Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Sekarang Bisa Dilakukan Sendiri Lho!

Cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan

Memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan merupakan bukti bahwa Anda telah terdaftar sebagai peserta dari BPJS Ketenagakerjaan. Bagi karyawan sebuah lembaga atau perusahaan, kepemilikan kartu tersebut sangat penting karena memberikan banyak manfaat. Sebut saja Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun bisa Anda terima karena telah tergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Tapi kadang-kadang masalah bisa terjadi saat Anda ingin melakukan klaim jaminan di BPJS Ketenagakerjaan. Mendapati kartu keanggotaan Anda ternyata hilang atau rusak tentunya akan menyulitkan dalam proses pengajuan klaim. Anda pun harus berurusan dengan kepolisian untuk membuat surat keterangan hilang kemudian menyerahkan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan demi mendapat kartu baru. Tentu merepotkan ya bagi Anda yang sibuk atau malas dengan hal-hal administrasi yang berbelit-belit.

Untuk mengatasi hal tersebut, kini BPJS Ketenagakerjaan telah mengeluarkan kartu digital atau kartu online BPJS Ketenagakerjaan. Langkah ini sebagai solusi efektif untuk menanggulangi kendala seperti kartu yang hilang atau rusak. Otomatis, Anda tak perlu lagi mondar mandir ke kantor BPJS Ketenagakerjaan apabila berhadapan dengan situasi tersebut. Kabar baiknya lagi, kini kartu digital BPJS Ketenagakerjaan dapat Anda cetak sendiri lho! Penasaran bagaimana caranya? Simak cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan ini melalui artikel berikut.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda Hilang? Pakai Kartu Digital Saja!

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi membawa BPJS Ketenagakerjaan untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik bagi peserta. Salah satunya dengan peluncuran kartu digital atau kartu online BPJS Ketenagakerjaan. Adanya kartu digital ini bisa menjadi pengganti kartu fisik Anda yang mungkin tertinggal, hilang atau bahkan rusak. Jadi jangan buru-buru panik ya jika menjumpai beberapa kendala seperti tadi. 

bpjstk 1 - Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Sekarang Bisa Dilakukan Sendiri Lho!

Sumber: www.kabarmedan.com

Selain itu, adanya kartu digital BPJS Ketenagakerjaan bisa membantu Anda untuk mendapatkan diskon di merchant-merchant yang bekerjasama dengan BPJS. Perlu Anda ketahui, saat ini banyak sekali restoran, hotel, dan pusat perbelanjaan yang menawarkan potongan harga bagi pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan. Wah tentunya kesempatan ini jangan sampai Anda lewatkan ya, kapan lagi belanja murah dengan bermodalkan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Tanpa cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu, diskon tetap bisa diraih dengan menunjukan kartu online yang ada di smartphone Anda.

Apa Saja Manfaat Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan?

Kartu digital BPJS Ketenagakerjaan dinilai memberikan angin segar untuk Anda yang berjiwa praktis. Bicara mengenai manfaat kartu digital ini tentu saja ada banyak yang bisa dibahas. Kartu digital dianggap memiliki kekuatan yang sama dengan kartu fisik, jadi jika Anda hanya bisa menunjukan kartu online maka tetap dianggap sah. Karena beradaptasi dengan teknologi di zaman sekarang, kartu digital dapat diakses secara mudah melalui aplikasi BPJSTKU, SIPP online dan website resmi BPJSTK. Walaupun dapat diakses lewat dunia maya, tidak perlu khawatir dengan sistem keamananya karena sangat terjamin dengan adanya QR Code. 

Adanya kartu digital BPJS juga menghemat waktu dan tenaga Anda untuk tidak datang ke kantor langsung apabila kehilangan kartu fisik. Melalui kartu digital ini anda juga bisa merasakan fitur lainnya seperti cek saldo JHT dan status kepesertaan. Pun bisa mendapatkan potongan harga atau belanja murah di toko, hotel atau restoran favorit Anda. Lalu mungkin timbul pertanyaan apakah kartu digital ini bisa dicetak secara mandiri? Tentu saja bisa, panduan lengkap cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri akan diulas di bawah ini.

cek saldo jamsostek 3 700x443 - Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Sekarang Bisa Dilakukan Sendiri Lho!

Sumber: www.ajaib.co.id

Panduan Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Langsung dari Ponsel 

Walaupun kartu digital BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki fungsi yang sama dengan kartu fisik, tidak ada salahnya jika Anda mencetaknya jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Bahkan Anda bisa mencetaknya sendiri lewat aplikasi mobile BPJSTKU, begini langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi mobile BPJSTKU melalui Playstore atau Appstore di ponsel Anda.
  • Jika sudah berhasil, buka aplikasinya dan daftarkan diri Anda untuk bisa memiliki akun.
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa lanjutkan dengan memilih menu “Kartu Digital” pada aplikasi yang terpampang pada halaman utama.
  • Setelah klik menu “Kartu Digital” Anda bisa menyimpan kartu tersebut ke dalam email dengan menekan menu “Kirim ke Email” atau klik “Simpan ke Galeri” jika ingin menyimpannya di ponsel. 
  • Jika semua langkah di atas telah dilakukan, Anda bisa melakukan cetak kartu BPJS dengan menyambungkan ke printer pribadi atau di rental komputer.
bpjstk 3 - Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Sekarang Bisa Dilakukan Sendiri Lho!

Sumber: www.news.okezone.com

Demikian informasi yang bisa Anda simak perihal kartu digital BPJS Ketenagakerjaan dan bagaimana cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Tentunya sangat mudah untuk dilakukan bukan? Layanan kartu digital ini juga praktis dan memberikan banyak keuntungan walaupun Anda tidak memiliki kartu fisiknya. Bagi Anda para pekerja di suatu perusahaan di Indonesia, jangan sampai melewatkan berita penting ini ya! Ada lagi satu hal penting yang harus Anda perhatikan terutama para pekerja imigran yang ada di Malaysia. Saat berada di negeri Jiran mungkin Anda sedikit repot jika harus melakukan transfer uang via bank atau agen pengiriman uang untuk diberikan ke keluarga di Indonesia. 

Untuk menjawab masalah tersebut kini hadir Qelola, sebuah aplikasi mobile yang dirancang khusus untuk TKI di Malaysia yang ingin berkirim uang ke tanah air. Uang yang Anda kirim pun langsung masuk ke rekening tujuan di hari itu juga dalam sekejap saja. Tidak perlu ragu melakukan transaksi keuangan dengan aplikasi ini, karena dijamin aman dan terpercaya. Selain kirim uang, Qelola juga mendukung Anda untuk bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia lho! Mulai dari tagihan listrik, air, TV Kabel bahkan BPJS Kesehatan dapat Anda lunasi langsung dari Malaysia. Caranya bagaimana? Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di ponsel pribadi, kini Anda bisa kirim-kirim uang dan bayar-bayar tagihanmu di mana saja dan kapan saja. Lebih lanjut tentang aplikasi ini, Anda bisa mampir ke website resmi Qelola disini!

Tags: , , , ,