4 Tips Ini Mudahkan Anda Kirim Paket ke Luar Negeri,TKI Wajib Tahu!

kirim paket ke luar negeri

Jasa kurir atau ekspedisi di tanah air saat ini sedang ada di puncak keemasannya. Bagaimana tidak? Semakin menjamurnya situs belanja online dan marketplace yang ada saat ini membuat jasa layanan kirim paket kewalahan dalam mendistribusikan barang ke pelanggan. Tidak hanya di dalam negeri saja, euforia belanja secara online juga menjalar hingga ke ranah internasional. Kini, kirim paket ke luar negeri tak serumit dahulu. Demi memuaskan hasrat para shopaholic di seluruh dunia, semakin banyak jasa pengiriman barang yang memberikan pelayanan terbaiknya. 

Nah, kali ini yang akan dibahas adalah bagaimana cara kirim paket ke luar negeri khususnya dari Malaysia ke Indonesia. Seperti yang Anda tahu, banyak warga negara Indonesia yang bekerja atau tinggal di Malaysia membuat arus pengiriman paket ke tanah air menjadi tinggi. Beberapa dari Anda mungkin masih minim informasi mengenai jasa ekspedisi atau tips-tips yang harus diperhatikan saat ingin mengirim paket dari Malaysia ke Indonesia. Tidak perlu bingung, artikel berikut akan membantu Anda untuk bisa kirim paket ke luar negeri dengan aman dan tepat.

Kirim Paket ke Luar Negeri Kini Lebih Mudah

Sebelum membahas lebih detail tentang jasa ekspedisi di Malaysia, ada baiknya simak beberapa tips penting dalam mengirim paket secara aman berikut ini.

  • Selektif dalam Memilih Agen Ekspedisi

asuransi 2 - 4 Tips Ini Mudahkan Anda Kirim Paket ke Luar Negeri,TKI Wajib Tahu!

Bagi Anda warga negara Indonesia yang ada di Malaysia pasti masih awam dengan perusahaan ekspedisi yang memiliki reputasi cukup baik di sana. Apalagi untuk pengiriman antar negara, benar-benar harus teliti dan jangan sampai salah pilih. Jangan ragu untuk bertanya ke kerabat, keluarga atau teman yang ada di Malaysia agar barang Anda nantinya bisa sampai ke Indonesia dengan selamat. Anda juga bisa mencari tahu lewat internet untuk bisa mendapatkan rekomendasi agen ekspedisi yang kredibel, cepat, dan aman.

  • Pilih Ekspedisi yang Menawarkan Asuransi

kurir 3 - 4 Tips Ini Mudahkan Anda Kirim Paket ke Luar Negeri,TKI Wajib Tahu!

Berbelanja secara online tentunya memiliki resiko tersendiri apalagi antar negara. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memilih jasa kurir yang memberikan jaminan atau perlindungan seperti asuransi. Apalagi jika barang yang akan dikirim ini sifatnya mudah pecah atau rapuh. Tentunya Anda harus menyampaikan informasi yang akurat tentang kondisi barang yang akan dikirim kepada petugas agar paket sampai dengan selamat.

  • Hati-hati dengan Barang Ilegal

cargo 3 - 4 Tips Ini Mudahkan Anda Kirim Paket ke Luar Negeri,TKI Wajib Tahu!

Kirim paket ke luar negeri memiliki proses yang lebih lama dibandingkan dalam negeri. Sebelum barang sampai ke tanah air tentunya paket akan melalui berbagai pemeriksaan dari Bea Cukai atau Freight Forwarder. Jadi jangan sampai mengirim benda-benda terlarang ya, bisa-bisa Anda malah berurusan dengan hukum.

  • Pastikan Moda Transportasi Sesuai Kebutuhan

kargo - 4 Tips Ini Mudahkan Anda Kirim Paket ke Luar Negeri,TKI Wajib Tahu!

Satu lagi hal yang harus benar-benar Anda perhatikan dalam kirim paket ke luar negeri yaitu moda transportasi yang digunakan untuk mengirim barang. Keputusan dalam memilih jalur transportasi yang akan dipakai ini bisa Anda sesuaikan dengan jenis barang yang akan dikirim. Jika sifatnya tidak mendesak, dalam jumlah yang banyak dan menginginkan biaya yang murah maka jalur laut adalah pilihan yang tepat. Namun, jika paket yang akan dikirim harus segera sampai ke tujuan maka jalur udara adalah solusinya. Tentunya biaya yang dibutuhkan lewat transportasi udara jauh lebih mahal dari laut, jadi pastikan budget Anda juga mencukupi ya!

Kirim Paket dari Malaysia ke Indonesia? Pakai Pos Laju Malaysia Saja!

Jika Indonesia punya PT. Pos Indonesia untuk kirim barang dan dokumen dalam negeri maupun mancanegara, Malaysia punya Pos Laju Malaysia. Jasa layanan pos sendiri ada di seluruh dunia yang dinaungi oleh Universal Postat. Jasa layanan pos ini bahkan memiliki kredibilitas yang sangat baik dengan biaya yang relatif murah. 

Sama halnya dengan PT. Pos Indonesia, Pos Laju Malaysia juga merupakan jasa ekspedisi milik pemerintah. Selain menangani pengiriman domestik, Pos Laju Malaysia juga menjangkau skala internasional termasuk ke Indonesia. Untuk layanan domestik sendiri, Pos Laju Malaysia menawarkan layanan Peninsulars, Sanah atau Serawak. Sedangkan untuk mancanegara, layanan pengirimannya terdiri dari Paket Luar Negeri Reguler dan Express Mail. Untuk biaya pengirimannya sendiri nantinya tergantung dari berat barang, ukuran dimensinya, dan layanan apa yang akan dipilih. 

Selain kirim paket ke luar negeri, Anda tentu juga sering melakukan kirim uang. Nah, untuk Anda yang berada di Malaysia kini semakin gampang untuk kirim uang ke Indonesia. Bahkan transaksi tersebut dapat dilakukan langsung dari ponsel Anda. Bagaimana caranya? Lewat aplikasi Qelola, kini kegiatan berkirim uang ke sanak saudara di tanah air jadi lebih mudah, aman, dan cepat. 

Aplikasi Qelola adalah salah satu solusi digital terutama bagi Anda TKI yang ada di Malaysia untuk kirim uang ke Indonesia secara online. Selain mudah dan cepat, Anda juga mendapat keuntungan free biaya transfer. Selain untuk transfer uang, aplikasi Qelola juga dapat Anda nikmati untuk membayar tagihan listrik, air, dan BPJS keluarga Anda di tanah air. Pembelian pulsa dan juga voucher game juga dapat Anda lakukan lewat aplikasi ini. Segera download aplikasi Qelola disini dan nikmati transaksi yang Anda inginkan secara online.

 

Tags: , , ,