Ulasan Pengertian Paspor serta Kategorinya untuk Anda

pengertian paspor

Saat akan melakukan perjalanan antar negara, Anda memerlukan paspor sebagai tanda pengenal resmi untuk bisa masuk ke negara tujuan. Paspor wajib dibawa ketika Anda melakukan perjalanan lintas negara. Tidak sedikit orang yang memiliki paspor namun belum memahami secara dalam mengenai pengertian paspor. Apa itu paspor? Yuk, pahami lebih lanjut mengenai pengertian paspor dan kategori paspor yang ada di Indonesia. Check this out!

Pengertian Paspor yang Harus Anda Pahami

man preparing travel 53876 14615 - Ulasan Pengertian Paspor serta Kategorinya untuk Anda

Paspor adalah sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu negara dan memuat identitas asli pemiliknya. Dokumen ini berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara untuk bisa memasuki suatu negara secara legal. Adakalanya paspor berisi daftar negara yang dilarang untuk dikunjungi. Paspor biasanya berbentuk buklet kecil yang berisi nama pemilik paspor, tempat tanggal lahir, tanggal penerbitan dan kadaluarsa paspor, nomor paspor, foto, dan tanda tangan. Selain paspor, ketika melakukan perjalanan lintas negara, seseorang juga membutuhkan visa yang berupa stempel pada paspor apabila ingin memasuki negara tujuan. Paspor harus ditunjukkan kepada petugas imigrasi sebelum memasuki suatu negara.

Tidak hanya paspor, Anda juga harus memiliki visa untuk dapat memasuki suatu negara. Visa didapatkan pemohon dari persetujuan kedutaan besar negara untuk memasuki negara tersebut dengan tujuan dan periode tertentu. Biasanya visa berbentuk stiker atau stempel yang dicap pada paspor. Jika Anda nekat tidak memiliki visa, maka dipastikan Anda tidak lolos pengecekan saat berada di imigrasi bandara, pelabuhan atau lainnya. Di negara tertentu bisa saja menerapkan kebijakan bebas visa hasil kerja sama dari negara asal pemilik paspor dan negara tujuan.

Kategori Paspor sesuai dengan Penggunaannya

overhead view two female tourist raising their arms showing their passport against sky 23 2148027212 - Ulasan Pengertian Paspor serta Kategorinya untuk Anda

  • Paspor Biasa

Paspor ini dikeluarkan atau diterbitkan oleh negara untuk warga negaranya ketika melakukan perjalanan reguler ke luar negeri. Pilihlah paspor ini ketika akan berwisata ke suatu negara atau urusan lain yang tidak terkait dengan diplomatik dan kedinasan. Sampulnya memiliki ciri khas berwarna hijau. Bentuk dari paspor biasa terbagi menjadi dua, yaitu paspor non elektronik dan paspor elektronik. Secara fisik, bentuk kedua paspor biasa ini sama, perbedaannya hanya terletak pada logo chip yang ada di sampul paspor elektronik. Hanya saja biaya pembuatan paspor elektronik lebih mahal karena memiliki chip pada paspor yang memberikan banyak keuntungan. Paspor Anda tidak akan bisa dipalsukan dan Anda bisa menikmati bebas visa masuk ke negara tertentu. 

  • Paspor Diplomatik

Khusus bagi sebagian orang, penerbitan paspor diplomatik digunakan sebagai identifikasi diri saat menjadi perwakilan diplomatik dari negara asalnya. Sampulnya memiliki ciri khas berwarna hitam. Paspor satu ini bisa dikategorikan sebagai paspor paling istimewa. Mengapa demikian? Karena seorang anggota diplomatik memiliki perlakuan istimewa secara lazim dalam pergaulan internasional. Seorang anggota diplomatik juga mendapatkan hak imunitas dan hak ekstrateritorialitas karena menggunakan paspor diplomatik.

  • Paspor Dinas

Penerbitan paspor dinas diperuntukkan bagi WNI yang akan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri dan tidak bersifat diplomatik. Biasanya paspor ini digunakan oleh aparatur sipil negara dan konsultan pemerintah yang memiliki keperluan dinas ke luar negeri. Sampulnya memiliki ciri khas berwarna biru. Persyaratan administrasi harus Anda penuhi untuk mendapatkan paspor ini seperti surat izin dari atasan, surat LoA, dan sebagainya.

  • Paspor untuk Orang Asing

Surat perjalanan ini diterbitkan oleh sebuah negara kepada seorang Warga Negara Asing (WNA). Paspor untuk orang asing ini diberikan kepada orang-orang yang memiliki izin tinggal tetap namun tidak memiliki surat perjalanan sah dari negaranya/negara lain. Masa berlakunya hanya untuk sekali perjalanan keluar dan masuk ke wilayah Indonesia selama 2 tahun sejak tanggal diterbitkan.

  • Paspor Kelompok

Sesuai dengan namanya, paspor ini diterbitkan untuk sebuah kelompok atau grup yang akan berlibur di suatu negara. Misalnya, kelompok liburan sekolah anak. Anggota kelompok tersebut cukup memiliki satu paspor saja selama melakukan perjalanan liburan.

  • Paspor Umroh dan Haji

Surat izin perjalanan ini dikhususkan untuk jamaah haji dan umroh. Jamaah haji dan umroh menggunakan paspor ini saat akan menunaikan ibadah haji dan umroh di Arab Saudi. Nama yang tertera dalam paspor harus menggunakan 3 kata, misalnya Abdul Basir Chalik atau Assyifa Nurul Aina. Perlu Anda ketahui, nama Muhammad dalam paspor haji tidak dihitung karena nama tersebut sangat banyak digunakan di dunia dan bisa jadi tertukar. 

Pastikan Anda mengetahui pengertian paspor dan kategori paspor dengan benar dan lengkap. Membuat paspor kini dapat dilakukan secara online. Paspor sangat penting digunakan ketika Anda pergi ke suatu negara untuk tujuan bekerja, sekolah, liburan, dan sebagainya. Jika Anda memilih Malaysia sebagai negara tujuan bekerja, aplikasi Qelola dapat membantu Anda merencanakan dan mengelola keuangan selama di luar negeri. Pengiriman uang dan pembayaran tagihan keluarga Anda di tanah air sangat mudah dilakukan hanya melalui smartphone Anda. Menyenangkan bukan?  Unduh dan install aplikasi Qelola melalui App Store pada smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,