Cek Saldo JHT Kapan dan Darimana Saja, Begini Caranya!

cek saldo jht

BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek merupakan salah satu layanan atau jaminan sosial yang dimiliki oleh pemerintah untuk melindungi para pekerja di Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah mengetahui informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan dan apa saja program layanan yang ada di dalamnya. Salah satu program unggulan dari BPJS Ketenagakerjaan adalah Jaminan Hari Tua (JHT). Sebagai pekerja, Anda bisa cek saldo JHT dengan mudah secara online. Bagaimana caranya? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Program JHT BPJS Ketenagakerjaan

cek saldo jht 1 700x420 - Cek Saldo JHT Kapan dan Darimana Saja, Begini Caranya!

Pemerintah sudah mewajibkan seluruh perusahaan untuk mengikutsertakan setiap pekerjanya dalam setiap program BPJS Ketenagakerjaan. Apabila Anda menjumpai ada karyawan yang tidak didaftarkan oleh perusahaannya pada program BPJS Ketenagakerjaan ini, maka Anda bisa melapor. Pihak perusahaan akan mendapatkan terguran bahkan dapat terkena sanksi akibat kelalaiannya tersebut.

Program BPJS Ketenagakerjaan ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi para pekerja berupa uang tunai. Uang tunai ini merupakan hasil dari akumulasi iuran berikut pengembangannya yang nantinya akan diberikan kepada pekerja. Pemberian uang tersebut diberikan jika pekerja sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah menginjak usia pensiun, meninggal dunia, cacat total, atau peserta berhenti kerja baik karena PHK maupun mengundurkan diri. Setiap pekerja akan dikenakan iuran sebesar 5,7%. Besaran iuran tersebut tidak dibayarkan semua oleh pekerja yang bersangkutan. Melainkan dibagi menjadi 2, yaitu sebesar 2% dari gaji karyawan dan sebesar 3,7% ditanggung oleh pihak perusahaan.

BPJS Ketenagakerjaan untuk Melindungi Pekerja

cek saldo jht 2 - Cek Saldo JHT Kapan dan Darimana Saja, Begini Caranya!

Program JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa dijadikan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menjamin kehidupan masyarakat, terutama para pekerja di usia pensiun. Program ini juga merupakan salah satu realisasi dari upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan asuransi sosial untuk melindungi para pekerja di seluruh Indonesia.

Layaknya asuransi pada umumnya, manfaat utama dari adanya program ini adalah melindungi kehidupan Anda dari segala risiko yang terjadi dan aspek finansial.

Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

cek saldo jht 3 - Cek Saldo JHT Kapan dan Darimana Saja, Begini Caranya!

Sebagai pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentu saja Anda berhak mengetahui sejauh mana perkembangan saldo JHT yang Anda miliki. Biasanya, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan laporan secara berkala melalui rincian tertulis terkait saldo JHT Anda. Namun mulai tahun 2019, BPJS Ketenagakerjaan memiliki metode pengecekkan saldo terbaru yang lebih memudahkan, yaitu:

1. Melalui SMS

Cara ini adalah langkah yang paling mudah untuk mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan. Pertama, lakukan registrasi awal dengan cara ketik: REG#NoJamsostek/BPJS#Tanggal lahir#Nama Ibu Kandung, kirim ke 2757.

Anda akan mendapatkan SMS balasan yang mengkonfirmasi bahwa Anda telah terdaftar. Kemudian ikuti petunjuk cara melakukan pengecekkan saldo dengan cara ketik: SALDO#ID_Anda kirim ke 08111009696. Anda pun akan mendapatkan SMS balasan berupa informasi saldo JHT yang Anda miliki.

2. Melalui Aplikasi Resmi BPJS Ketenagakerjaan 

Aplikasi mobile BPJS Ketenagakerjaan memang sudah resmi digunakan. Anda bisa mengunduhnya secara gratis baik di Play Store maupun App Store. Jika sudah memiliki dan menginstal aplikasinya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi awal terlebih dahulu. Ada beberapa data yang perlu Anda isi secara benar dan lengkap untuk melakukan registrasi, yaitu nomor KPJ, nomor KTP, tanggal lahir, dan nama lengkap. Jika sudah selesai melakukan pengisian data diri, selanjutnya Anda akan mendapatkan PIN. PIN tersebut akan dikirimkan ke nomor handphone Anda. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi resmi BPJS Ketenagakerjaan di smartphone Anda.

3. Melalui Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Caranya, kunjungi alamat website https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, lalu pilih menu “Registrasi”. Isi formulir yang tersedia secara lengkap dan benar. Jika sudah, maka Anda akan mendapatkan sebuah PIN yang digunakan untuk log in melalui alamat e-mail maupun di SMS ke nomor handphone Anda. Kemudian masuk ke alamat website https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sso/login.bpjs. Masukkan user ID KTP atau e-mail yang Anda gunakan saat registrasi. Lalu pilih menu “Layanan”. Pada kolom “Layanan Cek Saldo JHT”, Anda harus pilih “Aktivasi” dan masukkan PIN Aktivasi, lalu klik “Ok”. Setelah berhasil, pilih menu “Cek Saldo JHT”, lalu klik “Submit”.

Bagaimana, cukup mudah bukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan ketiga cara yang telah dijelaskan di atas? Hanya menggunakan smartphone pribadi, Anda bisa mengetahui saldo JHT Anda dengan cepat. Anda tidak perlu mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan sejak pagi. Anda juga dapat terhindar dari antrian panjang yang akan menyita waktu Anda. Dengan menggunakan layanan online, Anda hanya perlu duduk manis di rumah dan saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat dengan cepat Anda ketahui.

Kemudahan dan proses cepat semacam itu juga bisa Anda rasakan saat akan melakukan berbagai jenis transaksi, lho. Seperti kirim uang ke luar negeri, bayar tagihan listrik, tagihan PDAM, dan pembayaran lainnya. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola di Google Play Store. Lakukan pendaftaran, dan Anda sudah bisa mencoba seluruh fitur layanannya dengan mudah. Tinggalkan cara ribet kirim uang dan mulai beralih ke aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , ,