Sudahkah Anda Tau Gaji TKI di Malaysia Terbaru?

rata-rata gaji TKI di Malaysia

Gaji TKI di Malaysia tentu merupakan motivasi utama mereka dalam bekerja. Bagaimana tidak? Mereka rela bekerja di tempat yang jauh dari keluarga. Bertahan di negeri orang demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga di tanah air. Beban yang ditanggung seorang TKI ketika bekerja di negeri orang tidak hanya beban secara fisik, namun juga harus menahan beratnya rindu kepada keluarga tercinta. Itulah kenapa jumlah gaji menjadi faktor besar dalam menentukan negara mana yang akan dituju.

Malaysia menjadi salah satu negara favorit para calon TKI dari Indonesia. Selain karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan Indonesia, Malaysia juga merupakan negara yang bahasa sehari-harinya mudah dipahami oleh orang Indonesia. Namun bagaimana dengan gaji yang ditawarkan pemerintah Malaysia untuk TKI dari Indonesia? Mari simak penjelasannya berikut ini.

1.  Dinamika Gaji TKI di Malaysia

ringgit ke rupiah 2 - Sudahkah Anda Tau Gaji TKI di Malaysia Terbaru?

Sumber : www.nsc.com.my

Gaji TKI di Malaysia memang terbilang kecil jika dibandingkan dengan negara tetangga yang lain seperti Singapura, Taiwan, dan Hong Kong. Itulah kenapa Malaysia kurang menarik minat para calon TKI yang berasal dari Indonesia. Pada tahun 2015 saja, gaji rata-rata TKI di Malaysia hanya RM700 atau setara dengan 2,5 juta rupiah pada waktu itu. Sedangkan UMR rata-rata di Indonesia saja hampir mendekati jumlah tersebut. Sehingga pemerintah Indonesia berupaya untuk meminta pemerintah Malaysia menaikkan gaji para TKI. Saat itu Malaysia akhirnya menaikkan gaji dari RM700 menjadi RM1.000 atau sekitar 3,1 juta rupiah (kurs Rp3.100) pada akhir tahun 2015.

Kemudian terus meningkat hingga saat ini. Terdapat salah satu trik dari TKI yang sudah lama bekerja di Malaysia jika ingin memiliki kenaikan gaji yang konsisten setiap tahunnya. Menurut pengalaman mereka, semakin lama bertahan dalam 1 pekerjaan, kemungkinan gaji bertambah atau naik setiap tahun semakin besar. Jadi jika tidak ada masalah yang serius terhadap majikan atau perusahaan tempat Anda bekerja saat ini, bertahanlah kepada para pemberi kerja tersebut. Hal itu lebih baik daripada berpindah-pindah tempat.

2.  Gaji TKI di Malaysia Terbaru

Pada tahun 2019 ini gaji TKI di Malaysia sudah mencapai angka yang terbilang cukup tinggi. Setiap bulannya para TKI mendapat gaji antara RM1.000 hingga RM1.500 atau sekitar 3,5 juta hingga 5,3 juta rupiah. Jumlah ini sangat bergantung pada pekerjaan apa yang digeluti dan kemampuan apa yang mereka miliki.

Sebagai contoh, pekerjaan seperti cleaning service mendapat gaji antara RM1.000 hingga RM1.300. Lalu lebih besar lagi jika bekerja di rumah makan atau restoran, yaitu antara RM1.400–RM1.800 tergantung kemampuan apa yang dimiliki. Misalnya jika Anda bisa masak maka kesempatan untuk mendapat gaji besar lebih terbuka lebar. Kemudian Pekerja Laksana Rumah Tangga (PLRT) mendapat gaji sekitar RM1.100–RM1.200. Ini saja menurut TKI yang baru 3-4 bulan bekerja di sana. Bagi TKI yang sudah menjadi PLRT setidaknya 5 tahun pada 1 majikan yang sama bahkan bisa mendapat RM1.800 per bulannya. Jumlah bisa saja semakin tinggi jika harga rupiah meningkat terhadap ringgit Malaysia. Apakah Anda tertarik menjadi TKI di Malaysia?

3.  Rencana Pemerintah Malaysia-Indonesia

 

indonesia vs malaysia 160906205206 399 da083843938af458c72aec8cc100d505 - Sudahkah Anda Tau Gaji TKI di Malaysia Terbaru?

Sumber : www.idntimes.com

Selain kenaikan gaji setiap tahun, pemerintah Indonesia juga selalu mengusahakan agar hak-hak TKI Malaysia bertambah. Salah satunya yang terbaru, pemerintah Malaysia sepakat akan membangun sekolah di Tawau, Sabah, Malaysia bagi anak-anak TKI yang ikut merantau. Sehingga meskipun anak-anak ini ikut orangtua mereka ke ladang sawit, mereka tetap dapat belajar. Tidak ketinggalan pula pemerintah Indonesia telah mendesak agar pemerintah Malaysia segera menyelesaikan MoU penempatan TKI di Malaysia yang sudah habis masa berlakunya sejak 2016. Jadi, TKI di Malaysia tidak perlu merasa khawatir gaji tidak naik.

Meskipun gaji TKI di Malaysia terbilang tidak begitu besar dibanding negara lainnya di ASEAN, namun masyarakat Indonesia masih memasukkan Malaysia ke dalam daftar tujuan bekerja. Dengan bantuan pemerintah Indonesia, kesejahteraan para TKI terus diusahakan agar terus meningkat setidaknya 1 tahun sekali. Bahkan hingga mengusahakan agar hak-hak para TKI ditambah seperti halnya fasilitas pendidikan atau program asuransi bagi mereka selama bekerja. Perlu digaris bawahi juga bagi Anda yang akan menjadi TKI atau sudah menjadi TKI di Malaysia, berapapun jumlah gaji yang Anda terima tidak akan memenuhi semua kebutuhan hidup Anda dan keluarga jika tidak dikelola dengan baik.

Manajemen gaji para TKI juga harus diatur dengan baik. Tidak hanya TKI di Malaysia namun juga TKI di semua negara. Qelola hadir sebagai aplikasi keuangan yang akan membantu mengirim, membelanjakan, dan mengatur secara mandiri gaji Anda. Dengan Qelola, Anda dapat membelikan pulsa listrik dan pulsa handphone bagi keluarga di Indonesia langsung dari Malaysia. Mudah bukan? Rasakan fitur bermanfaat lain dari Qelola dengan langsung download aplikasinya. Jangan lupa juga nikmati promo biaya transfer yang sedang berlangsung sekarang. Jangan sampai ketinggalan!

Tags: , , ,