Tips Memilih SIM Card Malaysia yang Cocok

SIM Card Malaysia

Berkomunikasi dengan orang lain merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Tak terkecuali bagi TKI yang harus terpisah jauh dengan anggota keluarga di tanah air. Itulah kenapa perlengkapan komunikasi jarak jauh bagi calon TKI harus disiapkan sejak sebelum berangkat ke negara tujuan. Tidak hanya handphone yang bisa digunakan, namun komunikasi Anda juga membutuhkan jaringan sinyal dan internet yang lancar. Sehingga pemilihan SIM Card bagi TKI, khususnya TKI di Malaysia, harus diperhatikan.

SIM Card atau kartu SIM merupakan kartu berukuran kecil yang diletakkan dalam handphone Anda yang berfungsi untuk menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Ukurannya mulai dari yang standar, ukuran micro, hingga yang paling kecil ukuran nano. Penggunaan ketiganya bergantung pada jenis handphone apa yang Anda pakai. Kemudian berikut ini adalah tips memilih SIM Card yang tepat bagi TKI agar kegiatan komunikasi antara negara Indonesia dan Malaysia tetap nyaman.

1.  Alasan Menggunakan SIM Card Malaysia

Menggunakan SIM Card Indonesia di Malaysia sebenarnya juga bisa. Namun SIM Card Indonesia biasanya hanya bisa digunakan untuk telpon dan sms saja dan belum termasuk dengan kuota internet. Sedangkan saat ini, interaksi melalui handphone mayoritas sudah menggunakan koneksi internet seperti Whatsapp, Skype, dan sebagainya. Itulah kenapa sekarang muncul jasa penyewaan WiFi portable yang harus diurus sebelum berangkat ke negara penempatan karena begitu pentingnya jaringan internet. Namun harga sewa WiFi tersebut jelas terlalu besar jika digunakan untuk kebutuhan internet sehari-hari. Maka dari itu, menggunakan Kartu SIM Malaysia adalah pilihan yang tepat.

SIM Card lokal Malaysia akan jauh lebih murah karena Anda tidak akan lagi perlu membeli roaming luar negeri. Kartu SIM lokal Malaysia ini juga telah menawarkan beberapa jaringan yang biasa digunakan, yaitu mulai dari 2G, 3G, hingga 4G/LTE. Maka tidak salah lagi jika Anda beralih ke kartu SIM lokal.

smartphone 1894723 640 e1587314471723 - Tips Memilih SIM Card Malaysia yang Cocok

2.  Harga SIM Card Malaysia

Harga SIM Card lokal Malaysia bervariasi tergantung pada provider apa yang dipilih dan berapa kuotanya. Beberapa provider yang terkenal di sana adalah Maxis, DiGi, Celcom, dan U Mobile. SIM Card beberapa provider dengan jenis prabayar ini antara RM3 hingga yang paling mahal RM50. Jika Anda ingin membeli secara mingguan, maka Anda dapat membeli 2GB dengan harga kurang lebih RM10. Jangan khawatir ketika kuota habis sebelum masa aktif kartu berakhir, karena Anda dapat melakukan top up kuota. Harganya juga bervariasi antara RM3 untuk kuota 100MB hingga RM50 untuk kuota 5GB. Lebih terjangkau bukan?

Baca Juga: Hindari Biaya Komunikasi Mahal dengan SIM Card Malaysia

3.  Tips Memilih SIM Card Malaysia

a.  Persiapkan Paspor untuk Mendaftar

Karena Anda merupakan warga negara Indonesia, jadi ada beberapa syarat yang harus disiapkan. Salah satunya adalah paspor Anda yang masih berlaku. Anda cukup diminta menunjukkan paspor tersebut saat akan mendaftarkan diri sebelum menggunakan SIM Card Malaysia. Karena biasanya pendaftaran tersebut membutuhkan identitas diri.

b.  Belilah di Konter Resmi dan Gunakan Bantuan Petugas Konter

Tempat pembelian SIM Card Malaysia harus dilakukan di konter resmi. Salah satu konter resmi yang disediakan pemerintah Malaysia ada di bandara Kuala Lumpur. Pilihan harganya pun bervariasi dari yang paling murah hingga paket kuota yang besar. Manfaat lain dari membeli SIM Card di konter resmi adalah Anda dapat menanyakan berbagai kendala dan/atau kebingungan dalam membeli dan memasang SIM Card tersebut. Selain itu, jika ini merupakan pertama kalinya bagi Anda menggunakan kartu SIM Malaysia, jangan ragu meminta bantuan petugas konter tersebut untuk mengaktifkannya. Petugas konter juga akan membantu Anda memastikan ukuran SIM Card sesuai dengan kebutuhan handphone yang Anda gunakan, sehingga tidak ada lagi cerita salah memilih ukuran SIM Card.

c.  Sesuaikan Sinyal dengan Daerah Tempat Tinggal

Hal terpenting dalam memilih SIM Card selain harga dan kuotanya, juga kekuatan sinyal yang diberikan provider. Jangan ragu untuk menanyakan kepada petugas, provider apa yang sesuai dengan daerah tempat Anda akan bekerja atau tinggal. Karena bagaimanapun juga daerah perkotaan tidak sama kekuatan sinyalnya dengan daerah pinggiran. Jika Anda bekerja dan tinggal di daerah pinggiran yang jauh dari keramaian, misal kebun kelapa sawit, maka SIM Card dari provider Maxis akan cocok digunakan. Sebaliknya, jika Anda bekerja dan tinggal di daerah perkotaan, maka biasanya Anda akan disarankan menggunakan SIM Card dari provider DiGi.

mobile phone 1875813 960 720 - Tips Memilih SIM Card Malaysia yang Cocok

Itu tadi adalah beberapa informasi terkait SIM Card Malaysia yang harus diketahui para calon TKI dan TKI Malaysia yang ingin mengganti SIM Card mereka saat ini. Jika alat komunikasi lengkap dan nyaman digunakan, tentu komunikasi dengan orang terkasih pun akan semakin lancar. Masih berhubungan dengan Malaysia, sudahkah Anda membayar tagihan rutin di Indonesia dengan lancar? Jika belum, maka sudah saatnya Anda beralih menggunakan aplikasi Qelola. Dengan berbagai fitur menariknya, Qelola akan membantu Anda membayar tagihan rutin di Indonesia langsung dari Malaysia. Yuk rasakan langsung manfaatnya dengan download disini.

Tags: , , ,