Cara Mudah Memperpanjang Paspor di KBRI Kuala Lumpur

cara membuat paspor online

Urusan administrasi bagi para TKI sudah menjadi hal yang akan sering dilakukan. Mulai dari TKI akan berangkat ke negara tujuan hingga menetap di sana pun perlu banyak dokumen yang harus diurus. Beberapa dokumen ini memiliki masa berlaku yang terbatas sehingga para TKI perlu mengecek secara berkala. Salah satu dokumen yang harus selalu dicek adalah paspor. Paspor adalah dokumen yang akan membantu Anda untuk pulang ke tanah air. Jika paspor habis masa berlakunya, rencana kepulangan Anda ke tanah air menjadi terhambat karena harus melakukan perpanjang paspor terlebih dahulu. Perpanjang paspor dapat dilakukan di KBRI terdekat. Terlebih bagi Anda yang bekerja di Malaysia, salah satu cara memperpanjang paspor dapat dilakukan di KBRI Kuala Lumpur.

Sayangnya, urusan perpanjang paspor ini kadang masih dianggap menghabiskan waktu. Padahal sistem perpanjang paspor di KBRI Kuala Lumpur Malaysia saat ini sudah sangat mudah dan efisien. Tidak butuh banyak waktu dan tenaga meskipun Anda harus datang ke sana 2 kali. Berikut cara memperpanjang paspor di KBRI Kuala Lumpur:

1.  Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

visa kerja - Cara Mudah Memperpanjang Paspor di KBRI Kuala Lumpur

Sebelum datang ke KBRI Kuala Lumpur, ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini daftarnya:

  • Fotokopi paspor yang lama bagian halaman depan.
  • Fotokopi halaman visa atau fotokopi halaman permit kerja.
  • Surat pengantar dari perusahaan tempat Anda bekerja yang menyatakan bahwa Anda masih bekerja di perusahaan tersebut. Bisa juga dengan surat keterangan yang dibuat oleh majikan Anda jika bekerja sebagai PLRT.
  • Fotokopi Identity Card (IC) merah bagi pemegang status Permanent Residence (penduduk bukan warga negara Malaysia namun sudah tinggal di Malaysia setidaknya 5 tahun bertutur-turut tanpa pulang ke tanah air).
  • Surat keterangan lahir Anda dan/atau akta kelahiran anak Anda.
  • Jika Anda ingin membuat paspor baru dikarenakan paspor lama hilang, maka sertakan surat keterangan dari polisi Malaysia.
  • Terakhir, siapkan biaya untuk memperpanjang paspor, yaitu kurang lebih RM109 untuk 48 halaman. Biaya ini sudah termasuk biaya biometrik atau perekaman sidik jari, dan lain-lain.

Jangan lupa untuk tetap membawa dokumen aslinya untuk berjaga-jaga jika nanti diminta menunjukkan oleh petugas KBRI Kuala Lumpur. Setelah semua dokumen siap, Anda tinggal meminta izin kepada perusahaan atau majikan Anda untuk tidak bekerja pada hari tertentu selama minimal setengah hari atau maksimal 1 hari. Karena sebenarnya waktu yang dibutuhkan untuk mengurus perpanjangan paspor ini tidak banyak.

2.  Penyerahan Dokumen Persyaratan

  • Datanglah ke kantor KBRI Kuala Lumpur pada jam kerja dan menuju ke ruangan dokumen verifikasi. Ketika sampai di situ, Anda akan diberi nomor antrian. Sebagai salah satu tips, sebaiknya Anda datang di hari tengah minggu seperti Selasa, Rabu, atau Kamis. Karena pada hari-hari tersebut, pengunjung kantor cenderung sedikit sehingga antriannya tidak terlalu panjang.
  • Nantinya akan ada 2 macam antrian. Pertama, antrian untuk umum dan kedua antrian untuk lansia dan balita. Meskipun Anda masuk ke kategori umum, hari dan jam kedatangan Anda di sana tentu akan ikut mempengaruhi. Jika Anda datang pada hari Rabu pagi antara jam 7 – 9 tentu akan lebih sedikit antriannya daripada datang di hari yang sama namun sedikit lebih siang atau bahkan sore hari. Sambil menunggu nomor Anda dipanggil, Anda dapat memastikan semua dokumen lengkap dan mudah diambil.
  • Setelah dipanggil, Anda akan diminta untuk verifikasi dokumen, mengambil foto terbaru, dan merekam sidik jari. Lalu Anda akan langsung melakukan pembayaran di loket yang sama.
  • Hanya menunggu sebentar, Anda akan diberi bukti pembayaran sekaligus jadwal pengambilan paspor yang baru. Pengalaman WNI lain, mereka menjalani proses ini pada hari Rabu dan mendapat jadwal mengambil pada hari Senin. Lebih efektif bukan?

3.  Pengambilan Paspor yang Baru

paspor malaysia 3 - Cara Mudah Memperpanjang Paspor di KBRI Kuala Lumpur

Saat jadwal pengambilannya telah tiba, datanglah ke KBRI Kuala Lumpur lagi dan menuju ke ruangan yang sama. Anda hanya tinggal melakukan scanning barcode pada bukti pembayaran yang Anda bawa. Selanjutnya Anda akan mendapatkan nomor antrian lagi. Ketika nomor Anda dipanggil, paspor baru akan langsung diberikan. Mudah bukan?

4.  Cara Online

Layanan online ini bukan untuk melakukan proses pertama karena Anda tetap harus melakukan perekaman sidik jari dan mengambil foto secara langsung. Layanan online ini digunakan untuk mengambil nomor antrian agar Anda dapat lebih menghemat lebih banyak waktu untuk datang ke KBRI Kuala Lumpur. Anda dapat mengecek website resmi pelayanan KBRI Kuala Lumpur untuk mengetahui caranya.

Setelah penjelasan di atas, tentu Anda tidak akan bingung lagi soal cara memperpanjang paspor. Teknologi memang sangat membantu mempermudah hampir semua hal. Termasuk urusan administrasi seperti ini. Teknologi lain yang juga memiliki banyak manfaat adalah aplikasi pengelola keuangan. Terlebih lagi bagi Anda para TKI yang sedang terkena dampak lockdown negara Malaysia seperti sekarang ini. Mungkin beberapa dari Anda jadi mengalami kesulitan dalam melakukan transfer kepada keluarga di tanah air. Jika Anda menggunakan aplikasi Qelola, Anda bisa tetap transfer uang ke Indonesia. Tim Qelola sendiri yang akan mendatangi Anda untuk melakukan top-up saldo sehingga Anda bisa transfer dan melakukan pembayaran tagihan dengan biaya murah. Penasaran? Download langsung Qelola disini.

Tags: , , ,