Mengapa Berobat ke Penang Menjadi Alternatif yang Banyak Dipilih?

Bandara Penang25 - Mengapa Berobat ke Penang Menjadi Alternatif yang Banyak Dipilih?

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang ingin mengalami suatu penyakit bukan? Setiap orang selalu ingin berada dalam kondisi sehat dan bugar agar dapat beraktivitas dengan baik. Namun demikian, ketika terjangkit penyakit penanganan medis yang profesional selalu menjadi kebutuhan utama. Untuk orang Indonesia sendiri, berobat ke Penang sudah banyak jadi alternatif karena memiliki banyak keuntungan.

Tidak hanya untuk warga negara Indonesia yang ada di dalam negeri saja, namun berobat ke Penang banyak dijadikan pilihan juga oleh TKI yang berada di Malaysia. Jika Anda belum pernah berobat ke Penang, mungkin Anda memiliki tanda tanya besar mengapa berobat ke daerah ini dijadikan alternatif. Nah, Anda berada di artikel yang tepat. Di sini Anda bisa mendapatkan informasi kelebihan apa saja yang akan didapatkan jika Anda berobat ke Penang.

Wisata Medis, Berobat ke Penang Jadi Makin Murah

Bandara Penang22 - Mengapa Berobat ke Penang Menjadi Alternatif yang Banyak Dipilih?

Jika membicarakan mengenai berobat ke luar negeri, selain kualitas layanan medis dan fasilitas juga tentu tidak akan lepas dari bahasan biaya. Nah, Malaysia sendiri telah memiliki konsep wisata medis untuk daerah Penang. Ini menyebabkan biaya berobat yang harus dikeluarkan menjadi lebih kecil karena ada campur tangan pemerintah secara langsung untuk penyediaan fasilitas medis.

Wisata medis yang ada di Malaysia didukung oleh pemerintah dengan cara menurunkan batas pajak untuk pengadaan alat medis. Mungkin ini terlihat seperti hal sederhana, namun dengan penurunan batas pajak ketika pengadaan alat medis, biaya layanan medis yang dibebankan pada pasien menjadi semakin rendah.

Contoh sederhana adalah untuk pengadaan mesin MRI, misalnya memiliki harga satu juta ringgit Malaysia. Pajak akan dibebankan pada alat atau perlengkapan yang memiliki harga di atas nilai tersebut. Otomatis, biaya total pengadaan mesin MRI akan menurun. Begitulah konsep sederhana yang dapat membawa dampak cukup besar.

Dengan menurunnya biaya pengobatan yang dibebankan pada pasien namun dengan kualitas yang tetap terjaga, maka jumlah pasien yang berobat akan meningkat. Otomatis meningkatnya jumlah pasien akan meningkatkan juga pemasukan yang diterima secara keseluruhan. Hal ini dirasa menguntungkan kedua belah pihak, baik pasien maupun rumah sakit yang menyediakan layanan kesehatan di penang.

Biaya Dokter dan Rumah Sakit Diatur Pemerintah

Bandara Penang23 - Mengapa Berobat ke Penang Menjadi Alternatif yang Banyak Dipilih?

Pernahkan Anda menemui harga yang berbeda untuk dokter atau rumah sakit yang Anda datangi? Di Indonesia, praktek seperti ini sepertinya sudah sangat wajar mengingat tolak ukurnya adalah kualitas dokter, reputasi dokter, fasilitas rumah sakit yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Tidak heran biaya yang harus dihabiskan di satu dan lain dokter atau rumah sakit menjadi berbeda.

Nah, di Penang sendiri secara khusus, dan Malaysia secara umum, tarif dan harga yang dapat dibebankan pada pasien diatur dengan ketat oleh pemerintah. Hal ini ditujukan agar biaya rumah sakit dan perawatan pasien tidak membebani pasien, dan menjamin layanan kesehatan yang diterima oleh pasien sama di setiap daerah,

Misalnya untuk perawatan suatu penyakit menghabiskan biaya sebesar 50 ringgit Malaysia, maka untuk setiap rumah sakit dan dokter yang menangani penyakit tersebut harus memiliki tarif yang sama meski berada di tempat atau fasilitas berbeda. Hal ini juga menjadi faktor besar yang menyebabkan biaya pengobatan di daerah Penang menjadi lebih terjangkau.

TKI di Malaysia dan Jaminan Kesehatan

Bandara Penang24 - Mengapa Berobat ke Penang Menjadi Alternatif yang Banyak Dipilih?

Pasien atau orang yang berobat ke Penang tidak seluruhnya merupakan orang Indonesia saja, atau orang Malaysia saja, namun juga TKI dan banyak pasien lain di sekitar area Penang. Pemerintah Malaysia dalam hal ini ingin menjadikan wisata medis ini sebagai salah satu faktor penarik untuk orang di luar negeri untuk datang ke Penang.

Untuk TKI sendiri, opsi berobat ke Penang juga dapat menjadi salah satu pilihan. Selain biayanya terjangkau dan dapat disamakan, kedekatan lokasi tempat kerja dan Penang juga menjadi alasan utama. Jaminan layanan kesehatan ini dapat membuat TKI yang bekerja di Malaysia merasa lebih nyaman dan dapat bekerja dengan lebih baik lagi.

 

Fasilitas kesehatan tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu faktor besar yang menjadi pertimbangan, baik wisatawan atau tenaga kerja asing, untuk mendatangi suatu negara. Langkah pemerintah Malaysia untuk membuat konsep wisata medis ini layak diapresiasi. Selain dapat memberikan jaminan dan kenyamanan untuk orang yang datang ke sana, hal ini juga dapat menjadi salah satu daya tarik yang mendatangkan lebih banyak orang ke Malaysia.

Berobat ke Penang tentu bisa menjadi pilihan yang baik. Untuk Anda yang bekerja di Malaysia, tentu Anda juga ingin keluarga di rumah mendapatkan fasilitas kesehatan di tanah air bukan? Karena di Indonesia telah memiliki fasilitas BPJS, Anda tinggal membayarkan tagihan BPJS secara rutin saja. Jangan cemas, kini telah hadir layanan Qelola yang dapat Anda gunakan untuk membayar tagihan BPJS secara langsung untuk keluarga di tanah air. Dengan proses yang sederhana dan biaya administrasi yang rendah, keperluan pembayaran BPJS dan tagihan rutin lain keluarga di Indonesia dapat diselesaikan dengan ringkas. Unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan setiap fiturnya!

 

Tags: , , , , , , , ,