Jadi TKI di Malaysia, Berapa Gaji Kerja yang Diterima?

gaji kerja di Malaysia

Gaji di Malaysia menjadi salah satu faktor mengapa negara ini menjadi tujuan favorit bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Gaji kerja yang terbilang cukup besar di Malaysia menjadi daya tarik tersendiri bagi pekerja Indonesia untuk memilih bekerja di negara ini. Masuk dalam kategori negara dengan gaji terbesar di Asia Tenggara dan jarak yang tidak terlalu jauh dari Indonesia menjadi nilai tambah negara ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang menjadi TKI di Malaysia dan besaran gaji kerja yang diterima, simak rangkuman berikut ini.

Menjadi TKI di Malaysia secara Sah

asian colleagues focused work 1098 17776 - Jadi TKI di Malaysia, Berapa Gaji Kerja yang Diterima?

Sebelum mengetahui besaran gaji kerja yang diterima, pekerja Indonesia yang ingin bekerja di Malaysia harus memenuhi syarat untuk menjadi TKI yang sah terlebih dahulu. Berikut merupakan syarat yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk menjadi TKI yang sah di Malaysia.

  1. Memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku.
  2. Berumur 18-38 tahun. TKI PLRT berumur 21-45 tahun.
  3. Datang secara sah ke Malaysia melalui Pemerintah atau Perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) yang terdaftar di DEPNAKER RI.
  4. Menandatangani kontrak kerja dengan majikan.
  5. Lulus pemeriksaan kesehatan (FOMEMA) dengan biaya RM180 (laki-laki) dan RM190 (wanita) yang ditanggung oleh majikan.
  6. Memiliki work pass (permit kerja) yang diuruskan oleh majikan dan dikenakan bayaran per tahun (levy).
  7. Memiliki/diuruskan kartu/Kad Pengenalan Pekerja Asing yang dikeluarkan oleh Pemerintah Malaysia.
  8. Bekerja pada majikan yang nama dan alamatnya tercantum dalam Permit Kerja.
  9. Diikutkan dalam program asuransi di Malaysia berdasarkan Workmen Compensation Act 1952.

Tak hanya syarat di atas, setibanya di Malaysia TKI memiliki kewajiban untuk melaporkan keberadaan TKI di Malaysia kepada Perwakilan Republik Indonesia (RI) di Malaysia. Hal tersebut dimaksudkan agar Perwakilan RI dapat memberikan bantuan dan perlindungan kepada WNI jika sekiranya terjadi masalah. Apabila seorang WNI tidak melaporkan keberadaan dirinya kepada Perwakilan RI selama 5 tahun berturut-turut, maka orang tersebut dapat kehilangan kewarganegaraannya.

Gaji Kerja di Malaysia secara Umum

cash money ringgit malaysia 22768 23 - Jadi TKI di Malaysia, Berapa Gaji Kerja yang Diterima?

Faktor utama yang menjadikan pekerja Indonesia tertarik bekerja di Malaysia karena adanya keluarga atau teman yang bekerja di negara tersebut. Disusul dengan rekomendasi dari teman yang pernah bekerja di sana. Umumnya, rekomendasi tersebut berkaitan tentang pekerjaan yang menghasilkan gaji besar. Lalu, berapa besar gaji yang diterima di Malaysia?

Total gaji bersih para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia mencapai RM1.500 atau sekitar Rp5 juta per bulan. Sistem pemberian gaji di Malaysia dihitung per hari dan per jam. Oleh karena itu, para TKI yang bekerja di Malaysia, khususnya sebagai pekerja pabrik bisa mendapat uang lembur hingga RM9 atau sekitar Rp30 ribu per jamnya. Sistem upah seperti itu yang membuat gaji kerja TKI di Malaysia terbilang cukup besar.

Gaji Kerja di Malaysia untuk Fresh Graduate

graduation graduates holding hats graduation ceremony congratulated graduates university 38391 473 - Jadi TKI di Malaysia, Berapa Gaji Kerja yang Diterima?

Bagi fresh graduate yang bekerja di Malaysia, Anda tidak perlu bingung saat ditanya oleh perusahaan yang akan merekrut terkait besaran gaji yang diminta. Di Malaysia, rata-rata besaran gaji yang diterima para fresh graduate telah ditentukan. Para lulusan baru di Malaysia yang bekerja pada periode 2018 dan seterusnya akan memiliki gaji rata-rata RM2.635 atau sekitar Rp9 juta per bulan. Gaji kerja di Malaysia untuk fresh graduate ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan upah minimum yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Bahkan, gaji tersebut terbilang lebih tinggi dari upah minimum DKI Jakarta yang hanya mencapai Rp4,2 juta.

Kapan Gaji Kerja Dibayarkan?

Pemberi kerja wajib membayar upah pekerja selambat-lambatnya pada hari ketujuh setelah hari terakhir tempo penggajian. Misalnya, gaji bulan Januari 2020 selambat-lambatnya dibayarkan pada tanggal 7 bulan Februari 2020. Pemberi kerja tidak dibenarkan memotong gaji pekerja, kecuali:

  1. Mengganti kelebihan pembayaran akibat kesalahan penghitungan oleh pemberi kerja;
  2. Membayar ganti rugi yang perlu dibayar oleh pekerja;
  3. Potongan untuk membayar pinjaman pendahuluan;
  4. Potongan lain yang dibenarkan oleh Undang-Undang.

Pekerja sebaiknya tidak menandatangani kuitansi sebelum menerima gaji secara sah. Buatlah catatan tertulis tanggal penerimaan gaji setiap bulan, sebagai bukti untuk menghindari perselisihan jika ada kesalahan. Pembayaran gaji disarankan dikirimkan melalui akun/rekening bank atau layanan keuangan sejenis atas nama pekerja.

Pembayaran dan Pengiriman Uang Melalui Qelola

Gaji kerja yang diterima oleh TKI di Malaysia umumnya akan dikirimkan ke Indonesia untuk memenuhi keperluan keluarga di sini. Sebelum mengirimkan uang, pastikan jasa keuangan yang Anda gunakan aman, praktis, cepat, dan efisien. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Qelola merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan kiriman uang dari Malaysia ke Indonesia, dan sebaliknya. 

Qelola menawarkan layanan yang beragam, seperti e-wallet, transfer uang, dan layanan multi-billing untuk pembayaran segala kebutuhan Anda. Melalui Qelola, Anda bisa mengirimkan dan melakukan pembayaran dengan aman dan terjangkau. Qelola juga memiliki pos pengeluaran sehingga kiriman uang dapat difungsikan maksimal sesuai kebutuhan keluarga. Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga di sini.

 

 

Tags: , , , , ,