Cara Mudah yang Akan Bantu Anda Meningkatkan Etos Kerja

etos kerja

Di era sekarang ini, dunia kerja sangatlah kompetitif. Sebagai pekerja, Anda harus mengetahui bahwa pihak pemberi kerja tidak akan mencari orang-orang yang mampu melakukan pekerjaan saja. Namun mereka juga mencari orang-orang yang memiliki etos kerja yang positif. Mengapa hal tersebut penting? Karena etos kerja atau etika dalam bekerja yang positif akan berpengaruh besar dalam kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.

Selama ini, etos kerja selalu disalah artikan sebagai suatu nilai yang hanya berdasarkan pada kerja keras dan ketekunan seseorang dalam bekerja saja. Padahal pada zaman sekarang ini, etos kerja meliputi berbagai hal yang harus dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan pekerjaannya, tidak sebatas hanya bekerja keras. Tidak benar bahwa bekerja secara berlebihan akan meningkatkan produktivitas. Namun hal yang paling penting adalah bekerja dengan pintar demi meningkatkan kualitas produktivitas itu sendiri. Sehingga dapat memperoleh hasil yang berkualitas pula. Yuk, simak apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi etika dalam bekerja dan bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun etos kerja yang kuat.

Baca juga: Ikuti 5 Cara Menjadi Kaya dengan Bekerja Sebagai TKI

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Etika dalam Bekerja

etos kerja 1 - Cara Mudah yang Akan Bantu Anda Meningkatkan Etos Kerja

Setiap orang yang memiliki etika yang baik dalam bekerja, tentu saja akan terlihat pada sikap serta tingkah lakunya. Lalu, bagaimana ciri-ciri orang yang memiliki sifat tersebut?

  • Menghargai waktu, sehingga akan memanfaatkan waktu tersebut untuk bekerja semaksimal mungkin.
  • Memiliki komitmen yang kuat terhadap pekerjaan yang dijalani.
  • Orang yang memiliki etos kerja tentu saja akan bekerja dengan kejujuran. Kejujuran inilah yang tidak dapat dipaksakan, melainkan sebuah panggilan dari dalam hati nurani.
  • Memiliki konsistensi, yaitu salah satu kemampuan untuk bersikap taat, pantang menyerah dan mampu mempertahankan prinsip yang dimiliki. Walaupun harus berhadapan dengan risiko yang ada, namun tetap dapat mengelola emosi secara baik.

Pentingnya Memiliki Etika dalam Bekerja

Jika Anda selalu konsisten dalam menerapkan etika dalam bekerja, maka Anda akan memperoleh 5 keuntungan, yaitu:

  1. Mudah dalam mendapatkan peningkatan karir.
  2. Menjadi seorang dengan kepribadian yang terus berkembang.
  3. Aktualisasi diri akan semakin meningkat.
  4. Anda akan dibutuhkan oleh banyak orang.
  5. Anda akan disegani oleh kawan dan lawan.

Namun sebaliknya, jika Anda tidak konsisten dalam menerapkan dan menjaga etika dalam bekerja, maka ada akibat yang akan Anda rasakan. Di antaranya adalah, target pekerjaan Anda tidak tercapai dan performa kerja Anda akan menurun. Selain itu, karir Anda tidak naik dalam kurun waktu yang lama. Anda akan menjadi pribadi yang mudah mengeluh dan tidak berkembang, mudah melanggar komitmen bekerja, dan merasa tidak bahagia karena tidak berkembang.

Tips Meningkatkan Etika dalam Bekerja

etos kerja 2 - Cara Mudah yang Akan Bantu Anda Meningkatkan Etos Kerja

Untuk dapat meningkatkan etos kerja, maka Anda sebagai pekerja perlu membangun prinsip-prinsip seperti di bawah ini:

  • Datang ke tempat kerja lebih awal, yaitu setidaknya 15 menit sebelum waktu bekerja dimulai. Menyediakan waktu luang sebelum bekerja akan membuat Anda lebih siap mental untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawab pekerjaan Anda. Setiap pekerja yang tidak pernah telat berarti menjunjung tinggi prinsip etika kerja.
  • Pertahankan sikap profesional setiap saat, ramah dan bersahabat kepada para pekerja lainnya. Hindarilah untuk bergosip dan fokuskan diri pada masalah-masalah pekerjaan saja.
  • Mampu bersikap positif terhadap komentar yang negatif. Sikap positif ini sangat penting untuk menguatkan etos kerja Anda. Bawalah perspektif yang segar pada pendapat yang negatif tersebut.
  • Lebih produktif dalam bekerja. Hal ini penting karena kualitas dan kuantitas pekerjaan merupakan cerminan langsung karakter profesional dan integritas. Seorang pekerja yang produktif dengan etika kerja yang kuat, maka dapat menghasilkan karya yang berkualitas.
  • Menghormati kontribusi rekan kerja yang lain. Bagi sebagian orang, bekerja dengan tim lebih sulit karena harus menyatukan beberapa pendapat menjadi satu kesatuan. Untuk itu, belajarlah untuk menghormati rekan kerja lain di tempat kerja Anda yang memberikan ide.
  • Tidak perhitungan dengan waktu kerja, karena bekerja lembur sesekali bukanlah suatu masalah yang besar.

Menjaga Keseimbangan Antara Kerja dan Istirahat

etos kerja 3 - Cara Mudah yang Akan Bantu Anda Meningkatkan Etos Kerja

Setelah memahami beberapa tips yang telah disampaikan di atas, jangan lupa untuk menjaga keseimbangan dalam bekerja dan beristirahat. Karena menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang keberhasilan Anda dalam upaya membangun etos kerja yang kuat. Jagalah kondisi tubuh Anda dengan cara mengatur pola makan yang sehat, rajin berolahraga, tidur yang cukup, dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar di waktu senggang. Dengan begitu, Anda akan tetap memiliki pikiran yang jernih saat sedang bekerja dan dapat terhindar dari stress. Dengan tubuh yang prima, maka Anda dapat berkonsentrasi dalam melakukan setiap pekerjaan. Sehingga pekerjaan Anda bisa diselesaikan sampai tuntas dengan hasil yang berkualitas.

Sementara untuk urusan kewajiban bayar tagihan setiap bulan, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi pembayaran digital seperti Qelola. Aplikasi ini akan memberikan Anda kemudahan dan meringkas proses transaksi Anda sehingga Anda tidak akan kehilangan banyak waktu. Qelola sangat cocok bagi para pekerja migran yang ada di Malaysia, di mana mereka perlu melakukan transfer uang ke luar negeri dengan cepat. Tidak butuh waktu lama, Anda sudah bisa menyelesaikan pembayaran tagihan dan kirim uang ke tanah air hanya di dalam ponsel Anda. Caranya, unduh aplikasinya terlebih dahulu lalu daftarkan diri Anda. Ketahui berbagai fitur dan keunggulan aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , , ,