Stop Kasus TKI, Tempuh 3 Langkah Berikut Ini!

Kasus TKI

Bekerja di luar negeri bukan berarti Anda terbebas dari resiko dan permasalahan yang mungkin terjadi. Justru, dengan bekerja di luar negeri resikonya cenderung akan lebih besar karena Anda berada pada lokasi baru, negara baru yang memiliki otoritas sendiri. Kasus TKI sendiri bukanlah hal baru yang menyertai cerita hebat perjuangan pahlawan devisa ini untuk menaikkan derajat hidup keluarganya.

Tidak hanya satu jenis, pada prakteknya banyak jenis kasus TKI yang terjadi. Paling dekat saja, kasus TKI di Malaysia, tentu Anda pernah mendengarnya bukan? Kasus ini biasanya didasari pada pelanggaran perjanjian kerja yang sudah disepakati bersama. Misalnya, terkait keterlambatan dan jumlah gaji yang tak sesuai, waktu kerja yang tidak benar, hak cuti dan libur yang tidak diberikan, beban denda jika kontrak yang disepakati tidak dihabiskan, pekerjaan pada lebih dari satu tempat, penipuan dari pihak agensi penyalur, dan masih banyak lagi permasalahan lain yang muncul.

Tapi sebenarnya adakah cara untuk melaporkan pelanggaran ini agar TKI bisa mendapatkan hak yang sepantasnya sesuai dengan kontrak kerja yang disepakati? Bagaimana prosedur dan apa yang harus diperhatikan? Nah, sebagai bekal bilamana terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menyimak langkah-langkah yang harus ditempuh ketika terjadi permasalahan.

Pastikan Duduk Perkara Kasus TKI

Untitled design35 - Stop Kasus TKI, Tempuh 3 Langkah Berikut Ini!

Pastikan duduk permasalahan yang dialami, baik oleh Anda sendiri atau oleh rekan TKI yang lain. Ceritakan secara runtut kejadian dan permasalahan yang terjadi pada orang yang dipercaya, jika memungkinkan Anda bisa membuat catatan. Satu hal yang turut dipastikan adalah bahwa permasalahan tersebut bukan permasalahan personal, namun murni permasalahan profesional yang terkait dengan kesepakatan dalam kontrak kerja.

Tidak sedikit permasalahan yang muncul juga terkait dengan masalah personal. Jika masalah yang muncul terkait pada ranah ini biasanya penyelesaian masalah atau kasus TKI hanya akan dilakukan secara kekeluargaan saja.

Pastikan Data Terkait TKI, Pemberi Kerja dan Agensi Lengkap

Untitled design37 - Stop Kasus TKI, Tempuh 3 Langkah Berikut Ini!

Untuk memperkarakan atau melaporkan pemberi kerja maupun agensi yang dianggap melanggar kesepakatan, berkas-berkas kelengkapan menjadi sangat penting. Sebab dengan berkas ini dapat diketahui secara pasti identitas setiap pihak, kesepakatan yang ditandatangani, serta posisi masing-masing pihak dalam permasalahan yang terjadi.

Setidaknya ada beberapa berkas yang perlu dilengkapi, antara lain:

Identitas TKI Korban, yang pasti berkas yang diperlukan adalah paspor dari korban, bisa berupa paspor asli atau salinan (fotokopi). Untuk langkah pencegahan jika paspor ditahan, ada baiknya Anda dan rekan TKI sekalian mengambil foto paspor sebelum berangkat dan dikirimkan ke orang kepercayaan.

Informasi Pemberi Kerja, informasi dan berkas yang diperlukan adalah nama, alamat, dan nomor telepon pemberi kerja. Data ini bisa didapatkan pada surat perjanjian kerja, atau sejenisnya, jadi ambil foto pada berkas tersebut setelah ditandatangani lalu kirimkan juga ke orang kepercayaan sebagai langkah antisipasi jika terjadi permasalahan.

Agensi di Malaysia, berisi informasi terkait agensi yang menyalurkan Anda atau rekan TKI di Malaysia. Yang diperlukan adalah nama agensi, alamat jelas serta nomor telepon agensi tersebut di negara Malaysia.

Informasi terkait PJTKI atau P3MI Indonesia, yakni nama, alamat dan nomor telepon instansi atau lembaga yang bersangkutan.

Informasi Lain, diantaranya tanggal masuk dan tanggal Anda atau rekan TKI yang bersangkutan mulai bekerja di Malaysia. Sertakan juga kontrak kerja, dalam bentuk apapun yang validitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Jika ada, Anda atau rekan TKI dapat menyertakan juga bukti pendukung seperti riwayat medis, bukti visum, slip gaji, dan sebagainya.

Laporkan Ke NGO atau Jabatan Tenaga Kerja

Untitled design39 - Stop Kasus TKI, Tempuh 3 Langkah Berikut Ini!

Setelah bukti dan berkas di atas dimiliki, Anda atau rekan TKI bersangkutan dapat melaporkannya ke Jabatan Tenaga Kerja, serikat buruh atau NGO dan organisasi lain yang ada di wilayah Anda bekerja. Pastikan data dan berkas lengkap, serta buat juga salinan dari setiap berkas bilamana nantinya diperlukan untuk proses lebih lanjut. Tanpa berkas yang disebutkan di atas, biasanya kasus TKI akan sulit diusut karena dianggap tidak memiliki bukti yang valid dan kuat.

 

Tentu di antara Anda semua yang membaca artikel ini berharap hal ini tidak perlu dilakukan agar proses Anda mencari rezeki di tanah rantau berjalan baik. Jika melihat di lapangan, jumlah TKI yang mendapatkan pemberi kerja yang konsisten dengan kontrak kerja, dan benar-benar dapat mengangkat derajat kehidupan keluarga TKI, jumlahnya juga tidak sedikit. Namun sebagai langkah persiapan untuk situasi terburuk, Anda tetap wajib memahami langkah dan prosedur penyelesaian masalah yang harus dilakukan.

Kasus TKI yang terjadi merupakan satu dari seluruh kisah terkait perjuangan pahlawan devisa dalam mencari sesuap nasi di negara tetangga, Malaysia. Namun tidak sedikit TKI yang akhirnya sukses dan bisa mengirimkan hasil kerja yang didapatkan kepada keluarga yang ada di tanah air. Nah, jika Anda perlu layanan remitansi yang dapat membantu mengirimkan uang dengan cepat, berbiaya murah serta terjamin, Anda bisa menggunakan Qelola. Layanan Qelola menjamin transaksi yang dilakukan aman serta memiliki biaya administrasi sangat rendah. Selain itu, pada kondisi ketika Anda tak bisa mendatangi merchant untuk melakukan top-up, agen resmi Qelola akan datang dan memberikan layanan terbaik. Segera unduh aplikasinya di sini, dan nikmati setiap fitur yang disediakannya!

Tags: , , , , , , , , , ,