebagai calon TKI Anda bisa melihat apakah tawaran kerja tersebut sesuai dengan realita gaji yang di tawarkan. Carilah informasi melalui dinas resmi terkait ketenagakerjaan maupun kenalan yang sudah bekerja di luar negeri. Sebuah penawaran gaji tinggi dengan deskripsi kerja yang mudah, rentan digunakan sebagai upaya penipuan TKI.

Apakah Diberikan Pelatihan yang Tepat

Pembantu Rumah Tangga Gak - Awas! Hindari Agen Penipuan TKI, Kenali Ciri-Cirinya

Idealnya, jika Anda akan bekerja sebagai asisten rumah tangga maupun buruh pabrik, maka tempat penyalur tenaga kerja akan memberi pelatihan yang sesuai. Anda patut curiga sebagai korban penipuan TKI jika agen penyalur tidak memberikan pelatihan yang tepat. Ingatlah selalu bahwa Malaysia sedikit memiliki perbedaan dengan Indonesia. Demikian juga dengan tiap pekerjaan juga membutuhkan keahlian sesuai bidangnya. Jadi pastikan Anda memahami tugas sebelum berangkat ke luar Malaysia dan tanyakan pada agen Anda tentang pelatihannya.

Jika semua syarat di atas telah terpenuhi dan Anda berhasil mendaftar sebagai TKI. Maka jangan lupa untuk segera membuat perencanaan keuangan yang baik sesampainya di sana.

Perencanaan keuangan yang baik, juga termasuk penggunaan aplikasi keuangan yang hemat biaya. Qelola adalah salah satu aplikasi keuangan yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan tersebut. Anda bisa mengelola semua keuangan dengan cara membayar tagihan secara langsung dari Malaysia sehingga terhindar dari masalah penyalahgunaan keuangan. Anda juga bisa melakukan investasi melalui aplikasi Qelola sehingga siap dengan keuangan yang baik ketika kembali ke Indonesia. Ingatlah untuk menghindari segala bentuk penipuan TKI, dan investasikan keuangan Anda secara aman melalui Qelola.

 

Tags: , , , , , , ,