Tips Aman Berhadapan dengan Polisi di Malaysia

polisi malaysia

Polisi di Malaysia memiliki wewenang untuk menjalankan fungsi pemerintahan dalam bidang pemeliharaan dan ketertiban masyarakat, serta sebagai penegak hukum. Di Malaysia, polisi lebih dikenal dengan sebutan Polis Diraja Malaysia (PDRM). Kedudukan polisi di negeri Jiran ini berada di bawah Kementerian Dalam Negeri (KDM), sehingga polisi-polisi di negara ini memiliki tingkatan yang sama dengan Direktur Jenderal (Dirjen).

Dalam kehidupan sehari-sehari, banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia kerap bertemu dengan polisi-polisi yang sedang bertugas. Baik saat di jalan raya, tempat perbelanjaan, kantor lembaga negara, dan sebagainya. Namun, keberadaan polisi yang sedang melakukan ronda ataupun roadblock tersebut kerap terlihat begitu menakutkan, khususnya bagi pekerja migran ilegal atau PMI yang saat itu tidak membawa kelengkapan dokumen. Sebagian besar PMI ketakutan dan memilih lari dari situasi tersebut. Padahal, hal itu hanya akan membuat pekerja migran semakin dicurigai.

Polisi di Malaysia tidak pernah tebang pilih saat menjalankan tugasnya. Warga lokal maupun warga asing akan diperiksa oleh polisi. Mau tidak mau, Anda harus menghadapi situasi tersebut dengan tegas dan berani. Lalu, bagaimana bertindak yang benar saat berhadapan dengan polisi di Malaysia? Berikut beberapa tips aman yang bisa Anda pelajari.

Tips Aman Saat Diinterogasi Polisi Malaysia

business lawyer working about legal legislation courtroom help their customer 37714 280 - Tips Aman Berhadapan dengan Polisi di Malaysia

Jangan takut saat diinterogasi oleh polisi. Ketakutan yang berlebih hanya akan membuat Anda panik dan tidak tahu harus menjawab apa. Beberapa hal di bawah ini akan membantu Anda  bersikap dengan benar saat proses interogasi.

  • Tanyakan Alasan Anda Ditangkap

Sesuai dengan aturan penegak hukum di Malaysia, penangkapan kepada seseorang menjadi tidak sah apabila polisi tidak memberi tahu perihal alasan penangkapan.

  • Jangan Melawan

Sebaiknya Anda tidak melawan selama proses interogasi. Sebab, polisi di Malaysia memiliki hak untuk menggunakan kekerasan dengan alasan tertentu jika Anda melawan. Selain itu, tindakan melawan hanya akan merugikan Anda dan menghambat proses interogasi.

  • Bertanyalah di Kantor Polisi Mana Anda Akan Dibawa

Agar terhindar dari polisi abal-abal, sebaiknya ajukan pertanyaan di kantor polisi mana Anda akan dibawa. Polisi yang resmi akan membawa Anda ke kantor polisi terdekat dan bukan sebaliknya.

  • Hubungi Orang Terdekat

Saat diinterogasi, Anda memiliki hak untuk menghubungi orang terdekat seperti majikan atau rekan sesama PMI di Malaysia. Anda juga bisa menghubungi Pusat Bantuan Guaman (LAC) untuk meminta bantuan hukum. Jelaskan kepada mereka waktu, tempat, alasan Anda ditangkap, serta di kantor polisi mana Anda dibawa.

Ketahui Hak Anda Saat Dalam Tahanan

business man arrested with handcuffs 31825 590 - Tips Aman Berhadapan dengan Polisi di Malaysia

Setelah proses interogasi, polisi umumnya akan mengambil keputusan untuk menahan Anda selama 24 jam di kantor polisi untuk membantu proses penyelidikan. Dalam hal ini, Anda memiliki hak-hak yang bisa Anda peroleh selama dalam tahanan. Berikut beberapa hak tersebut:

  • Hak Berunding dengan Pengacara

Anda bisa mencari bantuan hukum melalui pengacara dan memiliki hak berunding dengan pengacara tersebut selama dalam tahanan. Polisi wajib memberikan kemudahan-kemudahan dengan ketentuan tertentu agar Anda bisa berunding dengan pengacara untuk mencari solusi.

  • Pakaian Ganti dan Kebersihan

Anda diperbolehkan membawa 1 set pakaian ganti selama masa penahanan. Tak hanya itu, Anda juga bisa mandi selama 2 kali sehari. Jika Anda jatuh sakit selama penahanan Anda berhak mendapatkan perawatan dan pengobatan. Makanan dan minuman tidak disediakan selama di kantor polisi, maka sebaiknya Anda membawa makanan dan minuman dengan jumlah secukupnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di sana.

  • Waktu Penahanan

Polisi hanya boleh menahan Anda selama 24 jam untuk penyelidikan. Jika lebih dari itu polisi tidak mampu menyelesaikan proses penyelidikan, Anda akan dibebaskan atau dibawa ke Majistret, sebuah pengadilan negeri di Malaysia.

  • Pengembalian Barang Pribadi Saat Penahanan Selesai

Jika proses hukum Anda telah selesai dan Anda dinyatakan bebas, polisi wajib mengembalikan barang pribadi yang disita selama penahanan. Jika polisi tidak mengembalikannya, Anda berhak meminta kembali barang tersebut.

police lights police car street 23 2147963055 - Tips Aman Berhadapan dengan Polisi di Malaysia

Demikian beberapa tips aman saat berhadapan dengan polisi di Malaysia. Baik saat diinterogasi atau ditahan, hilangkan rasa cemas dan takut menghadapi situasi tersebut. Jika Anda yakin tidak salah dan memiliki kelengkapan dokumen sebagai pekerja migran di Malaysia, Anda harus berani berhadapan dengan polisi. Persiapan administratif dan pengetahuan hukum yang matang akan membantu Anda terhindar dari masalah-masalah selama bekerja di Malaysia.

Dalam hal kelancaran transaksi selama di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya. Layanan keuangan Qelola akan memberikan kemudahan proses transfer uang dan beragam pembayaran tagihan ke Indonesia. Aplikasi Qelola dilengkapi berbagai pos pengeluaran sehingga kiriman uang dapat difungsikan maksimal sesuai kebutuhan keluarga. Fasilitas yang diberikan Qelola sangat praktis, cepat, dan tentunya jauh lebih murah dibandingkan metode lainnya. Ayo, segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati kemudahannya sekarang juga!

Tags: , , , , ,