Anti Gagal! Menjalankan Usaha Kecil Menguntungkan Bagi TKI

usaha kecil menguntungkan

Usaha sampingan dengan modal yang kecil menarik untuk dijalani oleh siapa saja, termasuk Anda. Secara umum, seharusnya tidak ada istilah gagal dalam bisnis ini. Karena bisnis dengan modal kecil dijalankan sebatas hanya sebagai usaha sampingan atau penghasilan tambahan saja. Meskipun demikian, Anda tetap tidak boleh asal-asalan dalam menjalankan usaha. Simak tips menjalankan usaha kecil menguntungkan berikut ini.

Baca juga: Intip Cara Pintar Bisa Transfer Pulsa untuk Semua Operator

Mengapa Perlu Menjalankan Usaha Sampingan?

usaha kecil menguntungkan 1 - Anti Gagal! Menjalankan Usaha Kecil Menguntungkan Bagi TKI

Berikut ini ada beberapa alasan kenapa Anda seharusnya mencoba usaha kecil menguntungkan meskipun saat ini Anda masih berada di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

  1. Berawal dari ide yang bagus dan kemampuan serta keterampilan yang unik.
  2. Peluang pasar masih terbuka luas. Jika Anda adalah seseorang yang kreatif, maka semua bisa dijadikan sebagai bahan bisnis untuk usaha sampingan.
  3. Usaha kecil menguntungkan tentu saja dapat menambah pundi-pundi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, uang tambahan dari usaha sampingan juga bisa digunakan untuk tabungan masa depan bersama keluarga.
  4. Sebagai salah satu persiapan masa pensiun. Usaha sampingan bisa dijadikan sebagai penyambung hidup atau hanya sekedar mengisi aktivitas di masa tua. Pasalnya, aktivitas harian di masa pasca pensiun juga diperlukan untuk menjaga kesehatan mental.
  5. Salah satu cara untuk aktualisasi diri. Saat karir mengalami kebuntuan, maka usaha sampingan bisa jadi mengajarkan Anda banyak hal yang tidak akan Anda dapatkan dengan menjadi pekerja.

Mengapa Banyak Usaha Kecil yang Gagal?

usaha kecil menguntungkan 2 - Anti Gagal! Menjalankan Usaha Kecil Menguntungkan Bagi TKI

Meskipun hanya usaha sampingan, namun bisnis tetap saja bisnis. Bisnis dengan skala kecil juga memiliki resiko kegagalan yang hampir sama besar dengan bisnis yang telah dijalankan selama bertahun-tahun lamanya. Sebenarnya apa saja yang menyebabkan usaha sampingan dalam skala kecil tersebut gagal?

  • Salah dalam menentukan prioritas. Banyak kegagalan terjadi pada usaha sampingan akibat ambisi ingin cepat sukses. Sehingga porsinya dalam melakukan usaha sampingan bisa menjadi sama besar atau mungkin lebih besar dari pekerjaan utamanya. Menyesuaikan tingkat bisnis dengan kemampuan Anda saat itu adalah kunci utamanya.
  • Salah dalam menentukan kebutuhan layaknya sudah memiliki usaha besar. Sebaiknya untuk usaha sampingan yang baru dibuka lebih fokus pada promosi, pasokan bahan baku atau material, perizinan, dan membuat sebuah konsep usaha yang kokoh.
  • Kegagalan bisnis juga banyak disebabkan oleh mindset atau pola pikir yang salah. Misalnya, beranggapan bahwa apapun yang dijual pasti akan ada yang beli. Pola pikir tersebut cenderung menganggap enteng aspek pemasaran dan pengembangan produk yang baik.
  • Perencanaan bisnis yang kurang matang. Padahal rencana bisnis sangat penting. Rencana bisnis bisa berupa rencana yang sederhana tanpa perlu terperinci. Seperti membuat rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang, visi dan misi bisnis Anda, daftar kontak networking potensial, dan sejenisnya.
  • Tidak bisa membangun jaringan dengan baik. Padahal kekuatan bisnis terdapat pada jaringan yang bisa berupa pelanggan, teman, saudara, dan lain sebagainya.

Ide Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan

usaha kecil menguntungkan 3 - Anti Gagal! Menjalankan Usaha Kecil Menguntungkan Bagi TKI

Siapa yang sangka bahwa bisnis yang berawal dari ide sederhana dengan modal yang kecil ternyata bisa mendatangkan uang yang sangat banyak? Intip ide usaha kecil menguntungkan berikut ini:

  1. Desain Grafis, cocok bagi Anda yang bekerja di perusahaan bagian desain grafis atau Anda yang memiliki hobi dibidang ini. Jasa desain yang banyak dicari di antaranya seperti kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth, dan interior. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Anda hanya cukup terkoneksi internet dan keterampilan yang harus Anda tingkatkan untuk menjaga kualitas jasa layanan Anda.
  2. Penerjemah, sangat cocok bagi Anda yang menguasai suatu bahasa asing. Sebagai penerjemah pemula, sebaiknya Anda mulai saja dengan menerjemahkan dokumen-dokumen seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini juga relatif mudah dan murah, yaitu laptop dan koneksi internet.
  3. Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran tertentu juga bisa Anda coba. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau musik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya. Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini juga relatif kecil. Jika Anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanya biaya transportasi saja.

Baca juga: Ketahui Fitur Aplikasi Qelola untuk Kemudahan Bertransaksi

Bagaimana, Anda mulai tertarik untuk mencoba usaha kecil menguntungkan seperti yang telah direkomendasikan di atas? Atau sebenarnya Anda sudah memiliki ide sendiri yang lebih unik? Apapun jenis usaha yang akan Anda jalankan, pastikan Anda telah memikirkannya dengan matang agar bisnis dapat bertahan.

Agar Anda lebih fokus pada pekerjaan utama dan usaha sampingan Anda, untuk urusan kirim uang dan bayar tagihan percayakan saja pada Qelola. Aplikasi Qelola wajib ada di smartphone Anda, sehingga Anda bisa langsung menggunakannya saat butuh melakukan transaksi. Kirim uang dari Malaysia ke Indonesia hanya bayar RM 1 saja, lho! Jangan tunda lagi, coba aplikasinya sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , ,