Bingung Cari Kerja? Mungkin 5 Persiapan Ini Belum Anda Lakukan

Cari Kerja

Mencari pekerjaan tidak semudah membalikkan tangan, mungkin frasa tersebut banyak dipahami orang di Indonesia yang hingga saat ini masih mencari pekerjaan. Berbagai cara dan usaha telah dilakukan, meski belum membuahkan hasil maksimal. Sebagai orang yang ‘sedang cari kerja’, ada baiknya untuk mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Mencari kerja memang bukan hal yang mudah, namun tidak juga berarti sulit. Beberapa kesalahan dasar seperti surat lamaran yang terlalu biasa dan kurang menarik perhatian, penggunaan media yang tidak optimal, dan lain sebagainya masih terjadi. Padahal kesalahan mendasar seperti ini di era sekarang seharusnya tak lagi terjadi.

Agar dapat memperbesar peluang Anda, jika Anda adalah seorang pencari kerja, dalam mendapatkan pekerjaan, berikut beberapa hal yang wajib Anda pahami sebelum mencari kerja, di mana pun Anda berada.

Perluas Jaringan Pertemanan

Untitled design95 - Bingung Cari Kerja? Mungkin 5 Persiapan Ini Belum Anda Lakukan

Budaya nongkrong mungkin sudah jadi ciri khas pemuda dan masyarakat Indonesia secara umum. Alih-alih hanya menghabiskan waktu dengan duduk-duduk dan minum kopi saja, Anda bisa menggunakan momen ini untuk berkenalan dengan orang baru dengan tujuan memperluas pergaulan Anda. Tidak sedikit lho orang yang mendapatkan pekerjaan dengan rekomendasi dari teman atau kenalan yang dimiliki.

Anda juga harus aktif memperluas jaringan pertemanan melalui media sosial yang Anda miliki. Melalui Twitter, Facebook, atau media lain, Anda bisa masuk ke komunitas atau organisasi tertentu. Jangan ragu untuk mencoba lingkungan baru, karena dengan lingkungan baru tersebut kesempatan Anda menambah teman dan relasi akan semakin besar.

Cari Kerja dengan Media yang Dapat Anda Akses

Untitled design96 - Bingung Cari Kerja? Mungkin 5 Persiapan Ini Belum Anda Lakukan

Model pencarian kerja dengan membawa CV dan surat lamaran ke perusahaan-perusahaan dapat dikatakan sudah ketinggalan jaman. Sekarang ini, Anda bisa memasukkan lamaran pekerjaan dari media online. Manfaatkan layanan seperti LinkedIn dan sejenisnya untuk melihat peluang kerja dan memasukkan lamaran pekerjaan.

Untuk semakin memperbesar kesempatan dan peluang, Anda juga harus jeli melihat lamaran yang tersedia di berbagai tempat lain. Media seperti surat kabar hingga saat ini masih memberikan kolom lowongan pekerjaan yang bisa Anda lihat. Saluran lain Anda juga bisa melihat kesempatan kerja di badan milik pemerintah, misalnya saja untuk kesempatan menjadi TKI ke luar negeri.

Melatih Diri untuk Memiliki Keterampilan yang Diperlukan

Untitled design97 - Bingung Cari Kerja? Mungkin 5 Persiapan Ini Belum Anda Lakukan

Pemberi kerja tentu menjadi pekerja yang memiliki kemampuan yang diperlukan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan atau tempat kerja yang mereka miliki. Anda sebagai orang yang sedang mencari kerja, juga harus mempersiapkan diri agar dapat memiliki kemampuan yang dibutuhkan.

Cari pekerjaan yang Anda minati, cari tahu apa saja kemampuan yang dibutuhkan, pelajari dengan tekun sehingga Anda memiliki keterampilan tersebut. Hal ini dapat meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan. Kesesuaian permintaan dan keterampilan yang Anda tawarkan bisa jadi poin awal yang baik untuk mencari kerja.

‘Sajikan’ Diri secara Menarik dan Berbeda

Untitled design94 - Bingung Cari Kerja? Mungkin 5 Persiapan Ini Belum Anda Lakukan

Sangat banyak pencari kerja yang hilir mudik di pasar tenaga kerja yang memiliki karakter hampir serupa. Untuk dapat menarik perhatian dari pemberi kerja, Anda harus memiliki hal unik yang berbeda dari pencari kerja lain. Dengan begini pencari kerja akan lebih mudah melihat Anda di pasar tenaga kerja. Namun ingat, hal unik tersebut jangan sampai melanggar aturan ya!

Pastikan Anda mengetahui apa yang diinginkan pencari kerja dan upayakan untuk memenuhi syarat yang diberikan. Baru kemudian Anda harus dapat ‘menyajikan’ diri sebagai seorang yang unik sekaligus menarik agar dapat menarik perhatian pemberi kerja. Kebanyakan pencari kerja sulit mendapatkan pekerjaan karena tidak memiliki keunikan dan terlihat ‘biasa saja’ di mata pemberi kerja.

Proses Legal dan Syarat yang Diperlukan

Untitled design98 - Bingung Cari Kerja? Mungkin 5 Persiapan Ini Belum Anda Lakukan

Yang tidak kalah penting, meskipun mungkin terdengar sangat kuno, adalah memahami prosedur yang harus dilakukan secara legal dan syarat apa saja yang diperlukan. Calo dan oknum tak bertanggung jawab akan selalu ada dalam setiap peluang kerja yang ditawarkan. Hindari penggunaan cara ini agar di kemudian hari Anda tidak terkena masalah terkait legalitas.

Pemahaman pada prosedur legal dan setiap syarat yang ditentukan harus jadi hal pokok yang Anda lakukan. Semata untuk menjamin agar pekerjaan yang nantinya Anda dapatkan benar-benar legal dan tidak memiliki masalah administrasi, sehingga Anda dapat bekerja dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: Berencana Bekerja dan Tinggal di Malaysia? Baca Dulu Artikel Ini!

Perluas usaha cari kerja yang Anda lakukan sampai ke luar negeri. Kesempatan kerja sebagai TKI bisa jadi salah satu hal yang Anda pertimbangkan karena menawarkan gaji yang cukup tinggi. Untuk transfer dan pengiriman uang nantinya, Anda tak perlu khawatir karena kini layanan Qelola siap membantu Anda. Pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia dapat Anda lakukan dengan cepat, mudah, dan murah. Segera unduh aplikasinya di sini dan manfaatkan setiap fiturnya!

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,