Begini Cara Cek Saldo JHT Melalui BPJSTK Mobile

bpjstk mobile

Peserta dari BPJS Ketenagakerjaan bisa berasal dari perusahaan maupun para pekerja lepas. Cara pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dilakukan secara kolektif oleh pihak perusahaan. Namun bagi para pekerja lepas, pendaftaran dapat dilakukan secara kolektif dengan membuat organisasi atau perkumpulan dengan peserta minimal 10 orang. Wakil dari organisasi inilah yang nantinya akan mengumpulkan dan mengurus pendaftaran ke Kantor BPJS. Setelah berhasil menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, setiap peserta bisa melakukan cek saldo. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah melalui BPJSTK Mobile.

Manfaat Penggunaan Aplikasi BPJSTK Mobile

Aplikasi BPJSTK Mobile memiliki segudang manfaat yang bisa Anda nikmati. Diantaranya adalah:

  1. Dapat digunakan untuk mengetahui informasi rincian saldo JHT.
  2. Mengetahui alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat.
  3. Mengetahui lokasi rumah sakit trauma center terdekat yang lengkap dengan peta.
  4. Menyediakan semua informasi terkait program BPJS Ketenagakerjaan.
  5. Dapat digunakan untuk melihat informasi kepesertaan, apakah masih aktif atau sudah non aktif.
  6. Akun BPJSTK juga bisa digunakan untuk log in melalui komputer saat ingin mengajukan mencairkan dana JHT secara online.
  7. Menampilkan informasi jika ada beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan.
  8. Mengetahui nomor telepon dan berbagai sosial media BPJS Ketenagakerjaan, yang bisa digunakan untuk pengaduan dan berbagai pertanyaan seputar BPJS Ketenagakerjaan.
  9. Menyajikan informasi mengenai Pinjaman Uang Muka Perumahan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif dengan syarat-syarat tertentu.
  10. Memberikan informasi diskon khusus bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari beberapa hotel, restoran, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan ternama.
  11. Dilengkapi dengan berita-berita terbaru dan berbagai kegiatan seputar BPJS Ketenagakerjaan dari seluruh Indonesia.
  12. Informasi Return To Work, yang merupakan program pendampingan bagi para pekerja yang mengalami kecelakan kerja.

Sebenarnya dulu aplikasi BPJSTK Mobile juga dapat digunakan untuk mengunggah file hasil scan dokumen untuk pengajuan pencairan saldo JHT secara online atau e-Klaim. Tetapi sayangnya saat ini sudah tidak bisa lagi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena di waktu yang akan datang, fitur tersebut mungkin akan tersedia lagi dengan format yang lebih baik. Karena aplikasi BPJSTK Mobile ini terus berinovasi dan terus dikembangkan.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

bpjstk 1 - Begini Cara Cek Saldo JHT Melalui BPJSTK Mobile

Saldo yang dapat diperiksa dari BPJS adalah saldo BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua (JHT). Karena jaminan ini bersifat seperti investasi atau tabungan para peserta.

Pada umumnya, setiap pekerja sebagai peserta JHT dapat mengetahui jumlah saldonya melalui dokumen yang dikirimkan oleh BPJS Ketenagakerjaan setiap tahun. Namun kini Anda tidak perlu menunggu setahun sekali untuk mengetahui berapa saldo JHT milik Anda. Pihak BPJS Ketenagakerjaan telah menyediakan kemudahan layanan dengan beberapa pilihan cara cek saldo untuk pesertanya. Mulai dari SMS, secara online melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, dan menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile. Semua layanan pengecekan saldo BPJS tersebut tentu saja sangat membantu Anda. Jika Anda hendak cek saldo BPJS ketenagakerjaan, perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, Anda harus mengunduh dan install aplikasi BPJSTK Mobile di Google Play Store, App Store, atau BlackBerry World.
  • Setelah berhasil, Anda dapat membuat akun BPJS Anda melalui aplikasi tersebut terlebih dahulu.
  • Kemudian lakukan log in ke akun BPJS dengan menggunakan email dan PIN Anda.
  • Langkah selanjutnya Anda dapat memilih fitur Saldo JHT, lalu Cek Saldo JHT. Maka informasi yang Anda inginkan terkait berapa saldo JHT milik Anda akan muncul di layar smartphone Anda.

Pengajuan Pencairan Dana JHT

bpjstk 2 - Begini Cara Cek Saldo JHT Melalui BPJSTK Mobile

Setelah berhasil melakukan cek saldo JHT melalui aplikasi BPJSTK Mobile, apakah Anda menjadi tertarik untuk segera melakukan klaim dana? Untuk mengajukan klaim dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, Anda memerlukan dokumen-dokumen berupa:

  • Asli dan fotokopi Kartu BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.
  • Asli dan fotokopi KTP atau Paspor sebagai identitas peserta.
  • Kartu Keluarga asli beserta fotokopinya.
  • Surat Keterangan yang menyatakan bahwa Anda masih aktif bekerja dari perusahaan. Atau Surat Keterangan yang menyatakan bahwa Anda sudah pensiun dari perusahaan.
  • Buku rekening tabungan milik Anda pribadi.

Setelah melengkapi seluruh dokumen tersebut, selanjutnya Anda dapat mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat dari tempat tinggal Anda. Jika sudah sampai di Kantor BPJS Ketenagakerjaan, isikan formulir pengajuan klaim JHT yang disediakan oleh petugas BPJS. Kemudian berikan seluruh dokumen yang diperlukan yang telah Anda siapkan sebelumnya.

Aplikasi BPJSTK Mobile Lebih Praktis Digunakan

bpjstk 3 - Begini Cara Cek Saldo JHT Melalui BPJSTK Mobile

Dengan pilihan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTK Mobile, maka Anda sebagai peserta dari BPJS tidak perlu lagi susah payah mengunjungi cabang kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Anda juga tidak perlu lagi mengantri dan menunggu giliran yang cukup membosankan. 

Pastikan Anda memang sudah terdaftar dan memiliki kartu BPJS baik BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan. Dengan menjadi peserta BPJS, maka Anda akan memiliki jaminan untuk keperluan pengobatan dan jaminan untuk hari tua nanti. Bayar tagihan BPJS kadang merepotkan? Aplikasi Qelola bisa Anda andalkan untuk menyelesaikan urusan bayar tagihan ini-itu dengan cepat, mudah, dan murah. Selain bayar tagihan, Anda juga akan dimudahkan dalam melakukan transfer uang baik domestik maupun internasional. Tinggalkan cara lama, dan beralihkan ke sistem pembayaran digital. Qelola bisa Anda unduh disini!

Tags: , , , , , , ,