Tips Cerdas Mendapatkan Antrian BPJS Ketenagakerjaan

antrian bpjs

Sebagaimana yang telah umum diketahui, bahwa sejak bulan Juli 2018 kemarin, BPJS Ketenagakerjaan telah memberlakukan sistem nomor antrian BPJS online. Sistem antrian online tersebut dapat dimanfaatkan oleh setiap peserta yang akan mengurus pencairan saldo JHT secara manual di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Adapun maksud dan tujuan program nomor antrian online tersebut adalah untuk mempermudah proses pencairan. Anda tertarik untuk mencobanya? Sebelum melakukan pencairan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Anda, simak beberapa informasi penting di bawah ini terlebih dahulu.

Cara Daftar Nomor Antrian Online

antrian bpjs 1 700x350 - Tips Cerdas Mendapatkan Antrian BPJS Ketenagakerjaan

Cara mendaftar nomor antrian BPJS secara online sangat mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan perangkat yang terhubung dengan internet, baik smartphone, komputer, maupun laptop. Kemudian Anda harus masuk ke website registrasi nomor antrian klaim dana JHT Jamsostek. Selanjutnya Anda harus memasukkan data-data diri secara lengkap dan benar. Kemudian pilihlah hari serta jam yang Anda inginkan.

Jika pada tanggal dan jam yang Anda pilih memang masih ada kuotanya, maka Anda pasti akan mendapatkan nomor antrian. Namun sebaliknya, jika kuota pada tanggal dan jam yang Anda pilih sudah penuh, tentu saja nomor antrian online-nya sudah tidak tersedia. Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Anda bisa mencoba untuk memilih tanggal dan jam yang lainnya.

Problematika Nomor Antrian Online

antrian bpjs 2 - Tips Cerdas Mendapatkan Antrian BPJS Ketenagakerjaan

Akibat banyaknya peserta yang ingin mendapat nomor antrian online, sementara jatah yang tersedia dibatasi, maka wajar saja jika untuk mendapatkannya seperti untung-untungan. Ada yang sekali melakukan pendaftaran langsung berhasil memperoleh nomor antrian. Namun ada juga yang sudah mendaftar berkali-kali tetapi gagal terus.

Jika dibandingkan, sebenarnya lebih banyak yang berhasil mendapatkan nomor antrian secara online daripada yang gagal. Selama ini kelihatan banyak yang gagal karena mereka yang gagal mengeluarkan protes dan keluhan. Sementara yang berhasil lebih banyak yang diam. Jadi, seolah-olah banyak yang gagal dan timbul anggapan bahwa mekanisme antrian online justru mempersulit bukan mempermudah.

Penyebab utama tidak kebagian nomor antrian online adalah karena kuotanya yang memang dibatasi di setiap kantor cabangnya. Mengingat bahwa jumlah karyawan di setiap kantor BPJS Ketenagakerjaan juga terbatas, sehingga tidak seimbang dan sebanding antara jumlah teller yang melayani dengan jumlah peserta yang berharap dilayani dalam proses pengajuan klaim dan pencairan dana JHT setiap hari.

Coba Anda bayangkan, bagaimana jika semua peserta berhasil mendapatkan nomor antrian BPJS online setiap saat. Apa yang akan terjadi? Bisa jadi kantor BPJS Ketenagakerjaan akan menerapkan layanan 24 jam non stop dan para karyawannya sampai kewalahan. Jadi sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka sebaiknya tidak perlu terlalu kecewa jika tidak mendapatkan nomor antrian online.

Melakukan Pencairan Dana JHT

Untitled design 13 1 - Tips Cerdas Mendapatkan Antrian BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda sudah mencoba beberapa kali untuk mendapatkan nomor antrian online tapi tidak berhasil. Sementara Anda memang sedang membutuhkan untuk mencairkan dana JHT sesegera mungkin. Maka sepertinya solusi ini bisa menjadi pilihan untuk Anda coba dan merasakan perbedaan kecepatan dalam pelayanannya, yaitu:

  1. Mengurus proses pencairan dana JHT secara langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Mencairkan dana JHT melalui bank terdekat.
  3. Mencairkan dana JHT secara online melalui layanan e-Klaim.

Ketiga cara alternatif tersebut bisa Anda coba jika Anda merasa ingin merasakan sensasi baru dalam proses pengajuan dan pencairan dana JHT yang Anda miliki. Meskipun dana JHT bisa dicairkan secara online melalui layanan e-Klaim, tapi Anda tetap harus mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Bedanya, Anda tidak akan lama mengantri karena sudah melakukan pendaftaran online sebelumnya.

Baca juga: Simak Bagaimana Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Layanan Antrian Online Memudahkan Peserta

Melalui program layanan antrian online tersebut, setiap peserta yang ingin mencairkan dana JHT secara langsung di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, bisa mendapatkan nomor antrian BPJS secara online dari rumah tanpa perlu mendatangi kantor BPJS pagi-pagi buta. Cara dan prosesnya yang mudah tentu saja sangat menarik banyak orang untuk mulai meninggalkan cara manual untuk mendapatkan nomor antrian BPJS.

Anda tidak perlu repot jika ada cara yang lebih praktis. Sama halnya dengan kebutuhan pembayaran Anda yang kini bisa dilakukan sangat mudah melalui layanan dari aplikasi Qelola. Berada jauh dari rumah, yang menjadi kekhawatiran tersendiri salah satunya adalah bagaimana jika harus bayar ini-itu? Qelola adalah solusi tepat untuk Anda. Unduh dan install aplikasinya di smartphone Anda dan coba fitur-fiturnya. Anda tidak perlu khawatir karena dengan aplikasi ini, keamanan Anda dalam bertransaksi akan terjaga. Selain itu, Qelola tidak akan membuat Anda mengalami kerugian karena harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk melakukan transaksi ke luar negeri. Biaya kirim uang dari Malaysia ke Indonesia sangat mudah dan cepat, dan tentu saja biayanya murah. Jadi, tunggu apa lagi? Kerja nyaman, urusan transfer uang aman.

Tags: , , , , , , , ,